Skip to main content

Trik Mudah Memanfaatkan Modal Secara Tepat Sesuai Kebutuhan Usaha

cara gampang mengelola modal secara jitu sesuai dengan kebutuhan usaha bisnis
Supaya dapat sukses menjalankan bisnis, seorang pengusaha memang dituntut harus bisa mempergunakan kekuatan modalnya secara tepat dan terperinci. Ini bila mereka tak ingin mengalami kegagalan dalam mengelola bisnisnya. Pemanfaatan yang benar, akan menghindari masalah pembayaran, bila dana diperoleh dari pinjaman.

Dilansir dari laman situs www.suara.com, berikut trik yang dapat diterapkan guna menghindari kekeliruan tersebut!

1. Modal digunakan untuk aktivitas usaha

Dalam hal ini, sedikitpun Anda tidak boleh memakai untuk urusan pribadi. Walaupun yang digunakan hanya jumlah kecil, namun sebaiknya tetap tidak disentuh. Fokuskan semua pada kegiatan bisnis yang akan dijalani, agar pada saat proses pengembalian, jadi terasa mudah.

Pelaksanaanya tentu berbeda terhadap jenis bisnis yang digeluti. Pikirkan sebuah cara antara pemenuhan alat dan bahan baku, menjadi seimbang. Atau mungkin cenderung ke pengadaan bahan baku saja, jika peralatan masih boleh menyewa. Itu untuk meringankan beban Anda kelak di kemudian hari, modal tetap tersedia, saat harus memproduksi barang.

2. Untuk memasarkan produk

Memasarkan produk merupakan salah kunci keberhasilan sebuah bisnis, dan sayangnya hal tersebut tidak dapat dilakukan dengan cara gratisan. Sekalipun dipasarkan lewat online, Anda tetap mengeluarkan sejumlah dana, guna keperluan menyewa jasa web desainer membuatkan situs Anda. Seperti menyediakan kuota, cukup demi menjangkau jaringan yang optimal juga beberapa peralatan komputer, dan sejumlah gadget sebagai pendukung aktivitas itu.

Kegiatan promosi menjadi sesuatu yang tak bisa dihindari. Bila ingin produk atau jasa  ingin dikenal publik dan laris di pasaran. Harus bersedia melakukannya.

3. Mengelola badget untuk angsuran

Karena modal memang didapat dari mengajukan pinjaman, jadi sudah menjadi kewajiban Anda untuk mengembalikannya. Jangan terlena dengan provit yang didapatkan pada saat itu. Entah kecil atau besar yang diperoleh, Anda harus menyisihkan sebagian income tersebut, untuk membayar tagihan.

Pintar-pintarlah mengelola keuangan. Bila perlu buatlah sebuah buku pembukuan yang mengatur lalu lintas finansial perusahaan Anda sehari-hari, dalam hitungan minggu, bulan ataukah tahun. Agar nantinya Anda tidak merasa terbebani, oleh sejumlah angsuran yang telah disepakati bersama dengan pihak pengelola pinjaman pada waktu itu.

Baca juga: Trik Sukses Menjalankan Bisnis Dengan Modal Minim

4. Pisahkan antara keuangan pribadi dan perusahaan

Sekali lagi, menukil pada poin pertama tentang kebutuhan pribadi dan perusahaan, maka penting kiranya Anda memisahkannya. Buatlah rekening berbeda untuk setiap jenis kebutuhan. selain itu buat pula pembukuan secara lebih jelas, catat semua alur pemasukan dan pengeluaran antara kebutuhan pribadi dan perusahaan.

Harus sendiri-sendiri dan terpisah, selanjutnya konsistenlah terhadap apa yang Anda tulis. Jangan gegabah, sekalipun hanya sekali saja Anda mencoba mengambil uang dari perusahaan sendiri. Akibatnya fatal, bisa ketagihan.

Sebab merasa nyaman, akhirnya keseringan diambil. Akibatnya sulit mengontrol diri. Bisnis yang dibangun dengan susah payah, sedikit demi sedikit mengalami kejatuhan tanpa disadari, sebab kesalahan yang tak disadari.

Mengelola modal dengan baik, akan menyelamatkan  dari kemungkinan buruk apapun. Tapi memang dalam melaksanakannya harus disiplin terhadap diri sendiri. Tidak boleh menyepelekan, menganggap gampang semua bisa diatur.

Baca juga: 3 Bidang Investasi Terbaik Untuk Masa Depan

Jangan sampai Anda terjebak pada permainan bodoh yang Anda lakukan sendiri. Sadari bahwa apa yang Anda dapatkan saat ini, tidak sepenuhnya milik pribadi. Ada sebuah kewajiban besar, yakni melunasi pembayaran, yang jika tak Anda datangkan bisa menyebabkan Anda terkena masalah besar. Nama baik dan perusahaan hancur seketika, akibat ketelodoran diri sendiri.

Referensi:
https;//m.suara.com/amp/bisnis/2018/02/13/162844/cara-manfaatkan-modal-usaha-dengan-tepat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar