Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas

Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas

Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas

kelebihan dan kekurangan investasi emas
Banyak cara dilakukan orang untuk berinvestasi. Membeli properti, lahan, menabung, deposito, saham, obligasi hingga bisnis forex. Terakhir yang tak kalah menarik adalah tentang emas batangan atau perhiasan.

Menjadi investor merupakan pilihan hidup seseorang, mengatur keuangannya di masa yang akan datang. Lalu bagaimana terhadap yang disebutkan terakhir tadi? Sebelum memutuskan memilih, ada baiknya Anda membaca tuntas tulisan ‘’Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas’’ supaya lebih paham.

Apa Beda Investasi Emas Batangan Dan Perhiasan Emas?

Baca juga: 5 Cara Memilih Investasi Yang Benar Untuk Pemula

Jika Anda bertanya demikian, tentu saja jawabannya sama-sama menarik dan simpel diikuti. Mudah dibeli, semua toko dari desa dan kota tersedia penjualnya. Tanpa perlu repot, berapapun dana yang kita miliki, bisa membeli. Ini juga yang menjadi salah satu kelebihannya, lebih jelas mari simak penjelasan berikutnya, dalam ‘’Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas.’’

Manfaat Dari Investasi Emas Dan Perhiasan

Bila diperhatikan secara garis besar, masyarakat memang cenderung menginvestasikan uangnya pada dua benda berharga tersebut. Tentu mereka memiliki beragam alasan yang mendorong melakukannya. Dari sekian itu di bawah merupakan realita bukti penyebabnya.

  1. Sama-sama mudah dijual kembali, kapan saja bila dibutuhkan
  2. Dapat digunakan sebagai jaminan, ketika meminjam uang di pegadaian
  3. Bila berujud batangan, tinggal mencari kotak rapi dan aman untuk disimpan, jika berupa perhiasan bisa dipakai untuk mempercantik diri, meningkatkan penampilan
  4. Nilai penjualannya bisa tinggi, bila kurs mata uang asing sedang naik.

Kekurangan Dari Investasi Emas Dan Perhiasan

Namun tidak serta-merta investasi cara tersebut tanpa risiko. Seperti yang dijelaskan pada point empat mengenai kebaikannya, emas batangan dan perhiasan nyatanya menyimpan dampak buruk bagi investornya. Anda dapat menyimak dari paparan ini!

1. Bisa Menggoyahkan Niat Berinvestasi

Sebab memberi kemudahan yakni mudah dibeli dan dijual, membuat investasi tersebut cenderung tidak awet dan tak bertahan lama. Investor mudah melepas begitu saja oleh suatu keadaan yang mendesak. Menyepelekan, hingga antara serius dan main-main hanya beda tipis.

Padahal seorang investor jika sudah niat terjun menginvestasi hartanya dan ingin sukses, harus bersungguh-sungguh dan tida boleh goyah oleh apapun. Kecuali ia menjual untuk digantikan investasi bernilai besar, semacam tanah atau properti tidak masalah.

2. Rawan Mengalami Kerugian

Berhubungan erat terhadap kurs valuta yang masuk ke negeri ini. Sama pada saat menjual mendapatkan keuntungan berlipat, kerugian juga bisa diderita jika kurs valuta asing tengah turun. Sedihnya ketika Anda benar-benar membutuhkan biaya, untuk sebuah keperluan dalam waktu dekat, Anda seperti merasa dipermainkan. Benar bukan?

3. Pemicu Kejahatan

Orang yang memakai perhiasan, sudah bisa dipastikan adalah orang dengan keadaan hidup berkecukupan. Setidaknya itu stigma yang terbentuk dalam pemikiran masyarakat, dan bukan tidak mungkin juga mampu memicu masalah baru semisal kejahatan. Terutama pada emas batangan, pasti Anda direpotkan, hendak meletakkan di mana di dalam rumah Anda.

Kesimpulan : 

Baca juga: Cryptocurrency, Investasi Pintar Zaman Now

Dan pada akhirnya, semua kembali kepada pendapat dan pemikiran masing-masing dari Anda, antara kelebihan dan kekurangan pada benda berharga ini saat dibuat investasi. Yang perlu dipertimbangkan hanyalah sikap bijak. Jika ingin aman, seharusnya pikirkan bagaimana caranya bersikap di pergaulan dan kala mengerjakan investasi tersebut.

Demikian artikel investasi ditulis dengan judul ‘’Kelebihan Dan Kekurangan Berinvestasi Emas’’, dan semoga membantu memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi sekarang ini.
Buka Komentar