Tips Mengatasi Bayi Yang Menderita Demam

cara mengobati bayi yang sedang demam
Bayi demam, memang cukup meresahkan bagi para Bunda di rumah. Keceriaan yang biasa ditampilkan, secara tiba-tiba hilang lenyap. Yang ada si kecil lesu, pucat dan tak bersemangat lagi.

Bila hal tersebut menimpa pada mereka, Bunda tak perlu merasa cemas berlebih. Terpenting Bunda tetap tenang, dan lakukan perawatan seperlunya. Untuk lebih jelas, mari ikuti tips-tipsnya berikut ini!

1. Segera beri ASI atau air minum

Seperti yang dikatakan tadi, tidak usah takut. Langsung saja berikan ASI atau air putih. Sabarlah, bila si kecil kurang begitu merespons, tetap lakukan dengan hati-hati. Sesekali kompres dengan air hangat di dahinya.

2. Ganti dengan baju hangat yang nyaman

Baju yang senantiasa terasa bersih, dapat membuat si kecil merasa nyaman. Karenanya gantilah setiap saat, supaya dirinya tetap merasa tenang. Dan tetap lanjutkan pemberian ASI dan juga air putih.

3. Beri obat penurun panas

Sebelum melewati tiga hari, ada baiknya Bunda memberinya terlebih dahulu obat penurun panas yang dapat dibeli di apotek. Terus lakukan perawatan sewajarnya. Tapi bila memang sangat gawat dan suhunya terlampau tinggi, tak perlu menunggu sampai 3 hari.

Langsung bawa ke dokter, untuk penanganan lebih lanjut. Jangan dinanti cukup lama, sehingga berpotensi membahayakan si kecil. Seperti yang terjadi pada banyak kasus. Di mana orang tua lalai, anak terlambat mendapat perawatan, akibatnya bermasalah terhadap pertumbuhannya dalam jangka panjang. Sulit berkembang dan mengalami gangguan  perkembangan secara serius.

4. Memberi makanan pendamping ASI

Jika bayi sudah memasuki tahap pemberian makanan pendamping ASI, tetap diberikan jatah makannya dan usahakan dengan waktu yang tepat. Untuk membangkitkan gairah makanannya, tak ada salahnya mengajak si kecil keluar rumah, tapi tetap mengenakan pakaian yang nyaman, agar terhindar dari hawa buruk di luar. Pelann-pela dengan sabar, masukkan sedikit demi sedikit makanan ke mulutnya, jaga jangan sampai ia tersedak makanan.

5. Jaga kesehatan bunda

Hati-hati, selama bayi masih menyusui bundanya, secara tak langsung si bunda juga harus mau menjaga kesehatannya. Bila si ibu sakit, cepat atau lambat dan disadari ataupun tidak, akan berimbas langsung terhadap ASI yang diberikan pada buah hatinya. Oleh sebab itu, jagalah selalu kesehatan Bunda bila masih menanggung ASI si kecil.

Bunda harus rajin dan banyak mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Memperbanyak minum air putih pula, menghindari alkohol, kafein dan minuman berkarbonasi lainnya. Sedapat mungkin jangan mengonsumsi bahan makanan yang tercemar bahan kimia berbahaya, juga yang berkategori serba instan. Baik instan cara memasaknya maupun bahannya. Seperti : Mie instan, junkfood dan  masih banyak lagi.

6. Membersihkan kamar bayi

Terkadang suasana pengap dan kotor, bisa memicu rasa ketidak-nyamanan bayi. Di samping itu pula sarang kuman dan penyakit datang menghampiri. Karenanya bersihkan secara rutin kamarnya. Buatlah dirinya merasa nyaman  saat berada di kamarnya.

Si kecil menderita demam, memang membuat sedih hati ya, Bunda? Sebagai ibu pasti tidak tega melihatnya. Akan tetapi sudah dijelaskan tadi, tidak perlu merasa cemas berlebihan.

Baca juga: Tips Melindungi Tubuh Bayi Saat Musim Dingin, Supaya Tidak Gampang Sakit

Tetap beri dan lanjutkan ASI, serta makanan pendampingnya. Jangan sampai si kecil tambah menderita akibat keadaan tersebut. Meski si kecil tak mau makan dan minum, tetap usahakan dia mau makan dan minum. Bunda jangan menyerah dan putus asa, walau si kecil menolak dengan keras serta menangis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel