Ganti Template Blog Dan Memindahkan Meta Tag Agar Trafik Naik, Studi: Kompi Flexible Ke Viomagz

Ganti Template Blog Dan Memindahkan Meta Tag Agar Trafik Naik, Studi: Kompi Flexible Ke Viomagz

Ganti Template Blog Dan Memindahkan Meta Tag Agar Trafik Naik, Studi: Kompi Flexible Ke Viomagz

Ganti Template Blog Dan Memindahkan Meta Tag Agar Trafik Naik
BacaNulis.Com - Tampilan sebuah blog memberikan kesan bagi para pengunjung dan juga tentunya bagi algoritma google. Dengan tampilan menarik dan bagus, serta kecepatan loading maksimal mempermudah artikel untuk memasuki ranking pencarian. Banyak para blogger terkhusus yang pemula berusaha agar blognya memiliki template yang terbaik. Tidak jarang yang langsung membeli template premium. Hal ini dilakukan supaya menarik pengunjung sebanyak-banyaknya dan memenangkan persaingan yang begitu ketat di mesin pencarian google. BacaNulis.Com pada artikel sebelumnya membuat sebuah tulisan yang bisa di baca: Panduan Sukses Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Pemula Agar Trafik blog Terus Naik Dan Tidak Down

Pada ulasan tulisan tersebut penggunaan template haruslah yang terbaik. Dengan begitu, template akan terus dipertahankan. Hal ini membuat bot google bekerja dengan baik membaca script secara keseluruhan dan mengenali struktur template. Kemudian berfokus saja pada bagaimana membuat artikel yang berkualitas.

Pada pembahasan kali ini, yang BacaNulis.Com cermati lagi hangatnya perbincangan pergantian template yang itu membuat trafik melonjak naik. Di media sosial ada beberapa mastah yang mengunggah foto trafik blognya. Yang mengalami kenaikan signifikan dari hasil mengganti template blog lama dengan yang baru. Dan bila dilihat template yang dijadikan sebagai penggantinya adalah karya Mas Sugeng, yaitu Evomagz. Evomagz saat ini menjadi template sejuta umat yang digandrungi oleh banyak blogger. Ini wajar karena templatenya memang sudah sangat bagus.

Nah, ketertarikan dengan template yang baru. Tentu membuat dorongan untuk melakukan pergantian template blog yang dimiliki. Tapi, tentu juga menjadi sesuatu yang was-was jika nantinya trafik blog malah anjlok atau down. Ini yang menjadi pertimbangan banyak blogger, sehingga masih pikir panjang untuk memperbaharui template blognya.

Berikut ini BacaNulis.Com akan memberikan tips dan cara mengganti template blog lama. Dari hasil uji coba yang sudah dilakukan di beberapa blog, hasilnya cukup baik. Ada blog yang trafik langsung naik, ada pula blog yang tetap stabil dan beberapa hari kemudian baru kelihatan mulai naik trafiknya. Yang bagusnya tidak ada blog yang dicoba mengalami down/trafik anjlok. Ini berarti kenaikan trafik pada blog bukan karena faktor keberuntungan semata. Melainkan lebih kepada bagaimana tips dan cara yang harus dilakukan.

Tips dan Cara Ganti Template Blog

Pada tips dan cara ganti template blog ini diulas secara umum, yang berarti bahwa apapun template blog baru yang menjadi pengganti template blog lama bahasannya sama. Tidak membedakan template mana yang dipakai. Yang perlu dilakukan sebaiknya mengikuti tips dibawah ini;

1. Buat blog percobaan

Bila Anda punya banyak blog, ada lebih 2 misalnya. Maka ganti template terlebih dahulu di blog yang tidak keurus atau dengan kata lain jangan ganti di blog utama. Dan jika cuman punya satu blog, sebaiknya buat blog baru sebagai tempat otak atik template barunya.

Dalam mengganti template dianjurkan tidak lagi mengotak atik script pada template tersebut. Inilah pentingnya blog percobaan. Disana Anda bisa atur dengan baik tampilan blog, jika sudah selesai download dan upload ke blog utama atau blog yang akan diganti templatenya.

2. Waktu terbaik ganti template blog

Setelah menyesuaikan keingan blog di blog percobaan. Selanjutnya download hasilnya dan perhatikan waktu untuk menerapkannya ke blog utama. Waktu terbaik ganti template blog adalah pada saat tidak ada pengunjung atau waktu-waktu sepi pengunjung. Pada bot google bekerja ekstra memantau kunjungan pada blog pada waktu lalu lintas pengunjung yang padat dan sebaliknya, pada saat pengunjung sepi atau tidak ada pengunjung bot google pun lebih kendor pemantauannya.

Pada blog Indonesia, biasanya pada jam 1 sampai 4 pagi itu waktu sepi-sepinya pengunjung. Nah, lakukanlah upload template blog baru diwaktu tersebut dan dengan tempo yang cepat.

3. Template baru lebih baik dari template sebelumnya

Perlu analisis terhadap keunggulan template blog baru. Jangan karena hanya sekedar ingin tampilan blog berubah. Tapi cek juga berkenaan dengan kecepatan loading, SEO blog, friendly, dan tentunya juga eror-eror pada script templatenya.

Jika berhijrah ke template blog yang lebih baik, google pun akan memberikan nilai yang positif. Yang ini akan berdampak pada hasil yang memuaskan, terutama pada trafik yang melonjak naik dan kecepatan terindeksnya artikel pada blog Anda.

Pada 3 tips dan cara diatas bila diterapkan mudah-mudahan memperoleh hasil yang bagus. Yang tentunya juga sudah dicoba di beberapa blog. Ini berlaku pada template apapun yang akan digunakan. Akan tetapi tidak cukup sampai disana, sebab dalam sebuah template ada namanya meta tag yang itu memiliki fungsi bagi mesin pencarian sebagai pembeda terhadap blog lainnya. Meta tag membuat mesin pencarian mengenali blog dengan baik. Sehingga bisa jadi ketika meta tag pada blog lama tidak dipindahkan ke blog baru, mesin pencarian merasa asing dengan blog baru tersebut. Akibatnya trafik menurun disebabkan mesin pencarian harus mengulang kembali berkenalan dengan blog Anda.

Meta tag pada blog diperkirakan sangat berpengaruh pada mesin pencarian, sehingga pemindahan meta tag ini perlu dilakukan. Pada studi ini akan diulas pemindahan meta tag pada blog lama yaitu kompi flexible ke blog baru yaitu evomagz. Berikut ini caranya;

Memindahkan Meta Tag Kompi Flexible Ke Evomagz

1. Lihat struktur kode meta tag

Pada gambar dibawah ini menunjukkan struktur meta tag pada template evomagz;
struktur kode meta tag
Bisa dilihat pada meta tag yang digunakan oleh evomagz ini secara otomatis. Bila pada blog baru tidak perlu lagi  meletakan keywords atau description. Tapi bila dilihat struktur meta tag pada kompi flexible itu manual. Sehingga perlu meta tag yang harus dipindahkan ke template evomagz. Untuk template evomagz tak perlu kotak katik lagi, yang perlu dilakukan hanyanya memindahkan meta tag yang lama saja.

2. Bagian meta tag yang dipindahkan

Berikut ini kode meta tag di kompi flexible yang akan di pindahkan ke template viomagz, silahkan cek;
<!-- Meta Title Halaman Error/404 -->
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'>
<title>404: Maaf halaman yang ada cari tidak ada | bacanulis.com </title>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<!-- Meta Title Halaman Search -->
<b:if cond='data:blog.searchQuery'>
<title>Pencarian keyword untuk :: <data:blog.searchQuery/> :: | bacanulis.com </title>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<!-- Meta Title Halaman Arsip -->
<title>Arsip Artikel Bulan <data:blog.pageName/> | bacanulis.com </title>
<!-- Meta Descriptin Halaman Arsip -->
<meta expr:content='&quot;Arsip Artikel Bulan &quot; + data:blog.pageName + &quot; selengkapnya silahkan kunjungi di NamaBlog&quot;' name='description'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<!-- Meta Title Halaman Pages -->
<title><data:blog.pageName/> | bacanulis.com </title>
<!-- Meta Description Halaman Pages -->
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;. Silahkan baca artikel &quot; + data:blog.pageName + &quot; selengkapnya di NamaBlog&quot;' name='description'/>
<b:else/>
<!-- Meta Title Halaman Label -->
<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<title>Pencarian pada Label :: <data:blog.pageName/> :: | bacanulis.com </title>
<!-- Meta Description Halaman Label -->
<meta expr:content='&quot;Pencarian pada kategori ::&quot; + data:blog.pageName + &quot;:: selengkapnya silahkan kunjungi di NamaBLog.&quot;' name='description'/>
<b:else/>
<!-- Meta Title Halaman Utama -->
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<!-- Meta Description Halaman utama -->
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + &quot; ISI DENGAN DESKRIPSI BLOG ANDA&quot;' name='description'/>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
<!-- Meta Keyword Halaman utama-->
<meta content='ISI DENGAN KEYWORD BLOG ANDA' name='keywords'/>
<b:else/>
<!-- Meta Title Halaman Post -->
<title><data:blog.pageName/> - bacanulis.com</title>
<!-- Meta Description Halaman Post aktif -->
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' itemprop='description'/>
<b:else/>
<!-- Tampilkan jika Meta Description Halaman post tidak aktif-->
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;. Silahkan baca artikel &quot; + data:blog.pageName + &quot; selengkapnya di NamaBlog&quot;' name='description'/>
</b:if>
<!-- Meta Keyword Halaman post -->
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;ISI DENGAN KEYWORD BLOG ANDA&quot;' name='keywords'/>
</b:if>
Pada tulisan bold, silahkan isi sesuai dengan meta tag blog lama Anda. Berikutnya letakkan kode diatas yang sudah di ambil bagian pentingnya saja tepat di bawah <b:include data='blog' name='all-head-content'/> atau di atas <!-- Title -->

Dan selanjutnya klik Simpan Tema
Buka Komentar