Tips Bangkit Dari Keterpurukan Setelah Mengalami Kegagalan Bisnis

Tips Bangkit Dari Keterpurukan Setelah Mengalami Kegagalan Bisnis

Tips Bangkit Dari Keterpurukan Setelah Mengalami Kegagalan Bisnis

tips bangkit dari keterpurukan setelah mengalami kegagalan bisnis
Mengalami kegagalan bisnis memang tak menyenangkan. Secara telah banyak waktu, tenaga, pikiran dan juga harta benda, yang digunakan untuk membangun usaha, namun faktanya tetap sia-sia. Tetap tak berhasil dan terpuruk.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Gagal Di Tengah Jalan

Padahal mental pebisnis seharusnya tak boleh gampang menyerah. Nah, supaya tak berlarut-larut, ada baiknya Anda menerapkan beberapa tips di bawah ini, yang diberikan oleh pakar bisnis. Dilansir dari laman situs m.bisnis.com, inilah ringkasannya!

1.       Menerima Keadaan dan mencatat kesalahan

Daripada jatuh dan menyesali keadaan yang sudah terjadi, jauh lebih baik segera mengambil pulpen dan mencatat semua kesalahan yang pernah dilakukan pada saat mengerjakan bisnis dulu. Temukan akar permasalahan, atau kunci pokok dari pemicu kebangkrutan, lalu evaluasi secara benar. Melihat apa yang masih tersisa, mencari apa yang bisa dipakai sebagai alat untuk bangkit dari kegagalan.

2.       Menyiapkan skill jauh lebih baik lagi

Baca juga: 4 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Akan Memulai Sebuah Bisnis

Selain mental, yang tak kalah pentingnya juga mengenai skill, relasi dan ilmu  yang dimiliki seorang pebisnis. Adakah dari ketiga unsur tersebut, salah satunya atau bahkan tiga-tiganya memenuhi unsur sebagai sumber pemicu kebangkrutan. Bila iya, segera atasi!

Benahi secara sempurna, hal-hal yang berkaitan erat dengan laju pertumbuhan bisnis andaikata masih berniat menjalankan bisnis serupa atau yang lain. Demikian ungkap pakar perencana keuangan OneShildt Budi Raharjo, kepada mereka yang saat ini tengah mengalami nasib buruk kebangkrutan.

3.       Mengecek Dan Mengatur Ulang Gaya Hidup

Penulis tidak tahu pasti, Anda memiliki gaya hidup seperti apa pada saat sedang menjalankan bisnis. Bisa saja Anda menggunakan fasilitas perusahaan yang sedang berkembang, untuk bersenang-senang menuruti kemauan pribadi. Akibatnya ketika bangkrut, Anda harus mau tak mau fleksibel menyesuaikan diri kembali ke keadaan semula.

Bila memang demikian adanya, mulai sekarang ubahlah gaya hidup Anda. Memastikan semua pengeluaran masih dalam kendali sewajarnya, sesuai kemampuan. Tidak berlebihan.

4.       Menata Ulang Keuangan Dari Penghasilan

Cara mengerjakannya yakni dengan menghilangkan pengeluaran yang tidak perlu. Memprioritaskan pengeluaran yang sifatnya kebutuhan. Atau pengeluaran yang dapat menghasilkan pendapatan.

Sebagai contoh, menjual aset yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau bisa mencari pekerjaan baru sembari menabung. Nanti saat telah terkumpul dapat melanjutkan bisnis lagi.

5.       Segera Melunasi Utang

Ini berhubungan dengan utang pada saat pada masa itu, ketika masih mengerjakan bisnis. Ada baiknya segera dilunasi dan jangan ditunda-tunda. Jika tak punya dana untuk melunasi, dapat menjual aset yang dimiliki, daripada hidup tak tenang sebab selalu dikejar para penagih utang.

Baca juga: Cara Mengatasi Cicilan Hutang Supaya Tak Mengganggu Jalannya Bisnis

Anda bisa melakukan  konsolidasi, terhadap yang bersangkutan peminjam modal dulu. Meski prosesnya tidak segampang membalik tangan, akan tetapi Anda patut mencobanya. Jangan  menyerah.

Jatuh bangun di dalam menekuni sebuah bisnis itu hal biasa. Tapi bagaimana sikap kita menghadapi kegagalan, itu merupakan faktor yang harus dibenahi. Semua usaha pernah bertumbuh, mengalami fase kejayaan, lalu tahap kemunduran.

Wajarlah menyikapi tidak perlu berlebihan. Bukankah pada saat dulu mendirikan  bisnis, Anda sudah memahami dengan benar, jika kegagalan adalah bagaian keping  dari kesuksesan? Jadi tetaplah semangat, jangan menyerah!

Demikian artikel ini telah ditulis, mudah-mudahan bisa sedikit memberi jalan keluar dan pencerahan, buat Anda yang sekarang mungkin tengah berhadapan  dengan apa yang namannya kebangkrutan. Sekian, selamat menata ulang bisnis Anda. Semoga berhasil!

Referensi
http ://m.bisnis.com/finansial/read/20181126/55/86388/tips-bangkitkan-bisnis-setelah-bangkrut
Buka Komentar