Skip to main content

Fakta Atau Mitos! Kombinasi Durian dengan Kopi Menyebabkan Kematian

inilah penjelasan kombinasi buah durian dengan kopi menyebabkan kematian, fakta atau mitos!
Buah durian memang buah dengan rasa yang nikmat untuk disantap. Jenis buah ini memang sangat menggoda untuk dimakan, bahkan dari aromanya saja bisa membuat rangsangan yang mengirupnya ngiler ingin memakannya. Buahnya memiliki daging dengan tekstur yang lembut dan lumer di dalam mulut. Rasanya juga manis tanpa membuat lidah bosan. Dan yang uniknya dari buah ini, memiliki kulit yang keras sebagai pelindung dari buah yang akan dimakan. Ini semakin menjadi menambah kesempurnaan buah ini.

Harganya yang dalam kategori mahal dalam kelas buah. Tapi, harga yang mahal tidak terasa sebab rasanya yang nikmat. Menikmati buah durian ini seperti buah yang spesial, yang biasanya tidak dikonsumsi setiap hari, melainkan pada hari tertentu saja.

Walau rasanya nikmat, tapi banyak orang yang cukup hati-hati sekali untuk mengkonsumsinya. Banyak cerita kejadian sakit sampai kematian yang dialami seseorang setelah makan buah durian. Apalagi jika dikombinasikan dengan dengan minuman-minuman tertentu.

Ada sebuah kejadian yang disebarkan melalui media sosial bahwa ada seorang laki-laki yang berumur 26 tahun, yang berasal dari Sulawesi tengah meninggal usai mengkonsumsi durian bersamaan dengan kopi. Hal ini memperkuat dugaan bahawa kompinasi durian dengan kopi sangat berbahaya, bahkan bisa meninggal dunia.

Apakah memang benar begitu? kombinasi durian dengan kopi menyebabkan kematian, itu fakta atau mitos belaka?. 

Memang di dalam dunia kesehatan buah durian termasuk ke dalam buah yang berbahaya. Apalagi orang yang punya riwayat kolesterol tinggi, diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, dan gangguan pada pencernaan lambung.

Berikut ini BacaNulis.Com mengutip pendapat dari seorang ahli misalnya, yang bernama Inghe Permadhi seoang dokter gizi, menyatakan makan buah durian lalu minum kopi tidaklah berbahaya. Akan tetapi ditegaskannya bahwa itu berlaku bagi orang yang sehat. Jika seseorang punya riwayat penyakit atau sedang sakit yang tidak disarankan dokter memakan buah durian, maka ini kondisi yang berbahaya baginya jika mengkonsumsi durian, apalagi ditambah dengan minuman bersoda dan berkafein.

Jadi menurut pakar mengkombinasikan antara buah durian dengan kopi cukup aman. Bila ada kejadian buruk pada tubuhnya, mungkin bisa diperkirakan bahwa tubuhnya memang dalam kondisi yang sakit. Terjadi serangan jantung atau kematian yang disebabkan oleh durian dan kopi itu hanyalah sebuah mitos belaka.

Namun, walau dianggap aman dalam mengkonsumsinya tetap saja harus hati-hati. Jika perlu setelah makan durian atau kopi lakukan pengecekan jantung atau lainnya. Dan bila jantung berdebar kencang saat mengkonsumsinya segera hentingan saja. 

Untuk memperkuat bahwa kombinasi buah durian dengan kopi bisa menyebabkan kematian adalah mitos. Seorang Profesor yang bernama Ahmad Sulaeman dari IPB menyebutkan buah durian merupakan sumber gizi, vitamin C dan memiliki serat yang bagus untuk kesehatan. Namun cukup disayangkan ditengah masyarakat buah durian dianggap bisa memicu datangnya hipertensi atau kolesterol. Itu bukanlah fakta, tapi sangat dianjurkan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Para pakar kesehatan menganjurkan cukup 3 biji saja jumlah durian bisa dikonsumsi setiap harinya.


Ingat sekali lagi! bahwa membatasi makan buah durian itu penting, untuk menjaga kesehatan. Sebab durian juga memiliki kadar kalori dan lemak yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka akan meningkatkan lemak di dalam tubuh, yang menyebabkan kegemukan. Jadi cukup sekali-kali sajalah, untuk menghilangkan rasa kepingin untuk memakannya. Apalagi juga harga cukup menguras kantong jika dikonsumsi sering-sering.

BacaNulis.Com menyimpulkan bahwa memakan durian dengan aturan bisa menyehatkan, namun sebaliknya jika dikonsumsi tanpa aturan, bisa juga membahayakan bagi tubuh. Mengkombinasikan makan durian dengan kopi juga tidak masalah. Jika ada beredar ditengah masyarakat bisa menyebabkan kematian itu hanya sebuah mitos, karena faktanya tidak terbukti oleh pakar kesehatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar