Usia Ideal Bayi Diberikan Makanan Pendamping

umur yang pas untuk bayi diberikan makanan pendamping
Makanan pendamping ASI (MP-ASI) sangat diperlukan bayi. Dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Jika terlambat diberikan, ia akan mengalami lambat pertumbuhan dan penyebab lain pada kesehatannya.

Ada usia ideal saat memberikannya. Dilansir dari laman situs www.m.detik.com, Dr Titis Prawitasari Sp.A (K), berikut ciri fisik yang diperlihatkan si bayi, yang menunjukkan gejala bahwa dirinya siap mengonsumi makanan selain ASI.
  1. Kepalanya dapat berdiri tegak bila didudukkan
  2. Merespon makanan yang dilihat
  3. Memasukkan tangannya ke mulut bila merasa lapar
Umumnya usia sekitar 4 bulan, pencernaan bayi sudah berkembang sudah cukup baik, biasanya pula perut mereka sudah bisa mencerna makanan, begitupun dengan kemampuan oromotornya (yang berhubungan dengan mulut saat makan). Pemberian terlalu awal dapat menyebabkan ASI terbuang percuma, sebab bayi sudah merasa kenyang oleh makanan. Risiko diare dan dehidrasi bisa saja terjadi.

Lebih lanjut dokter yang sekarang bertugas di RSCM ini menjelaskan bahwa makanan pendamping dapat berupa buah, bubur bayi dan makanan pendamping lainnya. Ia juga memberikan salah satu tips saat memberikan memberi telur pada bayi, harus yang telah benar-benar matang. Sebab ada bakteri salmonella, penyebab pencernaan bermasalah/tyfus, jika tak matang sempurna.

Di samping itu, makanan yang bersifat lengket juga tak boleh diberikan, karena bisa menyebabkan bayi tersedak tak bisa menelan dengan baik. Selain itu makanan dan minuman instan, jangan pernah sekalipun disentuh. Termasuk yang mengandung kadar gula terlalu tinggi.

Tapi ironisnya masyarakat pedesaan, hal tersebut tidak diindahkan. Bayi lahir sudah diberi makanan pendamping seperti pisang yang dilumatkan bersama nasi. Sejauh ini, akibat dari semuanya itu belum valid untuk diberitakan tentang imbas buruknya.

Buat Bunda, mungkin pernah mengalami hal tersebut. Tapi itu dulu. Di saat semua bahan makanan dan minuman masih alami. Belum tersentuh, atau terkontaminasi zat berbahaya seperti sekarang.

Tapi ada satu keuntungannya, tidak memberi makanan pendamping bagi bayi saat baru lahir buat Bunda sendiri di rumah. Yakni tidak dipusingkan menyajikan makanan buat si mungil. Praktis tinggal mengeluarkan payudara, tidak ribet dan  bayi cepat tenang perutnya kenyang.

Jika Bunda masih bingung makanan pendamping apa saja yang diperbolehkan, di bawah tips singkat beberapa resep yang bisa dicoba di rumah.

1. Nasi halus

Tim beras dengan sedikit mentega, wortel, brokoli, ayam cincang dan sedikit garam. Setelah matang blender halus, berikan pada bayi

2. Bubur Sungsum

Yang ini berasa manis, Bunda boleh juga diberikan

3. Biskuit

Supaya mudah dicerna, rendam beberapa biskuit dengan susu. Setelah lembek baru disuapkan ke mulut bayi.

4. Buah-buahan

Yang paling bagus jenis pisang, apel, pepaya dan melon. Tapi rasanya yang benar-benar manis dan lumatkan terlebih dahulu sebelum diberikan.

5. Bubur sayur dan lauk

Hampir mirip bubur Menado. Beras dimasak bersama sayuran dan lauk, diberi sedikit mentega dan garam. Alternatife lain selain nasi tim sayuran lauk, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Memberikan makanan pendamping ASI pada bayi, terbilang susah-susah gampang Bunda. Karenanya perhatikan/pilih timing yang tepat. Usahakan ketika jam makan, bayi jangan diberikan ASI. Supaya perutnya kosong, sehingga mau menelan makanan.

Sembari digendong atau didorong di box, Bunda dapat mengajaknya pergi keluar rumah untuk jalan-jalan. Terpenting Bunda semua harus sabar, serta telaten dalam mengurus kebutuhan gizi si kecil..

Sumber:
https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-2336638/kapan-waktu-paling-tepat-beri-makanan-pendamping-asi-pada-bayi

0 Response to "Usia Ideal Bayi Diberikan Makanan Pendamping"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel