Inilah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Bergaji Kecil

Inilah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Bergaji Kecil

Inilah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Bergaji Kecil

inilah cara mengatur keuangan rumah tangga yang bergaji kecil
Besar kecilnya gaji sering berpengaruh terhadap cara mengelolanya, sehingga anda bisa terhindar dari kondisi defisit keuangan. Apalagi jika gaji anda termasuk gaji bulanan tetap dengan kebutuhan yang sering naik turun. Bagi yang bergaji minim, mereka akan kesulitan menyimpan uang untuk beberapa hal yaitu seperti biaya yang tak terduga, biaya pendidikan atau kebutuhan lainnya. Bahkan ada yang kehabisan uang dipertengahan bulan. Masalah tersebut mungkin muncul karena mereka tidak dapat mengelola gaji bulanan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Setiap keluarga pasti ingin meiliki rencana untuk masa depan, seperti ingin liburan, ingin beli rumah, biaya pendidikan anak hingga kejenjang tinggi. Rencana tersebut pasti memerlukan biaya yang banyak, sedangkan untuk mencari tambahan pennghasilan bukanlah mudah. Untuk itu anda harus mengatur keuangan rumah tangga anda dengan baik agar semua keinginan tercapai. Ada beberapa cara untuk anda mengatur keuangan dengan gaji minim:

1. Rencanakan belanja bulanan dengan matang

Pemborosan keuangan cendrung terjadi ketika kita mengikuti keinginan kita tetapi keinginan itu belum tentu menjadi kebutuhan kita. Cara yang terbaik kita harus membuat anggaran tertulis. Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang anda buat. Ketika waktunya membeli apa yang dibutuhkan kita sudah punya anggarannya untuk belanja. Tetapi jangan terlalu berlebihan dalam berbelanja karena sebagian dari uang anda bisa anda simpan untuk kebutuhan yang lain.

2. Kurangi naik kendaraan bermotor

Dengan berjalan atau menggunakan sepeda dibandigkan menggunakaan motor untuk pergi ke toko atau pun jarak dekat sebaiknya anda berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk menghemat BBM, uangnya anda bisa simppan untuk tabungan. Dengan berjalan atau menaiki sepeda anda akan merasa badan lebih sehat dengan banyak berolahraga.

3. Mencari penghasilan tambahan

Baca juga: Mau Kaya, Ayo Bisnis OnLine Jaman Kekinian yang Patut Anda Coba

Memanfaatkan waktu luang dengan mecari tambahan penghasilan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan seperti menjual pulsa, jualan online atau sebagainya yang penting tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Dengan begitu anda bisa mendapatkan gaji yang bisa anda sisihkan untuk ditabung.

4. Kurangi kebiasaan makan diluar

Biasakan membuat makanan sendiri. Jika ingin menghemat uaang lebih baik anda membuat makanan sendiri dirumah,  atau makan direstorant sesekali saja untuk ingin ingin menyenangkan keluarga, tetapi jangan terlalu sering.

5. Hidup sederhana

Biasakanlaah hidup sederhana agar dapat mengurangi atau dapat menghemat pengeluaran anda. Gaya hidup yang sederhana dapat dibina dengan memahami antara keiinginan dengan kebutuhan.

6. Anda harus bijak dalam menggunakan listrik atau air

Menghemat listrik merupakan cara menghemat uang yang sederhana. Untuk menghemat listrik anda harus cabut atau matikan listrik saat tidak perlukan.

7. Memisahkan tabungan dengan keuangan sehari hari

Jika uang tabungan disatukan dengan uang yang digunakan sehari hari maka akan muncul banyak godaan ingin memebeli sesuatu. Oleh karena itu  biasakan dipisah antara uang tabungan dengan uang sehari hari.

Baca juga: Tips Sukses Buka Usaha Di Rumah Agar Untung Besar Dan Aman

Disiplin keuangan merupakan kunci kesuksesan. Mengatur keuangan rumah tangga sangat diperlukan, walaupun anda hanya berpenghasilan minim, anda perlu untuk menghemat pengeluaran keuangan anda. Tidak ada salahnya jika anda harus hidup sederhana, dengan gaya hidup sederhana anda bisa lebih berhemat dan bisa menabung untuk investasi masa depan. Dengan hidup berhemat anda bisa memenuhi kehidupan anda tanpa ada serba kekurangan. Dengan begitu anda bisa membagi keuangan anda antara kebutuhan primer dengan kebutuhan tersier. Tetapi perlu anda ketahui jika anda memang ingin hidup hemat jaganlah sekali sekali anda hutang jika tidak diperlukan atau anda tidak sangup membayar.

Referensi:
https://www.cermati.com/artikel/12-cara-atur-keuangan-rumah-tangga-dengan-gaji-kecil
Buka Komentar