Skip to main content

Trik Berbisnis Kedai Kopi Supaya Tak Merugi

trik berbisnis kedai kopi supaya tak merugi
Bisnis kedai kopi merupakan salah satu jenis usaha kuliner yang di bidang minuman yang tak kalah menjanjikan. Tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeripun sama. Banyak penggemar serta tak terbatas dari kalangan tertentu saja.

Kopi memang terbukti paling efektif sebagai teman dalam acara apapun. Mulai dari piknik, duduk santai di rumah, berkerja dan lain sebagainya. Menjamurnya bisnis tersebut dari yang hanya bersifat trasidisional hingga modern, membuktikan bahwa usaha tersebut benar-benar menjanjikan.

Baca juga: Melihat Peluang Bisnis Usaha Kecil. Mulai Sekarang!

Lalu hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengerjakan bisnis ini, berikut trik-triknya!

1.       Menyediakan Modal

Meski terlihat mudah, modal memang sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Supaya tak keliru, maka sebaiknya direncanakan yang dibutuhkan. Bila kekuatan modal  terbatas, kerjakanlah yang ada tersebut untuk menekuni bisnis.

Jangan mencoba melakukan pinjaman utang saat bisnis belum dimulai. Akibatnya diri sendiri yang nanti tertekan, antara memikirkan jalannya bisnis dan sibuk membayar angsuran. Sesuai kemampuan saja. Bila tekun dan ulet, modal kecil bukan halangan untuk mengembangkan usaha.

2.       Mengerti Konsumennya

Strata ekonomi masyrakat terbagi. Ada baiknya sedari awal sebelum memulai bisnis diketahui dengan benar siapa konsumen yang nanti meminum kopi. Apakah dari kalangan biasa, pekerja kantoran hingga orang elit lain.

Penentuan  ini juga terkait dengan lokasi didirikannya bisnis, desain yang akan dipakai dalam ruangan kedai agar pembeli betah, serta badget yang mereka miliki. Sehingga ketika akan mematok harga minuman, langsung tepat mengenai sasaran. Sebab sudah tahu dengan pasti keadaan isi kantong konsumen.

3.       Supplier Tersedia

Supplier ada demi kelancaran bisnis yang dijalankan. Bagian dari hal kedua di atas tentang menentukan konsumen, ini adalah kelanjutannya. Setelah mengetahui secara cermat, pastinya kedai ingin selalu ramai didatangi konsumen bukan?

Baca juga: Cara Memasarkan Kue Basah Agar Laris

Nah, jalan satu-satunya dengan berusaha menyesuaikan selera pembeli. Pilih jenis kopi yang sesuai dana, berkualitas serta disukai pelanggan. Itu cara jitu yang harus dilakukan, sebelum menjalin kerjasama dengan para supplier.

4.       Menentukan Lokasi

Lokasi kunci kesuksesan bisnis bila ditekuni secara fisik. Tak terkecuali dengan binis kedai kopi ini. Pilih yang sesuai dan tepat, seperti terletak di kawasan strategis misalnya perkantoran, kampus, mall dan sebagainya.

Jangan sampai salah mendirikan tempat. Walau sudah didesain semenarik mungkin, tetap saja kurang diminati. Karena area mendirikan usaha yang kurang tepat.

5.       Mengonsep Tempat

Tempat strategis harus pula diimbangi dengan desain ruangan yang  bagus, entah itu bagian eksterior ataupun interiornya. Pastikan hendak memilih konsep bagaimana, apakah jadul atau kekinian. Kemudian sesuaikan dengan property yang akan dipakai.

Jika melirik konsep tempo dulu, maka seharusnya suasananya harus kembali ke masa lalu dengan barang-barang kuno dan antic. Akan tetapi bila modern, pilih yang berkesan up to date dan  milenial banget, sesuai gaya anak muda sekarang.

Selain itu jaga kebersihan tempatnya. Jangan sampai kotor tak sesuai tema yang diusung. Meski demikian, apapun yang konsep yang dipilih selalu perhatikan  dan jagalah kebutuhan pengunjung tersebut, supaya tetap merasa nyaman dan seterusnya kembali bersama kawan-kawannya.

6.       Pelayanan Memuaskan

Baca juga: Ide Bisnis Menggiurkan Saat Musim Hujan

Yang sering terlupakan bahkan mungkin diabaikan oleh pengusaha, jika sudah mulai laris dan berkembang adalah mengenai pelayanan. Padahal ini juga tak kalah penting dan  bila dibiarkan secara terus menerus, bisa berakibat fatal. Bisnis ditinggal konsumen perlahan-lahan dan beralih pada yang memberikan fasilitas pelayanan menyenangkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar