Cara Membuat Bisnis Jasa Antar Dan Pengiriman Barang Dengan Aplikasi Tanpa Modal

Cara Membuat Bisnis Jasa Antar Dan Pengiriman Barang Dengan Aplikasi Tanpa Modal

Cara Membuat Bisnis Jasa Antar Dan Pengiriman Barang Dengan Aplikasi Tanpa Modal

cara membuat bisnis jasa antar dan pengiriman barang dengan aplikasi tanpa modal
BacaNulis.Com - Membuat jasa antar atau pengiriman barang saat ini sudah sangat menjamur, apalagi yang berada di persekitaran kota. Menjadi lahan baru dengan meningkatnya kebutuhan transaksi secara online. Banyak saat ini transaksi online yang dilakukan, sehingga jasa yang dibutuhkan terkait antar barang juga meningkat. Tidak hanya barang, antar jemput orang juga semakin meningkat, sebab sudah beralih kepada aplikasi. Pemesanan jasa transportasi ini sangat diminati karena banyak sekali keunggulan dan keuntungan yang berbeda bila dibandingkan dengan yang offline (konvensional).

Bagi yang berniat untuk membuka bisnis ini menjadi kesempatan yang bisa diambil, bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Hari ini teknologi bisa dimanfaatkan, tinggal seberapa besar usaha yang dilakukan, maka bisnis inipun akan berjalan. Berikut ini pemaparan cara membuat bisnis jasa antar dan pengiriman barang dengan aplikasi tanpa modal:

1. Membangun komunitas

Sebelum memulainya, perlu terlebih dahulu untuk membangun sebuah komunitas. Tentu banyak teman-teman yang bisa diundang di dalam grup komunitas Anda. Bisa teman sekolah, kuliah, kerja dan juga teman sekampung. Dengan adanya sebuah komunitas tersebut bisa menjadi sebuah modal awal menjalankan bisnis jasa antar dan pengiriman barang.

Untuk memulai bisnis ini bisa dilakukan sendiri, namun akan lebih baik jika membuat tim. Dengan sebuah tim, usaha seperti ini akan lebih cepat berkembang. Ketika ada sebuah kendala juga akan saling menguatkan. Dan juga dalam pengumpulan orang-orang ke dalam grup juga akan lebih cepat dan banyak.

2. Membuat sebuah brand

Rencanakan brand bisnis yang akan dibuat. Akan lebih menarik jika menggambarkan tema dari daerah atau kota Anda. Dalam bisnis tanpa modal ini jangan berangan-angan dulu bahwa bisnis ini akan berkembang ke daerah lain kemudian men-nasional. Ingatlah bahwa bisnis ini memiliki pesaing dunia yang memiliki aplikasi canggih, seperti Go-jek, Grab, dll. Sehingga fokus saja untuk membuat brand secara lokal dan buatlah masyarakat terpengaruh terhadap brand tersebut yang mencitrakan keaslian bisnis lokal.

Brand lokal akan menarik perhatian yang lebih kuat karena ada tarikan ikatan daerah yang mengalir pada brand tersebut. Walau perlu juga bersaing dengan bisnis sejenis, agar tidak kalah terkhusus dalam segi harga dan pelayanan.

3. Gunakan aplikasi gratisan

Untuk membuat sebuah aplikasi jasa antar dan pengiriman barang perlu modal yang besar. Semakin besar modalnya, tentu aplikasi yang dihasilkan akan semakin memuaskan. Pada bisnis ini jasa antar atau pengiriman barang erat kaitannya dengan jarak dan harga. Jarak menjadi sebuah penentu berapa harga yang harus dibayarkan. Nah, jadi perlu sebuah aplikasi yang menyediakan sharing keberadaan tempat antar jemputnya. Dalam hal ini bisa gunakan yang gratisan, bisa Whatsapp dan juga Telegram atau aplikasi sejenis.

Baca juga: Inilah Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda atau tim Anda sudah bisa memulai bisnis jasa antar dan pengiriman barang. Jasa orderan antar atau jemput orang, dengan aplikasi ini akan mempermudah order yang didalamnya sudah difasilitasi fitur chattingnya dan bagi lokasi. Dengan begitu harga dapat ditentukan dari titik lokasi yang dibagikan dengan jarang driver yang tersedia.

4. Driver Flexible

Bisnis ini menjadikan Anda atau tim sebagai pihak ke 3 antara pemesan dengan driver. Sehingga Anda atau tim tidak perlu harus menyediakan kendaran yang perlu mengeluarkan modal. Cari saja driver flexible atau supir sampingan yang punya kendaraan standart. Bagi driver konvensional ini menjadi kesempatan juga untuk menambah penghasilan. Para driver hanya menunggu arahan dari tim bila ada yang order, sebelum ada orderan aktivitasnya sebagai driver konvensional tetap berjalan. Sehingga akan sama-sama menguntung, dari pihak bisnis ini akan memperoleh untuk dari potongan jasa yang diberikan pemesan dan bagi driver, diuntungkan dengan bertambahnya pesanan.

5. Mencari pemodal

Langkah ke 5 ini tentu sebagai upaya pengembangan bisnis dan juga persaingan terhadap lawan dengan bisnis sejenis. Dengan adanya pemodal yang tertarik dengan bisnis Anda, maka bisnis ini pun akan semakin cepat berkembang. Akan ada banyak promo-promo yang diberikan kepada pelanggan. Dengan begitu, orderan akan semakin meningkat.

Baca juga: 5 Mental Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

6. Gandeng orang berpengaruh

Tawarkan bisnis ini kepada pejabat daerah yang bisa membantu atau orang yang punya pengaruh (ketua organisasi). Sehingga bisa mengupayakan bisnis Anda ini menjadi kuat dan menyebar. Orang berpengaruh ini tentu punya kekuatan untuk menarik orang-orang agar menggunakan jasa yang ada di bisnis ini.
Buka Komentar