Skip to main content

Strategi Pemasaran Dengan Biaya Yang Murah Dan Efektif Untuk Usaha Kecil

strategi pemasaran dengan biaya yang murah dan efektif untuk usaha kecil
Marketing merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika menjalankan usaha. baik usaha baru maupun usaha yang lama yang telah dirintis bertahun belum menjalankan marketing hal yang pertama kali adalah menentukan strategi yang efektif dengan biaya murah untuk perkembangan usaha.

Dengan anggaran yang minim tentunya anda harus lebih efektif dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Berikut ini adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan dengan dana yang murah atau terbatas:

1. Bangun hubungan dan relasi yang luas

Ketika kita memiliki hubungan dan relasi yang luas, seseorang akan lebih bisa diterima oleh orang lain. Apalagi sudah terjalin kerja sama yang saling percaya antara anda dengan relasi.

2. Akrab dengan sosok motivator

Anda harus dekat dan akrab dengan seorang motivator yang selalu membuat kita semangat untuk terus berjuang dan berinovasi. Seseorang teman yang menjadi motivator juga akan membangun dan membuat kita berpikir positif yang berkualitas dan ketika pikiran dan ide ide positif maka hasilnya tidak akan menghianati usaha.

3. Disiplin terhadap time schedule

Jika anda belum membuat rencana harian, mingguan dan bulanan maka segera lah anda mengatur time schedule. Jika tanpa adanya rencana maka seseorang pembisnis akan mengalami salah arah yang membuat kurang termotivasi dan tujuan yang kurang konkrit. Maka anda harus bersikap disiplin dalam usaha harus memiliki semangat untuk mencapai hasil dan tujuan yang maksimal.

4. Buat strategi marketing semaksimal mungkin

Membuat strategi marketing yang sesuai trend maupun perkembangan teknologi mampu mengurangi stres yang anda alami akibat persaingan usaha. Intinya, selalu berjuang untuk mengeksekusi ide-ide baru yang fresh, jika sulit mendapatkannya maka kembangkan inovasi.

5. Pelajari karakteristik konsumen yang ditargetkan

Konsumen memiliki karakteristik tertentu dilihat dari segi usia, latar belakang pendidikan, kebudayaan dan lain – lain.

Dengan mempelajari karakteristik sesuai spesifikasinya, maka produk atau layanan jasa yang dibuat bisa lebih pas.

Baca juga: Tips Menyusun Strategi Bisnis Agar Sukses Dalam Bisnis

Strategi Pemasaran yang efektif

Dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Perencanaan

Dalam menjalankan konsep marketing usaha kecil, maka perlu perencanaan yang matang agar memperoleh banyak pelanggan. Sebab itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif serta konsep-konsep lainnya agar usaha kecil anda dapat berkembang.

2. Strategi

Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan sebelumnya. Banyak hal yang perlu dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siap target, bagaimana cara membidik pelanggan serta bagaimana cara agar konsumen menjadi pelanggan tetap.

3. Marketing mix

Marketing mix pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga dan tempat serta promosi. Sebagai pengusaha, tentunya anda perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa berapa harga yang sesuai, bagaimana dan dimana anda akan mendistribusikan produk yang anda butuhkan.

4. Target market

Caranya dengan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Ini bertujuan untuk memperjelas target pasar apa yang anda masuki sehingga konsep marketing yang ingin anda buat lebih mudah untuk dijelaskan.

5. Anggaran

Baca juga: Analisis Resiko Dalam Menjalankan Usaha Bisnis

Ini merupakan bagian paling berat sebab membutuhkan tingkat keakuratan yang tepat dalan menghitung anggaran marketing yang telah dibutuhkan. Karena dari anggaran tersebut dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar