14 Poin Mengenali Proyek Crypto Asli atau Tidak

14 Poin Mengenali Proyek Crypto Asli atau Tidak

14 Poin Mengenali Proyek Crypto Asli atau Tidak

14 poin mengenali proyek crypto asli
Saat ini bisnis crypto sudah banyak dilirik para pebisnis, terkhusus yang biasa bermain trading dan investasi. Semakin banyak pula orang memahami bagaimana kerja crypto yang di dukung oleh teknologi yang bersifat desentralisasi, membuat pebisnis semakin tertarik.

Ada banyak koin crypto yang bermunculan, yang menawarkan keuntangan yang fantastis bagi para pemula (sebagai pioneer). Bila diingat inilah yang terjadi pada koin pertama, yaitu bitcoin. Kemunculannya tidak dilirik oleh orang, sehingga perlu melakukan promosi dengan sistem pre-order atau pre-ICO, bahkan untuk awalnya ada 10.000 bitcoin yang dibagikan secara gratis bagi siapa yang ingin memilikinya dengan hanya membuat akun.

Baca juga: Bisnis Crypto/Koin Terdasyat 2018

Fenomena pre-order ini terjadi dibanyak koin, tapi sayangnya tidak semua koin berlanjut kepada projek yang panjang. Sebagian besar, sekitar 75% bahkan gagal mencapai ICO, yang goalnya koin terdaftar di Coin Market Cap.

Sehingga, bagi pemula khususnya harus berhati-hati dalam melirik koin mana yang the best untuk dijadikan tidak hanya sebagai investasi, tapi juga tabungan aset jangka panjang. Jangan, gara-gara iming-iming keuntungan besar diawal, membuat terlena untuk tidak memahami betul-betul progres koin kedepannya.

Berikut ini sebagai gambaran terkait proyek crypto yang memiliki prosfek ke depan yang bagus dan jangka panjang, dapat dilihat ada 14 poin;

1. Jelas Founder (Pendirinya)

Ini sangat penting dalam membangun kepercayaan. Bagi stakeholders dengan mengenal jelas founder dari crypto tersebut akan lebih mengkokohkan kepercayaan dalam sebuah projek bersama. Dengan sebuah paradigma bahwa 'manalah mungkin founder yang jelas-jelas ada, ingin melakukan sebuah kecurangan'.

2. Mengenali Tim Manajemen proyek

Dalam sebuah manajemen bisnis apapun itu, tentu dikelolah oleh berbagai pihak. Sehingga, akan nampak jelas struktur susunan tugas yang ada pada tim tersebut. Ini menggambarkan bahwa proyek crypto yang akan dikembangkan dalam berjalan dengan baik, dan berada pada tim manajemen yang tepat pula.

3. Produk nyata dan Road Map jelas

Ada produk yang jelas yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam bentuk produk apapun itu, bisa sudah dipercaya oleh masyarakat dunia maka jelaslah keberadaannya. Di crypto, tentu harus jelas dan sebagai stakeholders harus mengerti pula terkait produk yang dihasilkan tersebut.

Perusahaan yang memiliki ide yang besar tentu akan membuat rancangan perjalanan (road map), sehingga stakeholder memahami bahwa produk yang dihasilkan memiliki maksud dan tujuan yang jelas, serta terus dikembangkan sehingga semakin jaya.

4. Transparansi, "tidak ada yang disembunyikan.

Pada poin ini cukup penting, mengingat banyak tahapan-tahapan yang akan dilakukan oleh tim sebagai perencanaan sampai keberhasilan produk yang dihasilkan. Sehingga perlu ada sebuah transparansi dan kejujuran sejauh mana proyek crypto dengan berjalan. Dengan begitu, para pemangku tidak memberikan asumsi-asumsi negatif kepada pegembang (developer). Malahan dengan adanya transparansi tersebut, para pemangku akan semakin setia dan selalu berharap secara bersama-sama sampai proyek crypto selesai.

5. Whitepaper

Pelaksanaan master plan tentu penting, supaya ada kejelasan apa dan bagaimana prodeuk perusahaan dijalankan. Dan juga apa yang perlu dilakukan oleh pemegang crypto, sehingga menciptakan ekosistem kejayaan bersama.

6. Hasil fluktuatif dan sumber jelas

Dalam bisnis, semuanya pasti memiliki target untuk untung, baik untung kecil atau untung besar, tapi tidak ada bakalan ada yang mau rugi. Biasanya, orang awal punya kesempatan untung yang banyak, tapi semakin kearah orang yang terakhir akan semakin kecil, bahkan bisa zonk....!

Oleh karenanya, menganalisis keuntungan dan bagaimana sumber dari keuntungan tersebut amatlah penting. Sehingga, bentul-betul memahami mekanisme kerja, dan jika ada suatu resiko akan katahuan dari awal.

Salah satu indikator yang baik terkait bagi hasil sebuah keuntungan adalah bahwa hasil/keuntungan yang di peroleh tidak flat, tetapi fluktuatif (untung bisa kecil dan bisa juga besar). Kemudian, jelas sumber darimana keuntungan tersebut dihasilkan, bukan hanya sekedar uang masuk rekening.

7. Tidak ada strategi rahasia, strategi yang kompleks dan penghargaan

8. Tidak ada struktur biaya yang tidak perlu, banyak paket dan program untuk masuk sebelum mendapatkan produk yang sebenarnya

9. Mudah untuk melikuidasi & memiliki strategi permintaan yang jelas untuk crypto yang dibuat

10. Github yang disajikan - Hapus analisis fundamental & kerangka penilaian

11. Tidak ada Manipulasi dari pihak yang tidak dipercaya & aktor jahat

12. Menerima apa yang Anda BELI & nilai apa yang Anda JUAL

13. Pendidikan pertama dari menyajikan produk atau proyek

14. R & D yang cermat & menyeluruh dari teknologi dari tim yang terlibat - Manajemen, pengembang, promotor.

Semoga ke 14 poin tersebut bisa menjadi sebuah pertimbangan bagi para pebisnis di dunia crypto, apalagi banyak crypto-cryto baru bermunculan dengan berbagai janji keuntungan yang besar.

Dapat dipahami, investasi terdasyat memang berada pada dunia crypto, namun perlu juga kehati-hatian dalam mencermati setiap koin yang ada. Oleh karena itu, penting adanya sebuah edukasi, sebelum berniat terjun dengan membeli koin.

Ada sebuah referensi koin yang ke 14 poin di atas terpenuhi dengan baik, yaitu DDKOIN. Anda bisa cek di berbagai sumber terkait dengan koin ini. Setidaknya memahami crypto ini sungguh penting, niat atai tidak berminatnya Anda terhadap dunia crypto itu nomor belakang.

Baca juga: 9 Poin Keunggulan DDKoin Pada Platfom DKK
Baca juga: Cara Membuat Akun Simex, Sebagai Salah Satu Global Exchanger DDKOIN
Buka Komentar