Skip to main content

Tips Buka Usaha Barbershop

tips buka usaha barbershop
Memotong rambut, bagi pria sudah menjadi kebutuhan keharusan tersendiri yang harus dipenuhi. Minimal sebulan sekali, mereka harus menyambangi tukang cukur buat mencukur rambut di kepalanya. Dari sini tergambar sudah, bahwa kebutuhan merapikan hal itu tidak hanya didominasi kaum hawa saja.

Mengingat intensitas waktu yang diperlukan, maka tak salah jika ini layak disebut ladang bisnis yang menggiurkan. Seperti kita lihat, banyak usaha berdiri barbershop, sabab mengimbangi keperluan tersebut. Tertarik ikut menggelutinya? Berikut tipsnya!

Baca juga: Analisis Resiko Dalam Menjalankan Usaha Bisnis

1.       Memperkerjakan Barber

Jika tak memiliki keahlian sendiri, solusi terbaiknya memperkerjakan tenaga ahli yang berpengalaman. Sehingga nantinya tak mengecewakan pelanggan yang datang ke tempat Anda. Memastikan pula bahwa dirinya tak hanya pintar soal pelayanan tehnis, tapi juga attitude baik melayani pengguna.

Dengan demikian barbershop Anda terkenal tidak hanya dari segi hasil yang baik, akan tetapi juga dari kualitas pelayanan para pekerjanya juga. Bisa jadi kan direkomendasikan kepada teman-temannya untuk datang ke tempat Anda.

2.       Menawarkan Servis Istimewa

Tak hanya menawarkan layanan memotong rambut saja. Sebab faktanya ada pria juga membutuhkan fasilitas lain guna keperluan merawat dirinya. Seperti : Creambath atau cuci rambut, cukur kumis/jenggot hingga pijat.

Jika hal-hal tadi dapat disatukan dalam satu paket, kenapa tidak? Jadikan satu dan lakukan penawaran  istimewa dengan potongan harga tertentu, maka dijamin mereka pasti puas dan senang.

3.       Selalu Update Tren Gaya Rambut

Supaya tetap dicari pelanggan, update tren gaya rambut terbaru itu sebuah keharusan. Anda dapat mengetahui ini dari majalah ataupun media online. Atau memperhatikan gaya selebritis atau tokoh penting lainnya, untuk kemudian diaplikasikan pada usaha Anda.

Satu yang pasti, Anda harus sering-sering mencari hal ini, jangan malas. Agar pelanggan juga merasa puas, karena barbershop Anda unik dan berbeda dengan yang lain.

4.       Berikan Promo Menarik

Promo berupa diskon pada pengunjung pertama, atau mereka yang telah booking tempat, juga bisa dipakai. Bisa dilakukan pada hari atau momen-momen tertentu. Dapat berkaitan dengan kehidupan pribadi, misal ulang tahun dan sebagainya. Istimewanya dapat diskon, pelanggan tak perlu lama-lama antre dan dapat potongan harga pula. Bukankah ini menarik?

5.       Buatlah Ruangan Senyaman Mungkin

Baca juga: 4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan

Karena aktifitas itu di dalam ruangan, maka pe-er Anda adalah membuat ruangan tersebut terasa betul-betul nyaman. Berilah fasilitas pendingin ruangan atau accu, wifi secara gratis, atau buku, majalah dan koran buat mereka yang gemar membaca.

Dan berbicara mengenai hal ini, ada juga fasilitas makanan dan minuman yang bisa dijual sekalian dengan barbershop Anda. Seperti : Kopi, teh, mie rebus, aneka gorengan, kue-kue dan sebagainya.

Anda bisa kok berkerjasama dengan istri untuk melengkapi fasilitas itu. Ketimbang harus mengambil dagangan ke orang lain, untungnya bisa diambil sendiri. Tidak ribet menghitung bagi hasil.

Namun, tentu saja akan jauh lebih baik bila Anda sendiri mempelajari sendiri cara memotong rambut yang baik dan benar, daripada memperkerjakan tenaga lain. Sebab bisnis yang baru pemula, itu masih butuh tehnik pengembangan yang lama.

Baca juga: Cara Mudah Mengerjakan Bisnis Supaya Cepat Dapat Untung

Jangan sampai Anda disibukkan menggaji karyawan, tapi bisnis belum begitu dikenal orang. Karena faktanya sebagus apapun bisnis, tetap membutuhkan waktu yang sukar diprediksi dalam berproses menuju keberhasilan. Terkecuali modal Anda tinggi, tak masalah urusan membayar upah karyawan. Jadi cerdaslah sebelum bertindak, jangan sampai menyesal di tengah perjalanan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar