Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
Zat Protein merupakan suatu zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fungsi tubuh dan mempunyai banyak manfaat. Berbagai manfaat zat gizi ini di antaranya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan, terutama lemak pada perut dan mampu meningkatkan massa otot dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa Standar angka kecukupan protein untuk tubuh yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia yang berusia 17 – 60 tahun yaitu antara 56 – 59 gr/hari untuk perempuan. Sedangkan untuk pria 62 – 66 gr/hari. Zat protein ini dapat kita peroleh dari berbagai makanan sumber protein tinggi. Nah, apa sajakah itu ? Di bawah ini adalah beberapa makanan yang mengandung protein tinggi.

Daging sapi

Baca juga: Keunggulan Bisnis Lembu Yang Perlu Diketahui

Perlu Anda pahami bahwa daging sapi tanpa lemak mempunyai protein yang tinggi, terlebih rasanya pun sangatlah lezat. Dalam daging sapi seberat 85 ons yang kita masak dengan lemak 10%  yakni mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

Ikan tuna

Ikan jenis ini mempunyai lemak dan kalori yang sangat rendah sehingga sebagian besar kandungan di dalamnya adalah protein. Layaknya ikan yang lainnya, ikan tuna mengandung nutrisi yang kaya lemak omega – 3 lho. Di dalam 1 ons tuna ada kandungan 30 gram protein dan 157 kalori.

Telur

Kita tahu bahwa telur merupakan salah satu makanan sehat dan tentunya paling bergizi sebab ada kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang berguna untuk melindungi mata dan nutrisi otak kita. Dengan kita mengkonsumsi putih telur lebih baik sebab mengandung protein murni tanpa lemak jahat. Satu butir telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori yang di butuhkan tubuh.

Kacang almond

Kacang almond  adalah salah satu jenis kacang yang paling populer sebab mengandung nutrisi penting termasuk vitamin E, serat, mangan dan magnesium. Kandungan kadar protein yang terdapat pada kacang almond yaitu sebanyak 6 gram per 1 ons.

Dada ayam

Perlu Anda tahu bahwa dada ayam sangat mudah untuk dimasak di rumah, dengan catatan yaitu Anda dapat memasaknya dengan benar. Kandungan kadar protein yang ada dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 284 kalori lho. Sangat pas untuk Anda yang ingin menambah berat badan.

Gandum

Ini  juga termasuk makanan paling sehat sebab banyak mengandung serat magnesium, sehat, mangan, vitamin B1 dan beberapa nutrisi yang lainnya. Kandungan kadar protein yang ada dalam gandum mentah yaitu 13 gram dan 303 kalori.

Keju cottage

Ini adalah jenis keju yang cenderung sangat rendah lemak dan kalori lho. Jenis keju ini mengandung fosfor, selenium, kalsium, vitamin B12, vitamin B2 dan berbagai nutrisi yang lainnya. Dalam secangkir keju cottage dengan 2% lemak yakni mengandung 27 gram protein dan 194 kalori.

Susu

Kita semua tahu bahwa susu merupakan minuman yang sangat bergizi, tapi masalahnya sebagian orang dewasa tidak begitu suka dengan minuman jenis ini. Nutrisi tunggal yang terkandung dalam susu sangat dibutuhkan oleh manusia sebab sarat kalsium, fosfor dan vitamin B2. Dalam secangkir susu dengan lemak 1% yakni mengandung 8 gram protein dan 103 kalori yang bagus untuk tubuh kita.

Baca juga: 9 Jenis Jus Buah Dan Sayur Yang Bisa Merampingkan Perut Buncit

Dari beberapa jenis makanan di atas yang mengandung protein tinggi tentu Anda akan dapat melihat mana saja yang akan Anda konsumsi hari ini. Saran saya konsumsi secukupnya saja, sebab jika terlalu banyak maka tidak bagus juga untuk kesehatan tubuh Anda.
Buka Komentar