Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang
Kentang selain lezat dan nikmat dijadikan olahan kuliner, ternyata diam-diam menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Mengandung zat penting dan mineral yang berguna bagi kehidupan manusia itu sendiri. Dan dari sederet kebaikannya, berikut sejumlah hal baik yang bisa Anda peroleh!

Dikumpulkan dari laman situs hallosehat.com, ingin tahu apa sajakah itu?

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan dalam tubuh berperan melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit diabetes, jantung dan kanker, sehingga kemunculannya dapat merusak sel. Kentang kaya akan zat-zat baik ini. Seperti : Flavonoid, karetonoid, serta asam fenolik.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Pada kentang juga terdapat pati bernama pati resisten, di mana tak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Jika masuk ke usus besar, menjadi sumber nutrisi yang bagus pada tubuh. Dapat membuat kerja insulin yakni hormon dalam darah menjadi lebih stabil.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Selain yang dikemukakan di atas, kentang juga memiliki fungsi lain yaitu membantu memperbaiki sistem pencernaan. Masih berbicara tentang pati resisten, yang ketika masuk ke dalam usus, akan dimakan oleh bakteri. Lalu denganya diubah lagi menjadi asam lemak rantai pendek, dan ini sangat berguna bagi kesehatan, seperti mengurangi peradangan usus besar serta mengurangi risiko kanker.

4. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah normal, tentu sangat didambakan orang. Sebab itu menandakan bila kondisi tubuh dalam keadaan baik serta sehat. Melansir dari Live Science, bahwa kentang mengandung kecukupan kalium dan magnesium, yang berperan mengendalikan tekanan darah untuk selalu pada batasan normal.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada kentang ternyata banyak terdapat karotenoid, yang berguna membantu menjaga kinerja jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga mengurangi proses terjadinya radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Fungsinya mengubah homosistein, molekul berbahya menjadi metionin, struktur komponen baru dalam protein. Bila terlalu banyak homosistein bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Mencegah Penuaan Dini

Ini adalah manfaat kentang di bidang kecantikan wanita, salah satunya mencegah penuaan dini. Caranya rutin dibuat masker setiap hari. Akan mengurangi kerutan dan garis-garis halus di kulit wajah.

7. Meredakan Jerawat

Jerawat yang menempel di kulit, bisa disembuhkan dengan kentang. Karena adanya vitamin C, sebagai antioksidan yang membantu proses penyembuhan sebab infeksi jerawat.

8. Menyamarkan Bintik-bintik Hitam Di Wajah

Bintik hitam atau pigmentasi pada kulit wajah, sebagai akibat sering terpapar sinar matahari secara langsung, dapat disamarkan dengan kentang. Caranya masih tetap sama, yakni digunakan masker sehari-hari secara teratur.

9. Mendinginkan Sekaligus Memutihkan Wajah

Sederet manfaat bagi kecantikan, masih ditambah dengan manfaat lain dari kentang yaitu mendinginkan wajah sekaligus memutihkannya. Selain itu dapat mengembalikan lingkaran mata yang hitam akibat lelah dan stress.

Tak disangka, ternyata kentang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dimakan tawar setelah dikukus atau dipanggang juga enak. Apalagi diolah dengan ragam kuliner yang menggoda selera. Bisa dipastikan semua tak akan ada yang mampu menolaknya.

Baca juga: Ide Bisnis Menggiurkan, 8 Camilan Kekinian Dari Kentang Yang Lagi Viral!

Nah, ketika Anda sudah tahu banyak kelebihannya, mulai sekarang sediakan selalu di rumah. Bahkan kentang rebus bisa meminimalisir perut mual saat melakukan perjalanan jauh, hingga perut terasa nyaman. Caranya dikonsumsi setiap kali merasa lapar lalu akhiri dengan teh hangat.
Buka Komentar