Tips Mudah Cara Untuk Belajar Matematika

Tips Mudah Cara Untuk Belajar Matematika

Tips Mudah Cara Untuk Belajar Matematika

Tips Mudah Cara Untuk Belajar Matematika
Bagi sebagian siswa, pelajaran matematika mungkin terdengar seperti hantu, begitu nama ini disebutkan di telinga. Belum lagi bayangan hitam seorang guru berwajah killer yang menakutkan. Waktu belajar belum dimulai, ketakutan dulu yang ada di benak.
Sebenarnya ahli di bidang ini banyak keuntungannya loh! Antara lain, otak terbiasa berpikir realistis tidak dangkal alias picik. Dalam kehidupan sehari-hari, orang yang mahir berhitung dihormati orang dan mudah mendapatkan lapangan pekerjaan. Juga ada lagi embel-embel julukan ‘si manusia pintar’ disematkan ke diri mereka.

Baca juga: Belajar Microsoft Excel Mulai dari Rumus Sederhana

Nah, supaya nyaman mempelajarinya, berikut tips mudah cara belajar matematika. Silakan dipratikkan setiap saat. Bila perlu, selalu diingat tips-tipsnya ya!

1. Diniati Belajar

Niat belajar dalam hati, akan mengantarkan pada kemudahan dalam menyerap soal yang diberikan oleh guru di sekolah. Jangan berorientasi mendapatkan nilai bagus atau lulus ujian. Jika niatnya sudah belajar menambah pengetahuan, maka secara otomatis ada semangat di hati untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Sebab ilmu ini pintu gerbangnya ilmu pelajaran lainnya. Semakin mudah dipelajari, yang lain juga akan mengikutinya.

2. Berusahalah Menyukai

Cara tersebut dapat ditempuh, bila Anda mengingat-ingat segala manfaat yang akan diterima jika sudah pintar dan menguasai. Karenanya, Anda perlu menyingkirkan perasaan negatif, sebelum bertemu pelajaran ini di sekolah. Buatlah serileks mungkin pikiran, misalnya mendengarkan musik sebentar, sebelum masuk kelas.

Kepada guru yang terlihat menakutkan, berusalah bersahabat. Tidak perlu merasa takut. Daripada memelihara prasangka negatif, akan lebih baik bertanya jelas, bila belum paham. Guru yang bijaksana pasti akan memberikan tips-tipsnya dengan senang hati, agar anak didiknya bisa menjadi pintar semua, bukannya bersikap kasar bila siswa merasa tak mampu mencerna pelajaran yang telah diberikan.

3. Terbiasalah Memakai Simbol Dan Ide Bercerita 

Matematika adalah ilmu abstrak, jadi agar gampang dipahami harus diidentifikasi melalui simbol dan cerita-cerita menarik kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, biasakanlah menggunakan imajinasi untuk melambangkannya pada hal yang dapat dilihat, diraba dan dirasakan.

Bila sudah terbiasa memakai metode ini, logika berpikir menjadi lebih terasah. Jika suatu saat menemukan kesulitan, tidak merasa sedih lagi. Karena itu, perlu kiranya melakukan pemahaman yang benar, terhadap soal yang disampaikan.

4. Banyak Latihan Dan Belajar

Tips di atas, tentu tak akan berhasil bila tak ada tindakan nyata, berupa bukti banyak latihan dan belajar. Sebab pada dasarnya, matematika terletak pada masalah pengulangan saja. Mengerti langkah-langkahnya seperti berikut!

- Memahami materi dan rumusnya lalu kelompokkan
- Mulai mengerjakan soal yang ada pembahasannya
- Berusaha menyelesaikan soal tanpa lihat pembahasan
- Mencoba membuat soal baru dan dikerjakan sendiri, lewat sistem yang sama
- Pindah ke pokok bahasan lainnya
- Milikilah banyak buku sebagai bahan referensi belajar

5. Berteman Dengan Teman Yang Pintar 

Baca juga: Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Beserta Soal Dan Jawabannya

Berteman dengan teman semacam ini, akan membantu menyemangati pola pikir dan reaksi Anda dalam mempelajari ilmu matematika. Darinya bisa bertukar pengalaman, sehingga akan jauh terasa lebih menyenangkan, saat masuk di ruang belajar nanti. Diri tidak terkurung pada satu tekanan berpikir keras sendiri, sebab ada teman buat berbagi keluhan dan pertanyaan.

Semua kesuksesan harus diperjuangkan. Tetaplah semangat dan pantang menyerah diiringi doa. Mengingat begitu besar kebaikan yang dapat diperoleh dari ilmu ini, sudah sepantasnya Anda sukai dan dicintai. Sebagai referensi silahkan Anda juga dapat berkunjung ke Media Tutorial.
Buka Komentar