Skip to main content

Tips Memilih Busana Bagi Ibu Menyusui

cara memilih pakaian untuk ibu menyusui
Menyusui, merupakan fase paling mulia bagi seorang wanita, setelah mengandung. Pengorbanan seorang ibu benar-benar semakin jelas terlihat, saat mereka harus merelakan sebagian penampilannya berkurang demi kesehatan dan perkembangan si kecil. Mengeluarkan ASI yang terkadang tidak pada tempatnya.

Memang merepotkan ya, Bunda. Tapi semua adalah  pengorbanan yang harus ikhlas dijalani. Namun Bunda tak usah berkecil hati. Berikut tips  memilih pakaian khusus ibu menyusui yang nyaman dan tetap modis!

1. Pilih yang berkancing atau beretsleting depan

Cara pertama yang sebaiknya Bunda pilih ketika membeli baju, yakni dengan memilih yang berkancing atau beretsleting bagian depan. Bisa berupa blouse, tunik, atau gamis sampai daster. Untuk bagian bawah seperti celana, usahakan yang longgar jangan ketat. Supaya Bunda leluasa bergerak mengatur tempat duduk saat menyusui si kecil.

2. Pilih bahan katun yang ringan

Pemilihan bahan yang tepat juga terbukti berpengaruh bagi kenyamanan ibu menyusui. Pilih bahan yang memberikan kesan adem serta ringan ketika dikenakan. Tidak terkesan cepat panas dan  gerah di tubuh.

Beli yang tidak ribet saat dipakai, misalnya banyak tali yang harus diikatkan ke tubuh. Jadi pada saat terburu-buru mengeluarkan ASI tidak merasa kerepotan. Sederhana, namun tetap cakep bila dipandang.

3. Pilih model yang simpel namun tetap fashionable

Di pasaran banyak beredar baju-baju khusus busui (ibu menyusui) bagus dan tampak menarik. Tentukan yang benar-benar mencerminkan karakter dan pribadi Bunda. Jangan sembarangan mengambil baju untuk dipakai.

Tidak mementingkan gaya saja. Akses buat menyusui si kecil, harus diperhatikan. Jangan sampai Bunda merasa kesulitan dan kurang leluasa gerak.

4. Pilih warna yang gelap

Hindari memakai warna terang dan menyolok. Lebih disarankan ambillah yang berwarna gelap. Jikapun harus memilih motif, tidak masalah. Namun tetap usahakan yang memantulkan gradasi bukan warna terang. Sehingga bila kotor tidak mudah kelihatan secara jelas.

5. Pilih hijab lebar dan panjang

Supaya Bunda merasa nyaman, khususnya saat mengeluarkan payudara di tempat umum, meski telah disediakan tempat tersendiri, akan tetapi jauh lebih baik mengenakan hijab yang lebar dan panjang untuk menutupi area dada, agar tidak tampak keluar. Jadi si kecil dan Bunda tetap nyaman.

6. Perhatikan tempat saat menyusui

Terkait tempat saat menyusui, hal ini teruntuk Bunda yang muslimah, menutup aurat adalah keharusan. Tapi bila di dalam rumah hanya ada suami, tentu bebas tidak menutup aurat bukan? Kecuali bila harus pergi keluar rumah, maka tubuh semua harus tertutup rapat.

Oleh sebab itu, dianjurkan bila menyusui di rumah, tidak mengenakan baju yang lumayan panjang dan tertutup. Ambil kaos suami atau kemeja pendeknya dengan banyak kancing untuk dikenakan di rumah. Atau dapat pula daster-daster yang tak terlalu panjang dan berlengan pendek. Jenis-jenis busana tadi sangat cocok, Bunda kenakan selama berada di rumah saat memberi ASI pada si kecil.

7. Selalu siapkan apron/selendang ketika pergi

Kain ini buat berjaga-jaga saja, bila si kecil polah dan banyak gerakan. Sehingga menyebabkan baju bagian atas tersingkap sekaligus hijabnya. Meski sudah mengenakan yang panjang dan lebar.

Nah, Bunda tak sulit ya, memilih baju ibu menyusui untuk dikenakan sehari-hari maupun untuk berpergian keluar rumah. Yang harus diperhatikan diri Bunda sendiri, dan si kecil merasa nyaman, dan tidak menganggu aktifitasnya, saat harus minum ASI Bunda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar