Skip to main content

2 Cara Membuat Postingan Blog Tidak Bisa Di Copy Dengan Mudah

ikuti 2 cara ini, agar postingan blog tidak bisa di copy
BacaNulis.Com - Membuat postingan blog memang tidaklah mudah. Perlu pemikiran yang keras dan tekun dalam mempelajari hal-hal yang baru untuk menyajikan konten yang baik, menarik dan bermanfaat. Kerja di depan laptop/PC bukan berarti tidak capek dan penat. Lebih terasa lebih cepat lelah ketimbang kerja pakai otot. Begitu beratnya membuat postingan blog ini, tiba-tiba ada seenaknya melakukan copy, kemudian meletakkan di blognya, bahkan tanpa mencantumkan link sumber. Yang parahnya lagi jika yang copy menandingi postingan yang asli. Ini rasanya makin kesal, dan langsung su'uzon terhadap google yang tidak mampu melihat postingan mana yang asli dan yang mana copy. Terkadang dengan tools copy bisa membuat tanggal dan tahun lebih lama dari yang aslinya. Ini yang bisa dikira oleh mesin google, bahwa yang copy menjadi yang aslinya. Tapi tetap percaya bahwa google amatlah cerdas, namun tidak salahnya juga tetap berusaha.

Nah, bagi yang ini supaya postingan blognya anti copy. Dapat menggunakan cara berikut ini untuk menangkis dari orang-orang yang kurang ajar malasnya.

1. Cara yang pertama

Untuk blog jenis ini, postingan blog bisa di proteksi semuanya. Seluruh postingan blog tidak bisa di copy. 
Berikut caranya untuk blog non tutorial:
#1. masuk ke dashboard blog, arahkan ke Tema, lalu klik Edit HTML
#2. cari ]]></b:skin> di template, 
#3. lalu copykan kode di bawah ini di atas kode ]]></b:skin> 
body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}
#4. Simpan
Untuk langkah diatas bisa dicoba, sekiranya postingan sudah tidak bisa di copy, berarti sudah berhasil. Tapi tentu tidak efektif karena seluruh postingan tidak bisa di copy bagi blog tutorial. Tidaklah mungkin penerapan kode script CSS ini harus diketik ulang bagi orang lain untuk menerapkannya, sungguh merepotkan tentunya. 

Oleh karenayna bisa dilanjut untuk mengaktifkan Qoute, sehingga sebagi postingan yang diseleksi dengan qoute bisa dibagikan atau dicopy (lihat tombol dengan simbol ", itulah qoute).

Berikut caranya untuk blog tutorial:
Ini merupakan lanjutan cara diatas, untuk membuat sebagian postingan bisa di copy dengan seleksi qoute.
#1. Carilah kode Tag Html untuk struktur postingan blog, baik ID dan Classnya. Contohnya tag id postingan <div id='post'.....sedangkan nama id untuk qoute postingan <div class='my-qoute'.
#2. Silahkan cari tag html postingan blog di template; id='post'
Sebagai ilustrasinya misalnya pada template blog sebagai berikut:
#post{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}
Maka untuk mengaktifkan qoutenya, silahkah ganti #post menjadi #post.my-qoute, dan hasilnya sebagai berikut:
#post .my-quote{display:block;
-khtml-user-select:text;
-webkit-user-select:text;
-moz-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-o-user-select:text;
user-select:text;
unselectable:off;}
#3. Simpan 
Cek hasilnya dan buat postingan dengan menggunakan qoute. Jika bisa di copy pada bagian yang di seleksi qoute, maka penerapannya sudah berhasil.

Cara diatas merupakan cara pertama dan cukup mudah dalam menerapkannya. Berikutnya coba cara yang lain, yang akan di paparkan di bawa ini:


2. Cara yang ke dua

Bagi blog yang bukan dalam jenis tutorial, silahkan ikuti langkah ini saja.
- Blog non tutorial:
#1. Masuk ke blogger - Tema - dan klik Edit HTML, lalu cari kode .post-body
#2. Letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode .post-body
.post-body{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;-o-user-select:none;user-select:none}
#3. Simpan
Jika berhasil maka seluruh postingan blog tidak bisa di copy.

Bagi yang blognya berjenis tutorial tentu ada bagian yang ingin dibagi, sehingga perlu membiarkan "qoute/blockqoute" tetap aktif supaya bisa di copy.
- Blog tutorial:
#1. Pada template di Edit HTML, carilah kode .blockqoute atau .post-blocqoute
#2. Selanjutnya masukan kode di bawah ini tepat di bawah kode .blockqoute atau .post-blocqoute
blockquote,.blockquote,pre,code,i{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;-o-user-select:text;user-select:text}
#3. Simpan


Dua cara diatas merupakan cara membuat postingan blog tidak bisa di copy dengan mudah. Bisa gunakan cara pertama atau yang ke dua. Sebenarnya masih ada cara lain dengan menggunakan Javascript, tapi BacaNulis.Com tidak mencantumkan disini dengan pertimbangan bila diterapkan bisa membuat loading blog semakin lambat atau berpengaruh pada kecepatan loading blog. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar