4 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Akan Memulai Sebuah Bisnis

4 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Akan Memulai Sebuah Bisnis

4 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Akan Memulai Sebuah Bisnis

4 hal yang tak boleh dilakukan saat akan memulai sebuah bisnis
Berbisnis, memang telah diakui banyak orang sebagai cara paling ampuh memperoleh kekayaan dalam waktu singkat. Meski semua juga harus diperhatikan pula jenis usaha yang digeluti. Namun tetap saja, bila berbicara tentang kesuksesan, selalu berhasil membuat iri di hati.

Ironisnya, mengerjakan sebuah bisnis tak segampang membalik telapak tangan. Setidaknya dibutuhkan kerja keras tanpa henti, sampai keinginan yang ditargetkan sesuai harapan.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Gagal Di Tengah Jalan

Dan berikut 4 hal yang harus Anda perhatikan secara seksama, ketika akan memulai sebuah bisnis. Seperti dilansir dari laman situs liputan6.com, inilah poin-poinnya!

1.       Tidak menjadikan teman dekat sebagai rekan bisnis

Idealnya, bila berteman tidak perlu dicampuri dengan urusan bisnis, sebab akibatnya sangat tidak baik. Jika Anda merasa masih pemula, sebaiknya hal tersebut dihindari guna mencegah monopoli sepihak dari teman yang berpengaruh. Akan jauh lebih baik dikerjakan sendiri, tanpa campur tangan dari orang luar, yang berpotensi memperkeruh kebijakan yang hendak Anda ambil di dalam mengerjakan bisnis nantinya.

2.       Tidak menjalin kerjasama bisnis dengan anggota keluarga

Ini adalah tambahan poin yang sebenarnya tak ada dalam lansiran media online yang dikutip oleh penulis, yakni mengenai kerjasama bisnis dengan anggota keluarga lain, juga sebaiknya tidak dikerjakan. Dampaknya jauh lebih ribet, bila dibandingkan dengan urusan bersama teman.

Bila menjalin bersama teman, berpotensi memutuskan hubungan pertemanan. Demikian pula jika terkait dengan keluarga, bisa memicu retaknya hubungan kekeluargaan. Jadi intinya sama-sama kurang bagus dijalani.

3.       Berpikir memperluas jaringan

Bila masih di awal-awal mengerjakan bisnis, sangat disarankan untuk tak berpikir bagaimana memperluas jaringan. Akan tetapi fokuslah pada kemajuan yang ada di depan mata.

Selain itu, perhatikan keadaan kekuatan modal yang dimiliki perusahaan. Apakah sanggup memenuhi ataukah tidak proyek besar ini. Jika sekiranya terbatas, berhentilah berpikir demikian! Apalagi jika dibarengi juga dengan merencakan pinjaman modal.

4.       Hindari meminjam modal

Baca juga: Trik Mengatur Keuangan Dalam Berbisnis Supaya Cepat Mendapat Keuntungan

Modal memang diperlukan pada saat hendak membangun usaha. Tapi pertanyaannya adalah pinjaman yang seperti apa, dan apakah bisnis yang dijalani sudah mampu menopang angsuran hutang yang harus dibayarkan, sesuai perjanjian dengan pemilik dana?

Itu pertanyaan mendasar yang harus dijawab bagi pebisnis pemula, jika bermaksud mencari tambahan modal. Siapkah Anda menyisihkan sebagian keuntungan setiap bulannya? Lalu bagaimana dengan biaya buat menjalani bisnis, misal untuk biaya-biaya produksi dan lain sebagainya.

5.       Membeli perlengkapan bisnis yang mahal

Perlengkapan bisnis juga penting disediakan, guna keperluan menunjang aktifitas usaha yang dijalankan. Dan untuk mendapatkan hal tersebut, tak harus dilakukan dengan membeli. Bila masih bisa menyewa, kenapa tidak dilakukan. Selain dapat menekan anggaran biaya pengeluaran, juga menyelamatkan Anda dari beban hutang pinjaman, jika syarat memenuhinya mengharuskan mengambil pinjaman.

Tak ada yang lebih baik daripada sekadar menghadapi bisnis yang sedang dirintis. Tidak perlu neko-neko, menghayal yang bukan-bukan. Bila untuk mendapatkannya, Anda harus disibukkan pinjaman hutang.

Baca juga: Tips Rahasia Menjadi Pebisnis Sukses Yang Jarang Diketahui Orang

Bisnis sukses, tak diraih hanya dalam waktu semalam. Butuh pengorbanan, kegigihan serta keuletan. Lebih baik sibuk membangun strategi dan tahtik yang benar dan tepat, demi kemajuan bisnis pada saat itu. Dan bukannya justru asyik membicarakan apa yang tak ada di tangan.

Hal-hal besar, dimulai dari dari hal remeh dan sederhana. Lalu kita membesarkannya melalui semangat dan tekad di hati. Berjuang keras mewujudkan apa yang menjadi keinginan dan harapan.

Selamat berbisnis!

Referensi
https://m.liputan6.com/amp/3782490/jangan-lakukan-4-hal-ini-saat-mulai-berbisnis
Buka Komentar