Tips Mengatasi Rasa Mual Pada Ibu Yang Sedang Hamil

cara mengobati rasa mual saat ibu hamil
Rasa mual (morning sickness) yang terjadi pada ibu hamil, merupakan masalah tersendiri ya, Bunda. Secara kita tahu janin yang kita kandung sangat memerlukan asupan gizi cukup. Namun apalah daya, perut enggan menerima dimasuki makanan buat si kecil.

Sebaiknya keadaan tersebut tak dibiarkan berlarut-larut, sebab bisa berakibat kurang bagus bagi perkembangan si jabang bayi di dalamnya. Karena pertumbuhan awalnya memang dari dalam kandungan sang ibu, berlanjut nanti ASI yang diberikan sesudahnya. Oleh sebab itu, Bunda harus berhati-hati menjaga diri dan kesehatan. Nah, kali ini penulis telah memberikan beberapa tips ringan yang bisa Bunda praktikkan.

1. Istirahat cukup dan hindari tempat panas

Mual yang berisiko muntah dapat berlangsung sewaktu-waktu, entah itu pada pagi hari atau malam hari. Akan lebih baik, Bunda mengatur jadwal tidur sebaik mungkin, supaya kebutuhan istirahat tercukupi.

Bangun lebih awal di pagi hari, lakukan olahraga ringan setelahnya. Jangan tidur sesudah makan sebab dapat menimbulkan rasa mual. Hindari pula tempat-tempat panas yang memicu rasa gerah di tubuh, hingga mau tak mau mencari kipas angin untuk meredakannya.

2. Selektif memilih jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi

Jenis bahan makanan dan minuman tertentu, banyak yang dicurigai pemicu rasa mual di perut ibu hamil. Seperti minuman berkarbonasi, makanan yang bercitarasa terlalu pedas dan asam, berlemak, juga yang banyak mengandung pemanis buatan. Selain itu minuman dingin seperti es, sebaiknya dihindari pula.

Makanlah sesuai porsi, tidak kurang ataupun berlebih. Dan berikut beberapa minuman dan camilan yang pantas diminum untuk mengatasi rasa mual :

  1. Jahe hangat
  2. Teh lemon
  3. Permen rasa peppermint
  4. Snack seperti yang telah disebutkan tadi yang bercitarasa tidak terlalu gurih dan manis
  5. Buah-buahan segar

Meskipun rasanya ingin muntah, tapi Bunda harus tetap berusaha memerangi. Tetaplah minum susu yang dianjurkan dokter. Pilih yang berasa cokelat yang enak, sehingga saat telah menyentuh bibir tidak memicu terjadinya rasa mual di perut. Terpenting, Bunda jangan terlena dengan keadaan tersebut, tetaplah berusaha mengonsumsi makanan demi kesehatan perkembangan si kecil.

3. Usahakan pikiran tetap tenang

Pikiran yang tenang dapat membantu memecahkan segala masalah yang ada dalam kehidupan, termasuk juga mengenai rasa mual yang dialami oleh ibu hamil. Buatlah Bunda senyaman mungkin menerima kehamilan tersebut. Bila perlu Bunda juga boleh mendengarkan music-musik lembut di telinga dengan memasang handseat, sembari membaca buku-buku ringan seperti novel atau cerpen.

Yang pasti, aturlah ritme suasana hati Bunda. Jangan biarkan tenggelam dengan perasaan tidak nyaman tersebut. Supaya janin yang dikandung tetap sehat, serta Bunda sendiripun merasa nyaman.

4. Berpakaianlah yang longgar dan terasa nyaman

 Disadari atau tidak, pakaian yang dikenakan oleh ibu hamil juga berpengaruh besar pada suhu tubuhnya hingga memicu rasa mual. Seperti pakaian yang terlalu terbuka. Memang bila dirasakan, hamil memberi kesan panas dan gerah pada temperatur tubuh, sehingga dengan cara demikian Bunda mengusirnya.

Kenakan pakaian yang berbahan dasar material katun, yang terasa lembut sehingga tubuh tak merasa gerah. Pilih daster ringan dengan motif lucu yang dapat mempengaruhi pikiran  yang mengenakannya. Gantilah setiap Bunda merasa lengket, sebab keringat dan kotoran lain, lalu cuci bersih.

Sekian tips mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Selamat mencoba trik di atas, semoga berhasil!

0 Response to "Tips Mengatasi Rasa Mual Pada Ibu Yang Sedang Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel