Cara Mengatasi Anak Susah Makan

tips supaya anak selera makan
Bunda, anak susah makan menjadi permasalahan tersendiri ya, Bun. Secara pada masa itu, ia banyak membutuhkan gizi penting untuk pertumbuhannya. Kekurangan akan hal itu bisa menyebabkan keterlambatan perkembangan fisik dan juga pangkal penyakit datang.

Cara mengatasinya pun terbilang gampang-gampang susah. Tapi Bunda jangan putus asa ya. Berikut adalah trik menyiasati.

1. Merencanakan menu makanan setiap hari

Malam hari sebelum tidur, luangkanlah waktu sejenak untuk menyiapkan menu di esok hari buat si kecil. Susun dan catatlah secara terperinci. Bila perlu, Bunda bisa menulis jadwal selama seminggu kemudian mengevaluasinya, mana yang membuat dirinya bernafsu makan dan tidak.

Bila sekiranya dia tidak begitu menyukai masakan tertentu, Bunda dapat menggantinya dengan yang lebih disenangi. Tapi satu hal yang harus diingat, Bunda tak harus melakukannya secara terus menerus, memberikan jenis makanan sama dalam satu minggu, walau ia sangat menyukai.

2. Libatkan dirinya ketika menyusun menu

Untuk menambah antusiasnya, tak ada salahnya Bunda melibatkan si kecil turut serta menyusun daftar menu makanannya. Bebaskan dirinya memilih sesuai yang dikehendaki, lalu minta dirinya  menghabiskannya nanti.

3. Beri kesempatan menyelesaikan makanannya 

Bunda yang baik hati dan bijak tentu akan mengajarkan anak-anaknya hidup mandiri bukan? Karenanya, sesekali berilah dia kesempatan untuk makan sendiri, jangan disuapi. Meski awalnya berantakan di meja, namun seiring berjalannya waktu mereka akan belajar cara makan yang rapi.

4. Pintarlah mengkreasikan  menu

Seorang ibu memang dituntut bisa memasak! Tuntutan tersebut tidak bisa ditawar oleh wanita manapun bila sudah berkeluarga dan memiliki keturunan. Sebab tak mungkin harus jajan di luar. Sekalipun mereka tidak menuntut Bunda memasak, karena kesibukan kerja, minimal sekali dalam seminggu, Bunda tetap harus terjun ke dapur, memasak menu favorit kesukaan suami dan anak-anak.

Nah, terkait dengan si kecil yang rewel makan Bunda dapat belajar mengkreasikan olahan makanan. Jika tidak tahu bisa membuka youtube atau internet. Di sana aneka ragam menu masak kuliner dapat dipelajari dengan mudah. Selanjutnya Bunda praktikkan sendiri di rumah.

5. Mengurangi jajan di luar

Jajanan anak yang sekarang banyak dijual di pasaran berpengaruh besar terhadap nasfu makan anak. Disadari atau tidak, memang itulah kenyataannya. Coba Bunda perhatikan, bila si kecil banyak jajan, nasi di rumah tidak tersentuh bukan? Sebab perut mereka sudah kenyang oleh camilan di luaran tadi.

Oleh sebab itu, aturlah saat secerdik mungkin supaya pikiran mereka tidak berfokus pada hal ini. Jangan beri uang lebih saat pergi ke sekolah. Lebih bagus jika Bunda mau memasakkan menu buat mereka sebagai ganti jajanannya.

6. Tetap berusaha memberikan makanan dan minuman sehat

Hindari jenis makanan serta minuman instan, banyak mengandung zat pewarna, pengawet serta pemanis buatan. Sesibuk apapun, sempatkan waktu menyediakan camilan sendiri di rumah dan sekali lagi jangan beri anak-anak uang jajan usai pulang sekolah.

Menghadapi anak yang susah makan perlu kesabaran, bukan dengan emosi Bunda. Semua memang butuh perjuangan panjang, merayu mereka sehingga mau menyentuh makanan. Seharusnya hal tersebut dimulai semenjak si kecil masih bayi, supaya kebiasaan makannya dapat terbentuk dengan baik setelah dewasa.

Ajari mereka pada masa itu, bukan ketika mereka sudah mengenal dunia luar seperti sekarang ini. Tapi meski demikian, jangan patah semangat ya. Jangan menyerah dan putus asa.

0 Response to "Cara Mengatasi Anak Susah Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel