5 Langkah Sukses Kampanye Di Adwords

5 Langkah Sukses Kampanye Di Adwords

5 Langkah Sukses Kampanye Di Adwords

BacaNulis.Com - Adwords merupakan salah satu program dari google, dimana orang-orang bisa berkampanye di internet dalam rangka menjual produk, meningkatkan kunjungan web/blog, promosi, dan lain sebagainya. Pengunjung internet saat ini sungguh luar biasa besar jumlahnya. Ini menjadi incaran bagi para pengiklan layaknya mereka juga memasang iklan banner di pinggir jalan, simpang empat lampu merah, jalan masuk kota, dan parkiran. Berkampanye di adwords memiliki banyak keunggulan, sehingga kampanye yang dilakukan akan tepat sasaran. Pengunjung bisa ditargetkan dengan tepat, sehingga kampanye dengan budget yang dikeluarkan bisa sukses.

Namun, dalam berkampanye juga tidak boleh asal-asalan yang akan menghaburkan uang tanpa hasil yang memuaskan. Sehingga perlu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk sukses berkampanye di adwords tersebut. Apalagi bagi pemula yang baru terjun dalam dunia periklanan, kurangnya pengalaman dan pengetahuan yang didapat hanya kerugian saja.
kiat sukses kampenya di adwords
Berikut ini 5 langkah sukses kampanye di adwords yang perlu dilakukan;

1. Menentukan Produk

Jika sudah punya produk sendiri, sebaiknya bergabung dengan jaringan afiliasi pihak ke 3. Misalnya saja shopee, bukalapak, lazada, tokopedia, dan elevenia. Dengan begitu, produk yang anda tampilkan akan lebih dipercayai dan akan lebih mudah dalam urusan transaksinya. Dengan memasukkan produk di sana, jaringan ini juga memiliki banyak member yang dengan mudah menemukan produk Anda.

Produk yang Anda kampanyekan haruslah yang mempunyai peminat yang banyak. Sehingga biaya kampanye yang dikeluarkan akan tertutupi dari hasil penjualannya. Jikapun belum, maka setidaknya dengan berkampanye produk Anda banyak dikunjungi. Ini membuat produk yang Anda kampanyekan lebih mudah bersaing dalam mesin pencarian google.

2. Kata Kunci yang Tepat

Kampanye di adwords, iklan akan ditampilkan pada mesin pencarian google dan juga mitra google. Pada mesin pencarian sangat ditentukan oleh kata kunci, sehingga saat berkampanye pemakaian kata kunci haruslah tepat sasaran. Pengiklan berjumlah sangatlah besar, persaingan diantara pengiklan untuk mendapatkan kunjungan yang berkualitas menjadi sebuah target kesuksesan.

Dengan kata kunci, para pengunjung melalui mesin pencarian akan menemukan produk Anda. Jika mereka masuk ke iklan Anda, dan sesuai dengan apa yang mereka ingin cari, maka kesusksesan besar dihadapan Anda. Namun, jika kata kunci yang digunakan tidak tepat maka kerugian yang didapat.

Ingin menjual sebuah produk. Tujuan kampanyenya agar pengunjung membeli, bukan melihat. Misalnya saja menjual sepatu, Anda bisa membuat kata kunci dengan 'jual sepatu dibawah 100 ribu'. Ini contoh kata kunci yang pengunjung sudah paham, bahwa beli sepatu soal harga, jika sebuah kampanye terlihat menawarkan harga maka kemungkinan pada saat melihat produk, Ia sudah persiapkan uangnya. Tinggal saja Ia perlu melihat produk sepatu jenis apa yang cocok baginya. Beda jika misalnya kata kuncinya 'jual sepatu murah', kata kunci ini membuat orang tertarik untuk mengunjunginya, akan tetapi belum tentu berniat untuk membelinya.

3. Deskripsi Produk

Sebuah kata-kata tentu memiliki sugesti terhadap pembacanya. Sehingga, perlu deskripsi terhadap produk dituliskan dengan baik. Pengunjung yang membaca akan mendapatkan informasi yang jelas terhadap produk yang dijual. Bahasa yang dituliskan juga jangan sampai membingungkan pembacanya atau membuat deskripsi sebuah produk yang menjebak.

4. Strategi Atur Budget Kampanye

Jika Anda memiliki anggaran kecil, jaga agar tawaran Anda tetap rendah antara 10 dan 25 sen per klik. Tawar sebanyak mungkin kata kunci. Jangan terlibat dalam perang penawaran dengan pesaing Anda untuk posisi pertama atau peringkat apa pun. Cari tahu berapa nilai pengunjung bagi Anda. Jika Anda memiliki 4 penjualan untuk setiap 100 pengunjung dan Anda menghasilkan $ 20 per penjualan, seorang pengunjung akan bernilai $ 0,80.

Apabila hanya memiliki budget yang sedikit, maka perlu membuat strategi penawaran yang tepat. Pilihlah harga klik terendah, misalnya 500-1000 rupiah saja. Jangan melakukan penawaran yang tinggi dengan melawan pesaing dengan posisi pertama. Telusuri nilai dari pengunjung Anda. Bila diperhitungkan setiap 1.000 pengunjung ada terjadi 4 penjualan dengan penghasilan 50 ribu per penjualan, maka seorang pengunjung mempunyai nilai sebesar Rp. 200,-

Berikut inilah caranya dalam menghitung nilai daripada pengunjung tersebut: 4 x 50.000,- / 1.000. Sesudah mengetahui nilai dari seorang pengunjung, maka akan diketahui berapa seharusnya tawaran maksimun yang harus Anda lakukan. Untuk mendapatkan ROI yang bagus, janganlah pernah menawar lebih dari setengah dari nilai pengunjung. Sebagai contohnya menggunakan data di atas, pengunjung bernilai 200 rupiah, sehingga Anda bisa menggunakan tawaran 100 rupiah, untuk menghasilkan ROI 200%, Namun jangan lakukan hal tersebut sampai di bawah 100 rupiah.

5. Lakukan pengujian dan pelacakan


Lakukan pengujian terhadap kampanye. Simpan iklan dengan pengujian terbaik dan lakukan edit atau tulis ulang jika perlu dilakukan untuk memperoleh hasil maksimal. Memang lebih gunakan 2 kampanye dalam satu produk, ini akan membuat Anda lebih bisa melihat kampanye mana yang lebih  efektif. Lihatlah statistik pada adwords untuk mencatat iklan yang berkinerja terbaik. Hal ini akan mengajarkan kepada Anda untuk melihat iklan yang paling cocok untuk produk Anda. Anda juga bisa merubah halaman dan uji coba lacak di mesin pencarian.

Google mempunyai alat konversi dalam membantu melacak sasaran tertentu seperti ROI dan klik, melalui tautan link situs Anda. Google juga mempunyai alat lacak lalu lintas yaitu Google Analytics yang luar biasa untuk menempatkan target apakah sudah sesuai atau tidak, ROI-nya, kata kunci dan lain sebagainya. Dan tentunya penggunaannya gratis.
Buka Komentar