Buat Pebisnis Pemula, Ini Dia Trik Mengajukan Pinjaman Modal Supaya Disetujui

Buat Pebisnis Pemula, Ini Dia Trik Mengajukan Pinjaman Modal Supaya Disetujui

Buat Pebisnis Pemula, Ini Dia Trik Mengajukan Pinjaman Modal Supaya Disetujui

bagi pemula, ikuti 5 langkah ini untuk pinjaman modal supaya disetujui
Semua pebisnis entah sudah besar atau masih dalam taraf perkembangan, modal pasti dibutuhkan. Mengenai jumlahnya, tentu tergantung dari jenis usaha yang telah atau akan digeluti. Dan ironisnya, tak semua bersumber dari dana pribadi, yang artinya sebagian dari pihak ketiga.

Pada umumnya pihak luar yang bersangkutan dengan pengusaha adalah bank. Di mana kita ketahui bersama, bahwa lembaga tersebut memiliki peraturan yang harus mau ditaati oleh para nasabahnya. Tidak peduli, apakah bisnis baru dan masih mempunyai profit kecil ataukan sudah menggurita.

Baca juga: Tips Menyusun Strategi Bisnis Agar Sukses Dalam Bisnis

Nah, supaya Anda tidak salah langkah hingga berakibat menyulitkan diri sendiri dan pengajuan pinjamanpun disetujui, ada baiknya memahami trik-triknya berikut.

1.       Menentukan Jumlah Modal Yang Diperlukan

Penentuannya dengan memperhatikan kekuatan keuangan yang Anda miliki, yang didapat dari prediksi keuntungan yang akan diperoleh nantinya. Inipun Anda tak bisa meramalkan secara tepat, apakah sesuai kenyataan ataukah tidak.

Jadi langkah praktisnya selektif serta cerdas, memilah kebutuhan usaha. Mengurangi hingga meniadakan sesuatu yang tak begitu dianggap penting. Memfokuskan pada sisi krusialnya, misalnya badget yang dibutuhkan sehari-hari atau setiap saat, guna menyetok bahan baku produksi.

2.       Mengetahui Syarat Pinjaman

Hal itu penting, agar kelak tak memberatkan ketika harus membayar cicilan, misalnya agunan yang harus diserahkan. Sebab pihak bank tak akan pernah menyetujui permohonan Anda, jika tak memenuhi persyaratannya. Ini meliputi : Slip gaji/data keuangan atau kekayaan yang dimiliki, fotokopi KTP, KK serta dokumen lain sebagai penguat.

3.       Cek Kredibilitas Bank

Merupakan tugas Anda selaku calon nasabah. Pastinya Anda ingin nyaman dan tenang bukan? Baik sebelum mengajukan pinjaman, maupun setelah dana cair dan melalukan pembayaran.

Anda dapat menilai dari reputasinya di mata masyarakat. Cabang-cabang yang digelar di semua daerah, serta yang tak boleh dilupakan yakni tentang pelayanannya.

4.       Mengukur Kemampuan Ketika Membayar Angsuran

Jika Anda perhatikan poin satu sampai tiga, sedikit banyak pasti telah bisa menarik kesimpulan. Semua berpulang pada diri sendiri. Meminjam, ya harus bertanggung jawab mengembalikan. Jadi bila tak ingin keteter di tengah jalan, sebaiknya jumlah angsuran tak membebani finansial Anda.

Caranya yaitu dengan menghitung jumlah pengeluaran terhadap keperluan usaha setiap bulannya, ditambah perkiraan, untuk kemudian dikurangi buat kepentingan dana darurat. Dari kalkukasi itu Anda jadi mengetahui jumlah angsuran pinjaman yang harus dibayarkan. Apakah sesuai kemampuan ataukah tidak, dan ingat pastikan selalu disiplin menyetornya.

Baca juga: Cara Mengatasi Cicilan Hutang Supaya Tak Mengganggu Jalannya Bisnis

5.       Memenuhi Kelayakan Kredit

Untuk dapat meloloskan permintaan calon nasabah yang mengajukan pinjaman, bank memiliki kriteria tersendiri terhadap mereka. Ini meliputi 5C yakni : Character (integritas), capacity (arus kas guna membayar hutang), capital (kekayaan pokok), collateral (aset) dan conditions (keseluruhan usaha). Lalu sebagai peminjam juga sebaiknya memahami dengan baik, mengenai pengecekan catatan kredit pribadi dapat dilakukan ke status BI cheking, atau melalui tempat Anda mengajukan pinjaman atau secara online dengan mengakses situs Bank Indonesia.

Memang berhubungan dengan pihak bank, terkait modal yang dibutuhkan terkesan sangat ribet. Namun mendirikan usaha tanpa suntikan modal kuat, juga berpengaruh terhadap perusahaan yang dirikan. Ini bukan dilema!

Baca juga: 5 Ide Bisnis Sederhana Yang Bisa Dipasarkan Lewat Online

Anda sedirilah yang berkewajiban berpikir, berlaku cerdas dalam mengelola bisnis supaya berhasil dan sukses. Di mana semuanya membutuhkan kerja keras serta tekad besar mewujudkannya.

Referensi :

https ://economy.okezone.com/amp/2018/11/09/320/1975448/ajukan-pinjaman-modal-usaha-wajib-perhatikan-5-hal-ini?page=2
Buka Komentar