5 Mental Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

5 Mental Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

5 Mental Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

5 mental yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis
Menjadi seorang pengusaha, tentu cita-cita bagus. Apalagi jika melihat keberhasilan mereka, sedikit banyak pasti menimbulkan rasa iri di hati. Padahal sejatinya, menjadi demikian bukan perkara mudah. Salah satunya adalah mengenai mentalnya.

Nah, berbicara tentang hal tersebut, berikut ini beberapa mental yang harus dimiliki pebisnis, bila ingin sukses. Jika Anda mempunyai semua kriteria yang disebutkan di sini nanti, maka selamat! Selanjutnya Anda tinggal menempanya lebih keras lagi, dengan berkerja secara sungguh-sungguh.

1.       Mampu Berpikir Positif

Ini terkait terhadap attitude yang dimiliki masing-masing individu. Bagaimana ia menyikapi kegagalan, mental blocking, mengalahkan diri sendiri, keraguan serta ketakutan yang bersumber dalam dirinya. Itu yang perlu disadari.

Ketika memulai sebuah usaha, hal-hal tadi memang kerapkali terjadi. Dan ini wajar bagi pebisnis pemula. Pertimbangan juga perlu. Tapi terlalu banyak berpikir, berakibat pula menghambat tindakan Anda sendiri, sulit memulai langkah.

2.       Mampu Menguasai Pasar

Dalam hal ini, Anda tahu benar ke mana arah larinya selera pembeli, terhadap produk dan jasa yang ditawarkan ke publik. Saat barang murah ataupun mahal, Anda dapat mengerti secara tepat posisi bisnis Anda. Sehingga bisa menciptakan peluang baru dan mampu bersaing serta menguasai pasar.

3.       Bisa Memberi Solusi Terhadap Apa Yang Tak Dimiliki Pesaing     

Di saat para konsumen membutuhkan suatu produk layanan bisnis dan jasa, akan tetapi pesaing tak mampu memenuhi kebutuhannya, maka di sanalah Anda bermain. Menyediakan sebuah cara atau metode baru, menggenapi apa yang tak dimiliki pesaing.

Bila hal itu mampu Anda lakukan, bukan kemustahilan bila suatu saat konsumen, dari pesaing akan berpindah melirik produk dan jasa Anda. Dan ini kerja keras yang tak dibangun dalam waktu semalam. Untuk mendapatkannya, Anda harus rela meluangkan waktu menjadi pengamat sekaligus pembelajar yang baik. Supaya nantinya inovasi Anda dapat diterima pasar. 

4.       Dapat Menjadi Pimpinan Yang Baik       

Sebagai pebisnis, selamanya Anda tak akan pernah bisa berkerja sendiri mengelola perusahaan. Suatu saat cepat atau lambat, Anda pasti membutuhkan orang yang ditugaskan untuk membantu. Nah, ketika saat itu tiba, jangan lupakan satu hal. Yakni mengenai kualitas dan loyalitas pegawai yang mau berkerja dengan baik pada Anda. Sebalikya, Anda selaku pimpinan juga harus mampu bertanggung jawab serta mengayomi kepentingan bawahan, demi kemajuan perusahaan dan Anda sendiri.

5.       Mampu Menjalin Relasi Dengan Orang Lain

Lihai berdiplomasi bagi seorang pebisnis itu penting, sama halnya mengenai negoisasi. Sebab hal itu berguna saat ingin mengembangkan usaha, akan tetapi modal yang dimiliki terbatas. Maka di sinilah letak kecerdasan mental Anda sedang dilatih.

Baca juga: Tips Bangkit Dari Keterpurukan Setelah Mengalami Kegagalan Bisnis

Mampukah Anda menarik banyak investor asing, menanamkan modalnya untuk perusahaan yang Anda bangun, ataukah tidak. Namun pastikan juga, bila mendapat suntikan dana meneliti ulang persyaratan yang diajukan dan yang bisa Anda sanggupi. Apakah berupa pembagian hasil atau mengembalikan dalam sejumlah bunga, seperti mengajukan pinjaman pada bank.

Faktanya, tak mudah memang menjadi pelaku bisnis. Dibutuhkan banyak  hal serta mental, yang meski yang bila dilihat sepintas terasa enteng. Tapi bukan demikian adanya.

Baca juga: 4 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Akan Memulai Sebuah Bisnis

Modal nekad dalam mengerjakan bisnis itu penting. Namun nekad saja, tanpa melalui pengetahuan dan skill cukup, sama saja bunuh diri sia-sia. Jadi modal keberanian ditambah pengetahuan serta skill mumpuni diserta doa dan kerja keras, itu kunci utamanya dalam melakukan bisnis.
Buka Komentar