Skip to main content

Cara Mempromosikan Bisnis Dengan Modal Terbatas

tips promosi bisnis dengan modal dikit
Promosi merupakan bagian penting dari sebuah program bisnis yang ditekuni oleh pengusaha. Disadari atau tidak, hal tersebut pemegang kunci kesuksesan terjadi. Jadi semakin rajin melakukannya, maka akan semakin banyak nilai plus yang diperoleh, di mana salah satunya produk menjadi lebih dikenal publik.

Namun faktanya, ini tidak gratis! Para pebisnis itu harus menganggarkan dana tersendiri untuk memenuhi kebutuhan tersebut, di mana biasanya biayanya cukup tinggi. Jika tak pandai mengatur keuangan, bisa-bisa modal habis hanya untuk melakukan itu.

Tapi kini zaman sudah semakin canggih. Kekuatan tehnologi yang berkembang sekarang, telah banyak membantu manusia, yang salah satunya bidang bisnis. Lebih jelas, berikut cara mempromosikan bisnis dengan modal terbatas.

1.       Membuat Website

Membuat website terbukti ampuh untuk melakukan promosi secara online. Soal biaya tergantung dari masing-masing jasa pembuatnya. Tapi yang pasti jauh lebih murah ketimbang Anda lari ke sana ke mari mengikuti berbagai event, masih pula membayara tenaga untuk menunggui dan melayani pembeli.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog dengan Menciptakan Jasa atau Layanan Sendiri

Di website yang berbentuk toko online, produk Anda terpasang dan terlihat secara terus menerus tanpa terputus selama 24 jam penuh, tanpa jeda. Sekalipun Anda off tidak sedang membuka gadget, calon pembeli akan terus berdatangan guna melihat-lihat produk. Mudah dan terbilang sangat praktis, hanya dalam satu klik saja, tidak ribet.

2.       Memanfaatkan  Akun Media Sosial

Facebook, instagram, whatshap, twitter adalah media-media yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Anda bisa menyambungkannya secara langsung, melalui website yang Anda miliki. Dan ini juga sama seperti sisitem kerja situs website, yakni simpel dan gampang dikerjakan.

Baca juga: Manfaat Media Sosial untuk Meningkatkan Penghasilan Bisnis Anda

Bila Anda rajin, banyak dari pebisnis yang terbantu lewat ini.  Promo mereka bisa berjalan sukses. Dapat memangkas biaya pengeluaran untuk promo, sehingga dapat dimanfaatkan buat menyetok barang atau memproduksi produk baru lagi.

3.       Memanfaatkan Situs Pribadi

Jika Anda kebetulan seorang penulis, memberdayakan blog pribadi yang Anda miliki akan jauh lebih baik. Kembangkan produk atau jasa Anda di situs tersebut. Jadi sekali Anda memposting konten, bisa langsung mempromosikan produk sendiri.

Tapi harap diingat, bila bermaksud ingin mendapatkan jasa pemasangan iklan dari Google Adsensi, maka sebaiknya Anda menahan diri dulu untuk sementara waktu.  Jangan terburu nafsu memasang produk sendiri, tapi tunggu setelah permintaan Anda kepada Google disetujui, baru boleh beriklan. Meskipun ada sudah membayar domain dan hosting, namun itu peraturan dari Google yang harus Anda pahami, bila hendak mengais rejeki dari sana pula.

4.       Memberdayakan Fanpage

Fanpage atau halaman ada pada menu yang terdapat akun facebook, juga ide bagus. Justru bila dibandingkan dengan facebook itu sendiri, Anda tak bakal terkena banned dari pihak platform. Sebab sejatinya facebook itu digunakan dalam jaringan sosial saja, dan bukan buat bisnis.

Antara fanpage dan website, bisa saling dikaitkan. Untuk selanjutnya diposting kembali pada akun media semacam facebook, instagram, whatshap dan twitter. Praktis, sekali tekan iklan Anda akan masuk ke berbagai jaringan situs sosial yang Anda miliki.

5.       Membuat Vlog

Baca juga: Viral! Fakta Unik Vlogger Mustafa Asal Trenggalek Yang Terkenal Dengan Logat Bahasa Jawa Medok!’’

Keberadaan vlog, tak selamanya tentang hobi atau aktifitas keseharian para usernya saja. Anda pergunakan untuk mengiklankan produk atau jasa, juga bisa. Seperti yang lain, Anda hanya perlu memperlihatkan secara jelas, hal apa saja yang terjadi pada bisnis berikut keistimewaan serta kualitas produk Anda. Nah, cukup mudah dipraktikkan bukan?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar