Cara Menghapus Komentar Disqus Di Kompi Flexible

Cara Menghapus Komentar Disqus Di Kompi Flexible

Cara Menghapus Komentar Disqus Di Kompi Flexible

menghapus kolom komentar disqus di kompi flexible
BacaNulis.Com -  Tidak dipungkiri bahwa speed loading sebuah template akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung. Loading sebuah web/blog salah satunya adalah template apa yang digunakan. Membuat pengunjung merasa nyaman dan cepat memperoleh informasi yang ada di blog, akan lebih baik ketimbang blog yang loading nya sangat berat. Dalam beberapa studi penggunaan template yang ringan dan friendly lebih cepat mendatangkan pengunjung.

Banyak faktor yang menyebabkan loading blog menjadi berat. Iklan yang dipasang di blog pun bisa menjadi penyebabnya, komentar juga bisa melambatkan loading blog, dan lainnya. Sehingga perlu pemilik blog memperhatikan mana yang harus ditampilkan di blog dan mana yang tidak, jika cuman buat loading berat saja, lebih baik di buang atau di hapus.

Terkait dengan kolom komentar, ada pernyataan yang menarik dari Timon Adiyoso (pemilik blog mastimon). Ia mengatakan bahwa pada kolom komentar itu banyak yang meninggalkan link atau istilahnya guest link yang tidak relevan dengan isi konten blog, dan bahkan dengan jumlah yang banyak. Timon mengatakan; ini bisa dianggap spam dan akan menurunkan rating sebuah blog. Selain dari itu juga, dengan adanya kolom komentar ini loading blog semakin lambat. Apalagi yang menggunakan disqus.

Pada facebooknya, Timon Adiyoso menerangkan bahwa Ia menghapus kolom komentar disqus miliknya. Kemudian, langsung BacaNulis.Com mengecek ke blog beliau dan ternyata memang benar kolom komentarnya sudah hilang.

Kebetulan blog BacaNulis.Com menggunakan template yang sama dengan Mastimon. Sehingga perlu sharing untuk urusan yang baik terkait blog. Timon Adoyoso menyatakan juga setelah Ia menghapus kolom komentar di blognya, ada peningkatan kecepatan loading 20 %.

Walau cara beliau dengan menghapus kolom komentar menjadi pro dan kontra di komentar-komentar facebooknya. Tapi bila dipikir-pikir memang benar ada baiknya jika kolom komentar blog dihapus. Kebanyakan orang menaruh link disana, berkomentar pendek saja, dan bahkan banyak komntar yang tidak relevan dengan isi konten blog. Dan tidak hanya itu, bila pengunjung tidak suka, Iapun akan meninggalkan komentar yang negatif.

Kembali pada pro dan kontra masing-masing terhadap kolom komentar ini, yang jelas Timon Adiyoso punya banyak pengalaman. Dan begitu pula yang kontra, juga tentu punya banyak pengalaman. Tapi yang pasti memang dengan menghapus kolom komentar, maka kecepatan blog akan naik.

Pada bahasan berikut ini adalah cara menghapus komentar disqus di kompi flexible. Bagi yang menggunakan template yang sama, silahkan dipraktikan cara menghapus kolom komentar ini jika memang lebih baik untuk blog Anda.

Baca juga: Cara Memasang Kotak Komentar Disqus di Blogger

1. Silahkan masuk ke akun Blog.
2. Lalu ke Tema - Edit HTML
3. Agar lebih mudah pada pencarian atau klik CTRL + F, ketikan "komentar"
4. berikut ini adalah kode yang dihapus;
<style>
.buka-komen,.tutup-komen{font-family:inherit;background-color:#129044;color:#fff;font-size:16px;line-height:1.3em;padding:8px 10px;text-align:center;font-weight:700;-webkit-border-radius:2px;-moz-border-radius:2px;border-radius:2px;-webkit-transition:all 218ms;-moz-transition:all 218ms;-o-transition:all 218ms;transition:all 218ms;-webkit-user-select:none;-moz-user-select:none;margin:20px 0 0;cursor:pointer;}
.buka-komen{display:block;margin-bottom:20px}
#comments-box{display:none}
</style>
<div aria-label='Buka Komentar' class='buka-komen' id='buka-komen' onclick='document.getElementById(&quot;comments-box&quot;).style.display=&quot;block&quot;;document.getElementById(&quot;tutup-komen&quot;).style.display=&quot;block&quot;;document.getElementById(&quot;buka-komen&quot;).style.display=&quot;none&quot;' role='button' tabindex='0'>Buka Komentar</div>
<div aria-label='Tutup Komentar' class='tutup-komen' hidden='hidden' id='tutup-komen' onclick='document.getElementById(&quot;comments-box&quot;).style.display=&quot;none&quot;;document.getElementById(&quot;tutup-komen&quot;).style.display=&quot;none&quot;;document.getElementById(&quot;buka-komen&quot;).style.display=&quot;block&quot;' role='button' tabindex='0'>Tutup Komentar</div>
</b:if>
<div id='comments-box'>
        <b:include cond='data:blog.pageType in {&quot;static_page&quot;,&quot;item&quot;}' data='post' name='comments'/>
          </div>      
Lihat juga gambar di bawah ini:
5. Kemudian Simpan

Baca juga: Pasang Aplikasi DISQUS yang terlanjur salah pilih "I want to comment on sites"

Sebelumnya backup dulu sebagai jaga-jaga jika nantinya bermasalah atau ingin mengembalikan seperti semula akan lebih gampang.
Buka Komentar