Cara Mendidik Anak Hidup Mandiri

tips supaya anak menjadi mandiri
Bunda, orang tua mana ya yang tak akan bahagia, bila melihat anak-anaknya bisa hidup mandiri setelah dewasa nanti. Tapi mendapatkannya, tak mudah loh Bunda. Perlu kerja keras dan perjuangan yang tak sebentar.

Sejatinya mendidik anak hidup mandiri, dapat dimulai dari semenjak bayi, sejak  sudah mulai belajar makan. Dengan memberikan sendok pada makanannya aga dimakan sendiri. Lebih jelas, mari ikuti langkahnya berikutnya supaya Bunda paham.

1. Mengajari anak membereskan tempat tidurnya pada pagi hari

Hal pertama yang harus diajarkan pada anak setelah bangun tidur, adalah dengan meminta membereskan tempat tidurnya, sebelum mereka beranjak pergi ke kamar mandi. Melipat selimut, menata bantal guling hingga rapi, sampai menyapu lantai dan membuka jendela kamar.

Baru setelahnya, menyuruh mereka mandi dan shalat subuh. Kemudian minta dirinya untuk menyiapkan keperluan sekolahnya. Mengecek pe-er dan lain sebagainya, termasuk  pula seragam yang hendak dikenakan nanti ketika berangkat, berikut kaus kaki dan sepatunya.

2. Memintanya tidur siang usai pulang sekolah

Terkadang ada banyak sekali waktu luang yang tersisa setelah anak pulang sekolah. Daripada dihabiskan seluruhnya buat bermain, mintalah mereka untuk istirahat tidur siang. Nasihati dirinya dengan baik bahwa melakukan kegiatan itu bisa membuat badannya nyaman dan pikiran tenang.

Buat suasana kamar tidur serileks mungkin, agar anak merasa betah saat membaringkan tubuhnya di siang hari. Selain itu dengan langsung memberikan mereka makan siang sesaat sebelum tidur. Tapi jangan tepat setelah makan siang. Minimal ada jeda beberapa menit hingga sejam, untuk menghindari hal yang tak baik pada tubuhnya.

3. Membiasakan anak membuat jadwal kegiatannya sendiri

Agar lebih disiplin lagi, mintalah anak membuat jadwal kegiatannya sehari-hari dan tekankan mereka agar menaati tentang apa yang sudah mereka tulis. Dengan begitu, anak sudah dididik terbiasa bertanggung-jawab. Selanjutnya orang tua hanya membimbing dan mendampingi, mengingatkan dirinya bila terlupa.

4. Mengajari anak membantu pekerjaan orang tua

Khusus ini, memang harus diajarkan sedari dini supaya anak tahu dan mengerti bagaimana kehidupan orang tuanya yang sesungguhnya. Bila Bunda berbisnis membuka usaha di rumah, anak dapat diminta membantu membungkus atau melabeli produk. Atau bila sedang memasak, meminta anak membeli minyak goreng atau garam ke warung sebelah.

Banyak yang bisa dilakukan, saat mengajari anak melakukan pekerjaan orang tuanya. Tidak anak lelaki atau perempuan, mengajari mereka demikian merupakan keharusan bagi semua orang tua di dunia.

5. Membiasakan anak menyelesaikan tugas sekolahnya sendiri

Setiap anak oleh gurunya pasti dibebankan akan tanggung-jawab menyelesaikan pekerjaan rumah, dan sebagai orang tua terkadang tidak tega bila melihat dirinya dalam kesulitan. Namun  Bunda harus ingat ya, membantunya mengerjakan berarti sama saja Bunda membuat dirinya tambah susah kelak, sebab terbiasa dengan orang lain. Bila tak ada orang tuanya, akhirnya menyontek teman. Justru semakin tidak bagus bukan?

6. Mengajari anak untuk berperilaku baik

Hal tersebut berhubungan dengan komunikasi antara orang tua dan anak. Saat itulah mereka diajari mengenai perilaku terpuji dalam bersosialisasi dengan orang lain. Kepada gurunya di sekolah, teman, saudara dan tetangga di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Tak ada yang bisa dibentuk secara instan. Bunda. Semua itu memang membutuhkan waktu lama. Oleh sebab itu perkenankanlah sedini mungkin, saat si anak mulai mengenal tata cara berbicara benar dan baik.

0 Response to "Cara Mendidik Anak Hidup Mandiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel