Cara Memasarkan Kue Basah Agar Laris

Cara Memasarkan Kue Basah Agar Laris

Cara Memasarkan Kue Basah Agar Laris

cara memasarkan kue basah agar laris
Kue basah bagi kalangan pecinta kuliner merupakan camilan yang sampai sekarang masih memiliki banyak penggemar. Terbilang mengenyangkan, sebab bisa menggantikan posisi sarapan pagi, jelang makan siang, atau bahkan pula makan malam. Meski di perut bersifat sementara tingkat kekenyangannya, akan tetapi keberadaannya masih sangat dicari.

Namun sayang, meski demikan kue jenis tersebut tak bisa bertahan lama, bila dijual dan tak cepat laku. Walaupun sudah disiasati dengan beragam cara, supaya tak mudah basi, namun hasilnya tetap sama saja. Para pedagang harus berusaha kuat, membuat semua kue habis dalam waktu singkat, bila tak ingin merugi.

Baca juga: Cara Mudah Memaksimalkan Pemasaran Bisnis Online

Nah, supaya tak terjadi demikian dan tepat sasaran, berikut trik yang bisa diterapkan  dalam  bisnis.

1.       Mengetahui Target Pasar

Semua bisnis, berasal dari ide yang telah terlebih dahulu dipetakan segmen pasarnya. Tentang apa yang disukai dan dibutuhkan, siapa yang akan membeli, serta siapa saja para pesaing bisnis, juga hal-hal lain yang berhubungan dengan usaha, pastinya telah dipahami benar oleh pengusaha. Karena ini modal dasar seorang pebisnis dalam mengerjakan usaha.

Seperti yang terjadi pada kue-kue basah. Bagaimana mengelola, memasak, mengemas sampai memasarkannya, seharusnya semua sudah dipertimbangkan masak-masak. Termasuk pula mengenai keuntungan dan kerugian yang nanti diderita, pastinya ikut pula dicatat.

2.       Memahami Sistem Pemasaran

Ada banyak cara memasarkan kue basah. Di mana hal yang paling dekat dengan pengusaha seharusnya jangan sampai diabaikan. Misalnya memanfaatkan tetangga kiri kanan rumah yang memiliki hobi ngemil, teman atau relasi kantor, teman dari anak-anak ketika pergi ke sekolah atau kampus, warung atau gerai makanan di sekitar tempat tinggal. Itu semua potensi pemasaran bagus, bila dikelola.

Baca juga: Bingung Mau Usaha Apa? Coba Ide Bisnis Yang Lagi Tren Ini! Dijamin Disukai Orang!

Jangan berpikir mengirim kue ke tempat jauh, sementara Anda tidak mengenal dengan baik  kondisi pesaing dan selera calon konsumen, seperti menjual ke pasar yang penuh persaingan. Akan jauh lebih baik, sebagai permulaan buatlah sedikit. Kemudian jual atau tawarkan pada orang-orang terdekat  Anda, seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas, yakni tetangga atau teman-teman dekat.

3.       Paham Dengan Benar Tentang Kue Basah

Karena yang hendak dijual adalah jenis kue basah, maka pahami dengan benar kelebihan maupun kekurangannya. Kue basah berbeda dengan kue kering, yang bisa awet bila tak laku dalam waktu sehari. Kue basah seperti yang tadi disinggung mudah basi dan busuk. Sehingga meruntuhkan pasaran Anda bila masih nekad dijual.

Perhatikan dengan betul saat pembuatan, itu salah satu kunci kue bagus dan indah dipandang. Sebab beda dengan produk kuliner yang lainnya, meski sama-sama makanan. Jika masakan tak begitu mementingkan penampilan asal enak di lidah, sudah cukup.  Tapi kue basah harus memenuhi semua kriteria saat akan dijual, yakni tak hanya rasanya saja yang harus lezat, bentuk tampilan juga harus menarik.

4.       Berani Tampil Beda

Jika Anda bukan pemula, atau boleh dikatakan orang yang tidak pertama kali berjualan kue di lingkungan sekitar, maka beranilah tampil beda. Ciptakan kue seunik dan semenarik mungkin, supaya langsung mendapat sambutan pembeli. Keluarkan semua ide, manfaatkan kesempatan yang ada, jadilah berbeda sendiri dengan jenis yang sudah ada di pasaran.

Baca juga: Ide Bisnis Menggiurkan Saat Musim Hujan

Dan sekali lagi serta harap selalu diingat adalah perhatikan kualitas rasa, tampilan tetap dipertahankan
Buka Komentar