Skip to main content

Tips Mengatasi Bayi Tersedak Waktu Makan

cara mengatasi bayi tersedak saat makan
Bunda, bayi tersedak saat diberi makanan, memang mencemaskan ya. Sebab bila salah penanganan, tak jarang bisa mengancam keselamatan si kecil. Karenanya Bunda perlu berhati-hati mengatasinya.
Bayi mengalami hal demikian adalah hal yang wajar. Pahami trik dan langkah praktis pencegahan dan penanganannya seperti berikut ini :

1. Pertolongan ketika bayi masih tersadar

Tenang, jangan panik! Hal tersebut seharusnya Bunda lakukan saat mendapati si kecil mengalami hal demikian. Seharusnya sedari awal menyuapi, Bunda sudah mulai menaruh curiga, ketika dirinya secara tiba-tiba diam tak mengunyah. Tidak ada batuk, tapi masih tersadar.

Bisa jadi ada yang tengah menyumbat kerongkongannya, sehingga kesulitan bernapas hingga mengunyah makanan. Cara terbaik, tentu dengan mengeluarkan semua makanan yang telah masuk ke dalam mulutnya.

Adapun langkahnya adalah :

Langkah pertama :

  • Segera gendong bayi dengan posisi salah satu lengan tangan mengapit tubuhnya. Gunakan ibu jari untuk menekan rahangnya. Tapi usahakan pula agar kepalanya berada di arah paha Bunda, dengan posisi kepala lebih rendah dari paha.
  • Arahkan telapak tangan tumit Bunda ke arah tulang belikatnya, lalu secara perlahan-lahan dan lembut tepuk-tepuklah, supaya apa yang membuatnya tersedak dapat keluar. Namun juga, tetap usahakan rahangnya tetap dipegang cukup kuat.
  • Selanjutnya, kembalikan badannya dengan hati-hati ke posisi semula, memakai tangan sembari tetap melakukan tepukan.

Langkah kedua :

  • Gunakan ibu jari dan jari lainnya untuk menahan rahang si kecil, sembari mengapit badannya di antara lengan. Usahakan posisi sama seperti sebelumnya, akan tetapi yang kedua posisi si kecil menghadap Bunda.
  • Tempatkan bantalan sejauh 2-3 jari dari dada si kecil. Kemudian lakukan dorongan kecil ke bagian bawah dadanya sekitar 1.5 lalu kembalikan ke posisi semula. Kerjakan sebanyak 5 kali, tapi tetap usahakan pelan dan halus.
  • Usahakan pula, jari Bunda tak ada kontak dengan dada si kecil.

Selanjutnya kerjakan semua itu sebanyak 5 kali, hingga apa yang menyumbat bisa teratasi. Biarkan ia menangis atau terbatuk. Agar dirinya merasa lebih nyaman.

2. Pertolongan ketika bayi sudah tak tersadar

Ini mungkin sangat serius. Namun bila Bunda masih ingin menanganinya sendiri, berikut caranya :

  • Buka mulut si kecil. Bila menemukan sesuatu segera singkirkan
  • Beri napas buatan sebanyak 2 kali. Jika tak ada reaksi, miringkan kepalanya dan beri lagi napas buatan sebanyak 2 kali lagi.
  • Bila masih belum ada reaksi, tekan dadanya sebanyak 30 kali
  • Cek lagi mulutnya, dan beri napas buatan sebanyak 2 kali, lalu kompresi dada (menekan) seperti sebelumnya.

Walau demikian bila jenis kedua tersebut penangannya telah dicoba dan masih tak ada reaksi, maka jangan mengambil risiko lebih banyak lagi, ya Bunda. Segera bawa ke rumah sakit terdekat. Sebelum melakukan metode kedua ini, ada baiknya Bunda perlu latihan dengan benar.

Baca juga: Larangan Panggilan Untuk Anak Angkat Menurut Islam

Sebab jika Bunda sedikit saja melakukan kesalahan penanganan saat bayi tak tersadar, akan berakibat fatal. Bila merasa ketakutan, sebaiknya langsung dibawa ke tenaga medis secepatnya. Jangan gegabah mempratikkan, kalau merasa belum paham secara jelas.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat dan membantu Bunda di rumah.  Sekali lagi, tetap berhati-hati ya Bunda, saat memberi makan si kecil. Perhatikan posisi tubuhnya, agar hal buruk seperti tersedak tidak pernah dialami.

Sumber :
https://id.theasianparrent.com/pertolongan-pertama-mengatasi-bayi-tersedak/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar