Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Rempah kunyit begitu akrab dengan kuliner Indonesia dan India. Sebab kebanyakan kuliner dari dua negara tersebut, memang sebagian besar menggunakan tanaman ini. Namun tahukah Anda, bahwa selain dibuat sebagai bumbu masak, juga bisa berfungsi bagi kesehatan dan kecantikan wanita?

Seperti dikutip dalam laman situs liputan6.com, tumbuhan tersebut banyak mengandung antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, serta antijamur. Ingin tahu manfaat apa aja itu? Berikut uraiannya!

1. Melawan Peradangan

Caranya : Campur kunyit dengan susu almond dan madu. Ramuan ituternyata mujarab bagi anak bisa tidur lebih baik lagi.

2. Masker Wajah

Baca juga: Tips Memutihkan Kulit Secara Alami

Mengilangkan kerutan di muka dan kemerahan hingga noda. Caranya : Campur dengan yogurt dan ekstrak mawar. Usapkan ke wajah dan tunggu selama 20 menit baru dibasuh air dingin. Tapi ingat jangan dibiarkan terlalu lama mengenai kulit.

3. Menyembuhkan Luka Bakar

Caranya : Campurkan dengan gel lidah buaya berserta bubuk kunyit. Kemudian balurkan ke luka bakar. Diamkan sejenak baru dibilas air. Ulangi berkali-kali hingga sembuh.

4. Mengatasi Masalah Ketombe

Ketombe rasanya sangat gatal di kulit kepala dan mengganggu penampilan seseorang. Menghilangkannya dengan kunyit dan minyak kelapa. Campur jadi satu, lalu oleskan ke area yang berketombe. Biarkan selama 1-3 jam baru dibilas air hangat.

5. Menghilangkan Bulu

Kesal memiliki bulu tak bagus di kulit? Tenang! Ada kunyit yang bisa membantu menghilangkannya. Caranya : Campur kunyit dan tepung dan air. Gosokkan ke bulu secara melingkar sampai rambut/bulu rontok.

6. Mengobati Jerawat

Caranya dilakukan sebelum tidur malam. Olesi wajah yang terserang jerawat dan biarkan semalaman, baru dibasuh memakai air hangat, setelah itu air dingin.

7. Menghilangkan Perut Mual

Mabuk memang tak nyaman bagi siapa saja. Dan untuk dapat menghilangkan bisa dengan minum campuran kunyit, jahe, perasan lemon. Atau bila suka boleh ditambah bubuk lada/cabe. Namun untuk tambahan terakhir ini, harus disesuaikan pada kondisi lambung ya. Jangan sampai justru menimbulkan masalah baru.

8. Mengatasi Penyakit Arthritis

Gejalanya sendi meradang. Mengatasinya dapat melalui parutan kunyit yang dioleskan bagian yag sakit.

9. Meningkatkan Daya Ingat

Khusus bagian ini, kunyit harus dikonsumsi secara teratur. Bahkan ditengarai pula mampu melindungi otak dari penyakit alzaimer. Penelitian selanjutnya, bahkan dapat membantu mencegah peradangan sel-sel saraf.

10. Mencegah Kolitis Ulseratif

Adalah penyakit pada usus besar. Penanganannya harus operasi atau obat yang sangat manjur. Namun dengan kunyit yang dikonsumsi setiap hari. Konon menurut penelitian dapat mencegah kambuhnya penyakit tersebut balik lagi menyerang.

11. Untuk Kekebalan Tubuh

Sama seperti pada poin ke-10, kunyit seharusnya diminum secara langsung.

12. Mengatasi Mulas Sakit Maag

Anda mulas sebab sakit maag? Tenang! Minumlah air kunyit, karena mengandung zat yang bisa mengatasi asam dan kelebihan produk empedu.

13. Melindungi Jantung

Dibuktikan melalui penelitian American Journal of Cardiology, yang ternyata dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Bagaimana pendapat Anda? Memperhatikan semua kebaikan kunyit dalam kehidupan sehari-hari, sangatlah penting bagi Anda, memanfaatkan lahan kosong sekitar rumah untuk ditanami tanaman ini. Sehingga ketika dibutuhkan setiap saat, selalu siap tersedia.

Baca juga: Di Balik Nikmatnya Sayur Bayam, Tersembunyi Bahaya Menakutkan! Apakah Itu?

Kegunaan lain dari kunyit adalah daunnya, yang sering pula dipakai campuran memasak kuliner Padang, seperti rendang, kalio atau sup ikan. Sebagai penghilang aroma amis pada ikan, ayam ataupun daging.
Buka Komentar