8 Ide Bisnis Kecil Kecilan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

8 Ide Bisnis Kecil Kecilan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

8 Ide Bisnis Kecil Kecilan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

ide bisnis kecil kecilan yang bisa dilakukan di rumah
Pada dasarnya semua orang ingin mempunyai sebuah usaha yang dapat diandalkan untuk mencari uang atau menambah pendapatan demi memenuhi kebutuhannya daripada harus bekerja seharian. Karena sekecil apapun usaha yang didirikan tetap kita yang menjadi bos dan mengatur segalanya, dibandingkan dengan bekerja, banyak hal yang mengikat kita pada aturan maupun waktu. Namun, ada kendala dalam memulai sebuah usaha yakni modal. Kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai cukup modal untuk memulai usaha. Padahal jika dijalankan terlebih dahulu dengan modal seadanya, maka usaha tersebut akan berdiri dan perlahan akan menjadi besar jika dikelola dengan baik. Sebagai seorang pengusaha kita juga harus cerdas dalam melihat peluang yang ada serta harus inovatif dalam menemukan sebuah produk. Di bawah ini ada beberapa referensi usaha yang mempunyai peluang bagus, namun tidak merepotkan karena bisa dimulai tanpa harus meninggalkan rumah.

Baca juga: Ide Bisnis Menggiurkan Untuk Ibu Rumah Tangga Di Rumah

1. Membuka Jasa Menjahit

Usaha ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai keterampilan menjahit dan mendesain pakaian. Karena tidak sedikit orang yang merasa kurang cocok atau kurang puas dengan model pakaian tertentu yang ada di toko. Tidak jarang mereka menggunakan jasa penjahit untuk mendesain pakaian yang mereka inginkan dan tentunya mereka dapat memilih sendiri bahan seperti apa yang mereka inginkan. Selain itu, membuka usaha menjahit di rumah juga dapat memudahkan tetangga maupun kerabat untuk menjahitkan pakaian mereka yang sobek maupun pakaian yang memiliki ukuran kebesaran atau kekecilan. Apalagi jika ditambah dengan keterampilan anda yang bagus dan hasil yang memuaskan pula. Ini akan menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi anda, karena untuk mendapatkan suatu kepercayaan pelanggan itu sangat sulit dan jika anda sudah mendapatkannya maka usaha anda akan berjalan dengan baik dan perlahan mulai dikenal oleh banyak orang.

2. Bisnis Membuka Les Private/Kursus

Bagi anda yang memiliki kemampuan yang baik di bidang pendidikan, maka anda sangat cocok untuk membuka usaha ini. Di era seperti sekarang, banyak orang tua yang merasa bahwa pendidikan di sekolah masih kurang dan harus ditambah dengan kursus atau les tambahan. Apalagi jika kemampuan anda di bidang akademik sudah terbukti, maka akan ada banyak orang yang mencari anda untuk menitipkan anaknya agar bisa belajar dengan anda. Tidak hanya dibidang akademik maupun pendidikan, tetapi juga dapat di bidang lainnya seperti musik, vokal, komputer dan masih banyak lagi. Tidak perlu ragu untuk memulai usaha ini karena usaha ini sangat mudah dijalankan. Selain anda mendapatkan keuntungan, anda juga bisa menyalurkan ilmu yang anda miliki pada orang lain dan tentunya itu merupakan perbuatan yang sangat bermanfaat.

3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Di era seperti sekarang ini, keberadaan penjual pulsa elektrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak perlu menunggu modal banyak, karena usaha ini dapat dimulai hanya dengan modal Rp. 100.000 sampai Rp. 300.000 saja. Usaha ini sangat memudahkan teman-teman dan masyarakat sekitar anda. Karena mereka tidak perlu pergi ke toko penjual pulsa terdekat, melainkan hanya tinggal menghubungi anda maka mereka dapat mengisi pulsa mereka. Sangat praktis dan mudah bukan.

4. Bisnis Kuliner

Baca juga: Ide Bisnis Selain Restoran Dalam Bidang Kuliner Yang Tak Kalah Menggiurkan

Jika anda merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan memasak serta menciptakan suatu makanan dengan cita rasa yang unik, maka anda sangat cocok untuk membuka usaha di bidang kuliner. Pada dasarnya jika suatu tempat makan mempunyai cita rasa yang lezat dan unik, maka anda akan dicari oleh orang banyak. Ada banyak restoran diluar sana yang berhasil membuka cabang dimana-mana dan hal itu mereka mulai dari bawah. Jadi anda tidak perlu takut untuk bersaing dengan mereka, karena dahulunya mereka juga tidak pernah takut untuk bersaing dengan restoran-restoran ternama. Kuncinya mereka tidak pernah takut gagal dan tetap mencoba. Jadi ini juga harus anda terapkan dalam memulai usaha ini.

5. Membuka Warung atau Toko Sembako

Jika di lingkungan tempat anda tinggal, anda harus pergi dan menempuh jarak yang cukup jauh untuk membeli kebutuhan pokok seperti sembako, maka anda harus membuka usaha warung sembako. Karena disamping anda juga tidak menjadi repot lagi dalam memenuhi kebutuhan pokok anda, anda juga akan mendapat keuntungan karena masyarakat sekitar anda pasti memilih warung anda untuk membeli kebutuhan pokoknya daripada mereka harus pergi dan menempuh jarak yang cukup jauh. Selain usaha ini mendatangkan keuntungan yang lumayan,  anda juga bisa menjalankannya dengan sangat santai.

6. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)

Bisnis membuka toko online shop ini sangat cocok bagi anda yang sangat suka bersosial media. Apalagi bagi anda yang menginginkan sebuah usaha yang tidak merepotkan, maka anda sangat cocok dengan usaha ini. Anda dapat memulainya dengan bergabung pada supplier yang menawarkan sistem dropship. Dan kemudian tugas anda hanya memposting barang yang yang akan dijual. Persaingan di bidang usaha ini juga cukup banyak, karena banyak online shop yang berani menawarkan harga murah dan gratis ongkos kirim. Tapi tidak jarang juga barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Maka dari itu anda harus pandai dalam menawarkan harga dan memilih supplier atau produsen agar tidak mengecewakan pelanggan. Karena jika anda sudah mendapatkan klaim buruk dari pelanggan, maka usaha anda tidak dapat berjalan dengan baik.

7. Jasa Laundry

Di era yang serba instan seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai malas menyelesaikan tugas rumahan seperti mencuci pakaian. Mereka lebih memilih mengantarkan pakaian mereka pada jasa laundry. Karena, selain lebih praktis mereka juga merasa lebih santai karena tidak perlu memikirkan seberapa banyak pakaian yang belum dicuci maupun di setrika. Jika anda mempunyai banyak waktu luang dan merasa cocok dengan usaha ini, maka anda dapat memulainya. Karena selain tidak sulit anda juga akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usaha ini.

8. Menjadi Penulis Lepas

Baca juga: Tips Sukses Buka Usaha Di Rumah Agar Untung Besar Dan Aman

Salah satu profesi yang sedang di gandrungi oleh anak muda jaman sekarang adalah menjadi freelancer atau lebih dikenal dengan penulis lepas. Jika anda mempunya bakat dalam membuat sebuah tulisan, maka anda dapat menjadi seorang freelancer. Karena selain karya anda dapat dinikmati oleh orang banyak, anda juga akan mendapat keuntungan yang cukup besar dari profesi ini terlebih lagi jika anda dapat membuat tulisan dalam bahasa Inggris. Karena tulisan dalam bahasa Inggris mempunyai tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan tulisan dalam bahasa Indonesia. Disamping itu, tulisan anda juga harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti agar pembaca dapat memahami maksud dan tujuan dari tulisan yang anda buat. Ada beberapa tempat yang dapat anda kunjungi, jika anda ingin menjadi penulis lepas, seperti: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi.

Referensi:
https://m.detik.com/finance/solusiukm/d-3298285/13-ide-bisnis-bermodal-kecil-yang-bisa-dikerjakan-di-rumah
Buka Komentar