Penyelesaian Masalah Verifikasi Akun Simex

Penyelesaian Masalah Verifikasi Akun Simex

Penyelesaian Masalah Verifikasi Akun Simex

penyelesaian masalah verifikasi akun simex
Bagi stakeholders DDKoin, dalam pencairannya ke Exchanger pertama sekali akan masuk ke list Simex. So, wajib tentunya bagi setiap pemangku kepentingan memiliki akun Simex, yang sudah terverifikasi sempurna. Ada 4 bagian yang menjadi pokok penting dari pem-verifikasi-an di akun Simex, yaitu:

- Sing Up
- Profil
- Alamat
- Bank

Berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa laporan kawan-kawan yang membuat akun di Simex, kesulitan terletak pada verifikasi 'alamat'. Pada sign up, cukup lihat dengan detail form yang diminta dan diisi sesuai dengan form tersebut. Begitu juga pada tahap verifikasi selanjutnya, namun ada beberapa kendala dari pengalaman saya terkhusus dalam hal ini, akan saya masukan ke dalam tulisan ini.

#1. Sign Up
Pada saat mendaftar akun Simex, pertama sekali yang dilakukan adalah mengisi forma pendaftaran dan itu cukup mudah. Catatan bagi saya, jika ada form yang tidak ada data yang kita miliki, maka isikan saja dengan "None". Misalnya, pada form terkait pajak.

#2. Profil
Dalam pengisian profil sertakan data yang sesuai, pada langkah ini biasa diperlukan dokumen pribadi, misalnya KTP/SIM/PASSPORT, yang menunjukkan kesesuain dengan data pribadi. Bagi saya, cukup mudah menggunakan KTP saja.

Tapi jangan terkejut, jika setelah verifikasi, kemudian cek kembali profilnya, pada "Full Name", nama lengkap menjadi terbalik. Misalnya; nama lengkap saya (Hadinata Siddiq), di dalam profil menjadi Siddiq Hadinata.

Awalnya saya pikir ini kesalahan saya, karena kurang teliti dalam mengisi form nama, namun setelah saya konfirmasi ke teman yang sudah memiliki akun Simex, maka hal serupa pun terjadi. Akibat kejadian itu, saya mencoba berulang kali mengirimkan pesan kepada manajemen Simex, bahwa nama lengkap saya di profil itu salah, dan jawaban berkali-kali juga mereka mengatakan bahwa nama lengkap di profil akun Simex sudah benar.

So, jika Anda menemukan masalah yang sama, tidak perlu risau atau juga mengirimkan pesan, sebab hal itu sudah sistem yang di buat oleh Simex. Jadi, abaikan saja hal tersebut.

#3. Alamat
Pada perkara verifikasi akun Simex, menurut pengalaman pribadi saya, verifikasi alamat merupakan yang paling sulit. Sulitnya bukan karena pengisiannya. Tapi dokumen yang diminta oleh Simex, yang tidak ada.

Dokumen yang diminta adalah sebuah struk tagihan yang maksimal 3 bulan yang lalu, yang tertuju atas nama dan alamat yang sesuai dengan data profil. Yang menjadi persoalan saya, bahwa tidak ada dokumen tersebut, sebuah struk yang menagih dengan nama saya.

Biasanya bisa dipakai struk penagihan rekening listrik atau air, namun tidak atas nama saya. Nama yang tertera adalah nama ibu saya.

Awalnya saya poto saja, kemudian di dalam poto tersebut saya beri keterangan bahwa struk ini atas nama ibu saya, sebab saya menumpang di rumah ibu. Kemudian, besoknya, dapat balasan dari Simex bahwa harus dengan nama yang sesuai di profil.

Tidak berpikir panjang, lalu dengan ilmu photoshop saya. Struk yang tadinya dengan nama ibu saya dan tanpa dicantumkan alamat, maka saya rubah nama ibu dengan nama saya dan saya tambah pula alamat di dalam struk yang di poto tadi. Dan akhirnya, "Done" juga verifikasi alamat.

Berikut ini saya berikan contoh editan saya;
Bagi yang punya penagihan listrik atau air dengan nama dan alamat pribadi, verifikasi alamat cukuplah mudah. Tapi, tidak pada stakeholders yang tidak mempunyai dokumen tersebut. Biasanya dari persoalan yang ada, dialami oleh stakeholder yang masih tinggal bersama orang tua/belum punya rumah pribadi/belum menikah.

#4. Bank
Pada tahap verifikasi ini, sebenarnya ketika alamat belum ter-verifikasi. Bank sudah ter-verifikasi, namun setelah alamat terverifikasi, tiba-tiba bank berubah menjadi 'unverified'. Saya menjadi bingung, dan mencoba mengotak-atik data di Bank Details tersebut dan juga tidak berhasil.

Dan setelah saya perhatikan, data semua sudah saya ini termasuk SWIFT/BICnya, tapi 'Additional' tidak saya isi. Sebab, saya berpikir itu form kondisional, mau diisi atau tidak, maka tidak terpengaruh untuk verifikasinya. Tapi, karena itu pilihan terakhir yang perlu saya coba, maka saya isi data sesuai yang diminta. Rekening bank yang saya pakai adalah BRI dan saya isi dengan angka ' 026011617' dan akhirnya berhasil ter-verifikasi.
Untuk kodenya, silahkan searching saja...


Dari 4 tahapan itu, semua sudah sempurna ter-verifikasi. Tinggal menunggu tahap untuk BUY/SELL atau FUND/WITHDRAW ke rekening Bank Lokal (BRI). 

Kita tunggu saja sampai, DDKoin masuk ke list SIMEX. Mudah-mudahan, dari penjelesan singkat ini terhadap penanganan permasalahan verifikasi akun di Simex, memberi manfaat. Dan jika masih perlu penjelasan lainnya yang terkait atau jika Anda ingin berbagi pengalaman, silahkan saja masukkan ke dalam kolom komentar.
Buka Komentar