Tips Melindungi Tubuh Bayi Saat Musim Dingin, Supaya Tidak Gampang Sakit

cara agar bayi tidak mudah sakit pada saat musim dingin
Karena fisik bayi tak sama dengan orang dewasa, maka perlu diperhatikan cara merawat yang benar. Tidak boleh gegabah ya, Bunda. Apalagi bila musim dingin seperti sekarang ini.

Kita ketahui bersama, musim peralihan semacam itu banyak kuman bersarang dalam tubuh, bila lalai menjaga kesehatan. Tidak hanya pada bayi saja, semua usia bisa terserang. Nah, khusus buat buah hati yang masih kecil, berikut tips yang dapat Bunda terapkan di rumah.

1. Menyediakan baju hangat dan selimut tebal

Entah berada di dalam rumah atau pada saat di luar, kebutuhan akan baju hangat dan selimut tebal hendaknya selalu siap sedia. Tidak boleh diabaikan. Karena tubuh bayi sangat rentan sekali terhinggapi penyakit. Oleh sebab itu berhati-hatilah.

2. Selalu kenakan minyak kayu putih dan minyak telon

Dua benda tersebut merupakan media terapi penghangat tubuh bayi dari serangan cuaca dingin luar. Menghindari perut kembung, mual hingga muntah. Kenakan selalu usai mandi atau pada saat suhu benar-benar terasa dingin.

Oleskan pada punggung, dada, telapak kaki serta pergelangan lengan. Pilih di titik-titik peredaran darahnya. Agar dirinya merasa nyaman selalu dan tak mudah rewel.

3. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat akan mengurangi hawa dingin yang tengah terjadi pada saat itu. Dan bukan itu saja, Bunda dapat selalu menyediakan kebutuhan air hangat bila diperlukan untuk dirinya. Misalnya untuk membersihkan tubuhnya usai bab, buang air kecil, atau pas secara tak sengaja badannya kotor.

4. Jangan terlalu sering dibawa keluar

Sebab masih bayi, usahakan Bunda tidak membawanya terlalu sering pergi keluar rumah. Terkecuali pada pagi hari, itupun dengan catatan si dia cukup mendapatkan sinar matahari demi perkembangannya. Andaikata terpaksa, seperti yang sudah ditulis pada poin pertama, sediakan selalu perlengkapan baju hangatnya. Saat berada di luaran, pakaikan selalu topi, sarung tangan dan kaki, supaya dia tidak merasa kedinginan.

5. Berikan ASI sekaligus makanan pendampingnya secara teratur dan tepat waktu

Satu hal yang harus Bunda pahami yaitu memberikan gizi yang cukup. Selama musim dingin masih menyerang, selama itu pula Bunda tetap harus mencurahkan perhatian lebih kepada dirinya. Terus berikan ASI dan makanan pendamping bagi dirinya, jangan lalai.

Kebutuhan gizi yang terpenuhi, bisa melindungi tubuhnya dari berbagai serangan penyakit yang datang. Karenanya, Bunda harus memperhatikan ini. Usahakan perutnya terisi makanan jangan sampai kosong sama sekali.

6. Menjaga kesehatan ibu

Tidak hanya bayi saja yang diperhatikan, tetapi bundanya sendiri juga jangan abai tak mengurus kesehatannya sendiri. Baik memberikan ASI ataupun tidak, harus selalu berada pada kondisi sehat dan baik, supaya tetap bisa merawat si kecil.

Bunda bisa mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang. Menghindari stres, mengatur aktiftas sehari-hari dengan baik agar tak gampang lelah, serta melakukan kegiatan olahraga teratur setiap harinya. Sehingga si bayi tetap sehat, dan orang tuamerasakan ketenangan dan kebahagiaan.

7. Tetap menjaga kebersihan lingkungan

Terakhir berhubungan dengan kebersihan lingkungan. Selalu bersihkan kamar tidur si bayi demikian juga area lain di sekitar rumah. Jangan sampai ada barang tergenang air.

Menguras bak mandi secara teratur. Membuka jendela di pagi hari agar sinar mentari dapat masuk, juga pergantian sirkulasi udara tetap terjadi dengan baik. Usahakan pula untuk selalu menjaga tubuhnya tidak digigit nyamuk.

0 Response to "Tips Melindungi Tubuh Bayi Saat Musim Dingin, Supaya Tidak Gampang Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel