Skip to main content

Tips Buat Ibu Menyusui Supaya ASI Tak Berbau Amis

cara supaya ASI tidak berbau amis
Memiliki ASI amis, terkadang membuat hati sebagian ibu menyusui cukup dijauhi teman ya, Bunda. Sama seperti yang terjadi pada jenis orang yang bermasalah dengan  bau badannya. Mau berbicara dengannya, rasanya sangat malas sekali. Benar enggak?

Apalagi terhadap ASI, yang anyirnya kadangkala bisa menyamai aroma darah. Disadari atau tidak, suami bisa komplain, sebab masalah tersebut. Selain itu, akibat yang ditimbulkan, bayipun juga ikut merasakan imbasnya. Jadi berbau amis, orang enggan mendekat dan menyentuhnya. Meski rupawan dan terlihat montok, tetap saja malas melakukannya.

Nah, supaya tak terjadi hal demikian pada Bunda, berikut tips-tips ringan cara menghilangkannya!

1. Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar

Makan buah dan sayuran segar, selain bermanfaat buat kesehatan Bunda sendiri dan si kecil juga berguna pada hal lain, seperti mengatasi bau badan dan ASI amis. Hanya saja Bunda perlu mengetahui dengan pasti, jenis sayuran atau buah apa yang bisa membantu menghapus kasus tersebut.

Sayuran seperti jenis : Kemangi yang dibuat lalapan atau beluntas, bunga kecombrang untuk sambal, terong pucung, mentimun dan masih banyak lagi. Bisa kok memicu meredakan bau tak sedap tadi. Oh, ya di samping itu, Bunda juga harus rajin meminum air putih ya, untuk melunturkan toksin yang ada dalam tubuh.

2. Batasi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung jenis bawang-bawangan

Makanan yang mengandung bawang-bawangan, banyak terdapat pada menu makanan mie ayam, bakso, sate, dan gulai. Akan jauh lebih baik Bunda meminimalisir mengonsumsinya. Karena menurut ungkapan sebagian pakar kesehatan, bawang bisa memicu terjadinya bau tak sedap di tubuh, karena kandungan zat tertentu yang ada di dalamnya.

3. Batasi mengomsumi jenis ikan, telur, daging serta susu

Memang ya Bunda, ketiga makanan seperti ikan, telur, daging serta susu, penting banget buat perkembangan  si kecil. Namun efek amis yang ditinggalkan setelahnya, juga perlu Bunda perhatikan jangan diabaikan. Tetap boleh makan kok, hanya saja porsinya perlu diatur secermat mungkin.

4. Minum jamu atau ramuan herbal lain

Jamu atau ramuan herbal, sampai sekarang masih diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada manusia. Tak terkecuali pula pada ibu hamil. Bila mau praktis, di toko banyak dijual jamu tradisional dalam bentuk kotak, atau kardus. Bunda bisa membelinya tergantung kebutuhan.

Di samping itu, Bunda juga bisa membuat ramuan sendiri di rumah dengan memanfaatkan tanaman herbal yang ada. Seperti : Daun sirih, kunyit, kayu manis, atau ketumbar. Bunda rebus semua bahan tadi, atau pilih dua dari empat pilihan tersebut bersama beberapa gelas air. Bisa ditambahkan madu atau gula, supaya lebih nikmat untuk diminum.

5. Segera berganti pakaian bila terasa kotor

Keringat ataupun debu yang menempel pada tubuh, ditengarai faktor utama pemicu masalah bau badan tak sedap. Belum lagi ditambah dengan sisa-sisa ASI yang menempel sewaktu menyusui. Oleh sebab itu, segeralah berganti baju, bila sudah terasa lengket dan kotor.

Baca juga: Tips Melindungi Tubuh Bayi Saat Musim Dingin, Supaya Tidak Gampang Sakit

Betapapun penampilan Bunda sangat cantik dan terlihat menarik dengan  buah hati yang menggemaskan, namun bila merawat diri sendiri tak bisa, tetap akan dijauhi orang dalam pergaulan. Suka tak suka, memang demikian yang terjadi. Jadi sebagai ibu menyusui harus berupaya menghilangkannya. Supaya suami dan orang lain yang ingin berdekatan dengan Bunda dan si buah hati, menjadi nyaman karenanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar