7 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Gagal Di Tengah Jalan

7 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Gagal Di Tengah Jalan

7 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Gagal Di Tengah Jalan

7 alasan mengapa bisnis kecil gagal di tengah jalan
Memulai bisnis dan bisa terus eksis mengerjakannya, memang bukan sesuatu yang mudah. Banyak faktor yang harus dipenuhi supaya berhasil. Dan sayangnya, hal tersebut kurang dimengerti benar oleh para pebisnis pemula.

Nah, buat yang berencana ingin menekuni usaha, pastinya masih takut ya? Mengawalinya tentu dari hal kecil dan sederhana terlebih dahulu. Agar tak menemui kegagalan di tengah jalan nantinya, ada baiknya Anda membaca penyebab kegagalan, mengapa bisnis bisa gulung tikar.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

1.       Attitude

merupakan faktor utama yang berasal dari pelaku bisnis sendiri. Bagaimana dirinya menghandle, menerima tantangan juga hambatan yang terjadi di lapangan. Terlalu perfesksionis dalam berkerja, tidak bagus. Begitupun yang penakut terhadap kerugian, akan sama tak baiknya.

Banyak yang harus dipelajari. Terutama yang bersumber dari sikap dan sifatnya sehari-hari. Anda setuju?

2.       Manajemen Buruk

Buruknya sistem ini akan memperlambat pertumbuhan sebuah bisnis. Bila visi dan misi sudah tidak matang, ditunjang dengan keburukan managemen, maka berakibat pula pada kegagalan. Ketidakstabilan dalam cash flow, bisa menyebabkan kerugian lebih besar lagi.

3.       Operasional Goyah

Tidak seimbang antara pengeluaran, produksi, dan profit yang diperoleh, dan jika hal tersebut berlangsung lama, dapat berimbas pada kegagalan. Selain itu, skill yang hanya seadanya dari pekerja, juga ikut sebagai penyumbang. Karenanya, selektiflah memilih orang yang diperkerjakan.

4.       Akuntansi Semrawut

Kesalahan tersebut terjadi akibat kelalaian dari pemilik bisnis sendiri. Tak mau memantau bahkan terkesan cuek. Asal sudah terlihat laris dan laku juga berkembang, diam saja.

Tak mau ambil pusing, bagaimana pengelolaan keuangan perusahaannya. Pebisinis yang baik itu tak perhitungan dana, memperkerjakan tenaga akuntan berkerja di perusahaannya, membantu mencatat keperluan tersebut.

5.       Uang Kas Minim

Baca juga: 5 Tips Terpercaya Memilih Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru

Keadaan ini juga merupakan salah satu pemicu kegagalan bisnis. Yang menjadi faktor pemicunya biasanya umum bermula dari tanggungan gaji karyawan yang harus dibayarkan pengusaha. Di samping itu, biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap saat, juga sangat berpengaruh sekali.

Oleh sebab itu, bila hal ini tak ingin menimpa Anda dan perusahaan, pandai-pandailah mengatur keuangan. Jangan gunakan uang perusahaan untuk kesenangan dan keperluan pribadi. Pisahkan dua kebutuhan mendasar tersebut, dalam kehidupan Anda.

6.       Malas Mengontrol Perkembangan Bisnis

Jangan abai mengenai perkembangan bisnis yang Anda tekuni sekarang. Itu bila tak mau mendapat bumerang kelak. Kebangkrutan, bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Karenanya, sediakan waktu yang cukup guna mengontrol pertumbuhan perusahaan yang sedang dijalani, serta teruslah aktif di sana. Ubah strategi pasar, sekiranya Anda mendapati  sasaran visi dan misi melenceng dari tujuan semula. Tetap teruslah fokus terhadap segmen pasar yang dituju.

7.       Pengeluaran Besar

Besar pasang daripada tiang, pepatah mengatakan. Jika hal tersebut berlaku pada bisnis Anda, maka bersiaplah mengalami kebangkrutan. Bila tak mau mengalami, selalu kontrollah cash flow yang ada di perusahaan. Jangan sampai lengah dan terlena, saat memperoleh keuntungan lebih.

Bisnis apapun, entah besar ataupun kecil bisa sukses! Jika terhindar dari hal-hal di atas. Dilakukan dengan hati senang dan nyaman, sebuah bisnis akan berkembang baik dengan sendirinya. Tidak pantang menyerah, selalu pula berusaha keras menggeluti.

Baca juga: Cara Tepat Meningkatkan Ide Bisnis Kecil

Satu lagi, pastikan pikiran terbuka menghadapi segala sesuatu yang terjadi. Tak boleh berkecil hati, tetap optimis.

Selamat memulai bisnis, dan semoga berhasil ya!

Referensi
https ://m.suara.com/bisnis/2018/02/19/164823/ini-7-faktor-yang-jadi-penyebab-mengapa-bisnis-kecil-bisa-gagal
Buka Komentar