Beda Anak Zaman Milenial (Zaman Now) Dengan Zaman Old

Beda Anak Zaman Milenial (Zaman Now) Dengan Zaman Old

Beda Anak Zaman Milenial (Zaman Now) Dengan Zaman Old

BacaNulis.Com - Berkenaan dengan zaman memang setiap zaman punya ceritanya tersendiri. Banyak yang sudah dewasa hari ini, mengingat zaman anak-anaknya begitu terharu. Rasa senang bermain dengan kawan-kawan kecilnya dan permainnya pun ala kadarnya. Tidak muluk-muluk harus menggunakan biaya untuk membuat sebuah permainan yang mengaksyikan di waktu itu. Permainan zaman old itu bila diingat kembali memang berasa ingin kembali merasakannya lagi. Teman-teman yang ada di sekeliling menjadi pendidikan sosial dengan berbagai permainan-permainan yang dibuat untuk saling bekerja sama.

Berbeda bila ditanya dengan anak zaman milenial hari ini yang mereka tidak merasakan seperti yang dialami oleh orang-orang yang hidup di zaman old. Sering orang yang hidup zaman old membandingkan zaman anak-anaknya dengan zaman now. Ia mengatakan "zaman kami lebih menyenangkan walau dengan permainan yang dianggap kuno oleh anak zaman now". Memang tidak bisa dibandingkan karena sudah beda zaman. Mana yang lebih menyenangkan tergantung kepada yang menjalaninya.

Berikut ini beda anak zaman milenial (zaman now) dengan zaman old, yang diambil dari berbagai pengalaman;

1. Bentuk-bentuk permainan
beda anak zaman milenial (now) dengan zaman old
Di zaman old, permainan mengharuskan beramai-ramai atau bekerjasama. Kerjasama dalam permainan tersebut bisa melibatkan banyak orang, sehingga setiap anak bisa masuk kedalam permainan tersebut. Permainan yang disebut konvensional ini, tidak hanya mengasah otak tetapi juga melatih fisik. Karena perlunya kerjasama dalam bermain, hal ini menjadi sebuah pendidikan bagi anak bagaimana Ia bersosial dengan anak-anak yang lain

Di zaman milenial ini permainan begitu canggih. Dengan perkembangan teknologi, berbagai permainan dimasukkan ke dalam gadget. Anak-anak bermain dengan segala permainan dunia maya yang juga bisa mengasah otaknya. Tetapi juga justru nyaris tidak melatih fisiknya. Permainan yang ada tidak perlu ada teman yang dilibatkan. Jikapun ada sebuah kerjasama dalam sebuah permainan, itupun orang-orang yang jauh, yang bahkan tidak pernah bertemu.

2. Aktivitas Bermain

Para orang tua, khusus ibu di zaman old selalu menggunakan ketajaman matanya untuk mengawasi anaknya agar tidak kabur dari rumah untuk bermain dengan teman-temannya. Tidak jarang ada ibu teriak-teriak memanggil adanya supaya pulang. Sering terlihat anak-anak yang dijewer kupingnya sambil berjalan pulang. Seorang ibu sering susah cari kesana kemari untuk menemukan anakny, karena keberadaannya di luar rumah. Itulah masa pada zaman old, yang anak-anak diseret-seret untuk pulang.

Loh, beda sih dengan anak zaman now. Dengan permainan canggih mereka tidak perlu keluar rumah. Bahkan bisa seharian online atau offline dengan setia smartphonenya di tangan. Banyak juga bila ditanya ibu-ibu bahwa mereka juga risih dengan aktivitas anak didalam rumah hanya dengan memegangi gadgetnya saja. Rasanya ingin tarik anak agar keluar rumah untuk bermain. Mencari anak juga cukup mudah bagi seorang ibu zaman now, langsung saja ke tkp warnet terdekat atau PS.

3. Sikap kepada yang lebih tua

Anak zaman old, walau bandel tapi tetap sangat menghormati orang yang lebih tua. Apalagi orang tuanya, ayah dan mamak. Walau anak punya panggilan bringas yang digelar oleh teman-temannya, tapi ciut bila sudah berhadapan dengan ayahnya. Rasa hormat masih tumbuh dengan baik waktu itu. Ketika orang tua di depan naik sepeda saja, anak-anak yang dibelakang segan untuk mendahuluinya. Sikap ini menunjukkan sebuah penghormatan terhadap orang yang lebih tua.

Bagi anak-anak milenial orang tua sudah dianggap sebagai sahabat. Jadi perlakuannya juga berbeda dan tidak perlu disamakan dengan old. Sebab memang mereka tidak hidup di zaman orang tuanya masih anak-anak. Oleh karena itu sebagai orang tua harus benar-benar memahami zaman anaknya hidup. Maka didiklah anak sesuai dengan zamannya.

4. Teknologi yang ada

Tentu teknologi yang ada sangatlah berbeda zaman old dengan now. Sifat teknologi terus berkembang, dan perkembangannya tidak bisa dilawan, yang ada menjadi sahabat dalam kehidupan. Zaman milenial berbagai informasi dan sumber ilmu bisa didapat dengan akses yang cepat. Terhubung dengan koneksi internet setiap anak bisa mencari apa yang ia ingin tahu. Beda tentu dengan zaman anak old, yang guru dan buku menjadi sumber ilmunya.

5. Makanan

Makanan yang dijadikan di zaman old lebih alami. Di ambil dari kebun, misalnya ubi kayu, pisang yang menjadi jajanan pada zaman itu. Jika dibandingkan dengan zaman now, makanan lebih banyak siap saji atau makanan instan, yang banyak mengandung bahan kimia.

Baca juga: Cara Menabung Dengan Cepat Dan Benar Bagi Kaum Milenial

Inilah beberapa perbedaan yang secara umum ada di zaman old dan now. Yang jelas jangan selalu membanding-banding antar zaman. Akan tetapi lebih menjadi sebuah pelajaran yang bisa diceritakan kepada generasi berikutnya.
Buka Komentar