Wisata Religi 5 Masjid Di Surabaya Yang Lagi Hits

Wisata Religi 5 Masjid Di Surabaya Yang Lagi Hits

Wisata Religi 5 Masjid Di Surabaya Yang Lagi Hits

Wisata Religi 5 Masjid Di Surabaya Yang Lagi Hits
Wisata religi, banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin lebih kenal dengan ajaran agamanya. Melihat bukti nyata sejarah apa saja yang tertoreh di muka bumi ini. Ada banyak yang bisa dikunjungi, seperti bangunan kuno, museum atau obyek lain.

Dan masjid, merupakan bagian dari peradaban perkembangan agama Islam. Seperti yang berada di Surabaya. Kita tahu keberadaan kota tersebut tak terlepas dari peran Sunan Ampel, salah satu sunan dalam deretan Wali Songo, yang menyebarkan ajaran Islam di sana.

Surabaya juga termasuk wilayah dengan penduduk paling banyak yang memeluk agama Islam. Dari sekian banyaknya masjid yang berdiri, ada 5 nama yang paling banter dibicarakan orang, serta lagi hits di kalangan para traveller. Dilansir dari laman situs idntimes.com, berikut nama-namanya!

1. Masjid Sunan Ampel
Masjid Sunan Ampel
Masjid ini gagasan dari Rahmatullah atau Sunan Ampel. Masuk ke dalam deretan masjid tertua di Indonesia. Dibangun pada tahun1421.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Di Lembang Yang Lagi Viral

Konsep bangunannya gabungan dari arsitlektur Jawa Kuno dan sentuhan budaya Arab. Tempat berdirinya masjid tersebut tak jauh dari makam pendirinya, yaitu Sunan Ampel. Yaitu sekitar beberapa meter saja.

2. Masjid Nasional Al-Akbar
Masjid Nasional Al-Akbar
Masjid tersebut juga dikenal masyarakat sebagai Masjid Agung Surabaya, dan menjadi masjid terbesar ke-2 di Indonesia. Yang unik dari masjid ini adalah mengenai kubahnya yang berbentuk setengah telur. Dirancang secara khusus menggunakan tehnologi canggih, sehingga tahan terhadap gangguan cuaca seperti panas, hujan angin serta karat.

Ada menara setinggi 99 meter. Tiket masuknnya hanya 5 ribu rupiah. Anda sudah puas bisa jalan-jalan dan melihat keindahan masjid agung itu.

3. Masjid Rahmat
Masjid Rahmat
Ditengarai masjid Rahmat juga salah satu masjid yang didirikan oleh Sunan Ampel dalam perjalannya ke kota Denta. Sebelum beliau wafat, masjid itu diamanahkan ke salah satu muridnya yang bernama Wirosroyo. Lokasinya di Kembang Kuning.

Pernah disebut pula Masjid Tiban oleh masyarakat setempat yang menemukannya pada waktu itu. Sebab keadaannya yang memang sangat memprihatinkan. Dipenuhi tetumbuhan, rumput dan tertutup pohon-pohon hutan.

Menurut sejarah, pernah ingin dimusnahkan Belanda yang menjajah negara kita waktu itu, pada tahun 1964. Namun pada akhirnya dibangun kembali oleh pemerintah dan dapat digunakan untuk kembali beribadah.

4. Masjid Cheng Hoo
Masjid Cheng Hoo
Menilik dari nama masjid, orang pasti sudah bisa menduga terinspirasi darimana asal berdirinya. Ya, memang benar! Masjid tersebut sangat kental bernuansa budaya Tionghoa.

Ada pintu berbentuk pagoda, rilief naga dan patung singa dari lafadz Allah dalam huruf Arab. Layakynya budaya China, warna masjid ini didominasi warna-warna merah, kuning dan emas, serta tak lupa hiasan-hiasannya.

5. Masjid Kemayoran
Masjid Kemayoran
Di antara yang sudah disebutkan di atas tadi, Masjid Kemayoran tampaknya yang paling fenomenal dalam sejarah masjid yang berada di kota Surabaya. Bagaimana tidak, masjid tersebut dibangun pada masa pendudukan Belanda di Indonesia.

Baca juga: Destinasi Wisata Alam Kota Garut Yang Lagi Hits Dan Instagramable

Menghabiskan waktu membangun selama hampir 4 tahun, yaitu mulai tahun 1944 sampai 1948, dengan arsitek bernama J.W.B Wardenaar. Masjid itu dulunya merupakan bekas kediaman seorang Mayor Angkatan Darat Belanda.

Sudah jelas ya, berwisata dengan menyambangi masjid-masjid tak harus bersenang-senang saja. Berkat melakukan perjalanan wisata religi, kita menjadi tahu sekaligus belajar sejarah.
Wawasan dan ilmu ikut pula bertambah. Sangat menarik bukan? Jadi, apakah Anda tak berminat bertandang ke lokasi-lokasi itu?
Buka Komentar