Inilah 3 Ciri Orang Yang Punya Tujuan Jelas Dalam Hidupnya

Inilah 3 Ciri Orang Yang Punya Tujuan Jelas Dalam Hidupnya

Inilah 3 Ciri Orang Yang Punya Tujuan Jelas Dalam Hidupnya

3 ciri orang yang punya tujuan jelas dalam hidupnya
BacaNulis.Com - Setiap orang punya harapan di masa yang akan datang. Harapan yang terbaik di mulai dari doa supaya langkah yang dilakukan membawa hasil yang di idamkan. Banyak orang yang punya harapan namun tidak dibarengi dengan upaya untuk bisa mewujudkannya. Ada pula orang yang berupaya dengan keras namun dengan langkah yang salah sehingga harapan yang diidamkan juga tidak bisa tercapai.

Hidup ini berkenaan dengan masa lalu, hari ini dan yang akan datang. Harapan itu ada didalam pikiran yang tergambar di masa depan, langkahnya di pertajam setiap hari dengan berbagai pengalaman yang didapat dari masa lalu.

Cara orang untuk menggapai harapannya bisa banyak ragam yang bisa dilakukan. Ragam yang ini menjadi ciri dari seseorang untuk mewujudkan harapannya tersebut. Tidak semua orang mampu menemukan ciri apa yang menjadi gambaran orang-orang yang mampu meraih harapan di dalam hidupnya.

Harapan ini juga bisa dikatakan sebagai tujuan hidup. Tujuan hidup yang bagaimana yang digambarkan hari ini?

Berikut inilah 3 ciri orang yang punya tujuan jelas dalam hidupnya;

1. Tujuan di masa depan terlihat jelas di dalam pikirannya

Bagi orang yang punya tujuan tentu mampu mewujudkannya di dalam pikirannya bagaimana bentuk dan hasilnya. Dengan upaya memikirkannya maka mendorong terwujudnya di alam nyata. Ini yang terkadang gambaran setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang melihat tujuan hidupnya di dalam pikirannya masih samar-samar, ada yang agak terang, dan ada yang sangat terang.

Bila tujuan hidupnya tergambar masih samar-samar, maka upaya untuk ingin mewujudkannya separuh hati, tidak maksimal. Jadi, untuk secara optimal tujuan hidup bisa terwujud maka tentu sudah harus tergambar dengan jelas di dalam pikiran.

Misalnya saja seseorang yang tujuan hidupnya di akhirat nanti masuk surga. Maka gambaran surga di dalam pikirannya begitu jelas dan nyata. Lalu Ia akan terus berpikir apa yang dilakukannya harus mengarahkan dirinya untuk mewujudkan tujuan tersebut. Ia mengerjakan sholat, karena Ia berpikir dengan sholat itu akan menghantarkannya menuju tujuan hidupnya. Begitu pula dengan ibadah-ibadah yang lain.

Dalam kehidupan dunia juga pada saat ingin membeli mobil, jelas sebelum membeli mobil gambaran mobil itu sudah jelas nampak di benak pikiran. Karena selalu dipikirkan maka terwujudlah apa yang dipikirkannya itu menjadi kenyataan.

2. Tekun

Pada saat seseorang sudah mampu melihat secara jelas tujuan hidupnya. Berikutnya pasti Ia akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa mewujudkannya. Dan dengan sebuah ketekunanlah sebuah tujuannya menjadi nyata, bukan sekedar nyata di dalam pikiran saja. Tekun merupakan tindakan yang riil dalam mencapai sebuah tujuan.

Tidaklah mungkin bila gambaran tujuan dalam pikiran masih samar-samar orangnya tekun. Tentu orangnya tidak tekun. Yang tentu tekun pasti orang yang tujuan hidupnya tergambar dengan jelas dalam pikirannya.

3. Cinta ilmu

Siapapun orangnya bila ditanya manfaat ilmu, pasti tau jawabannya. Walau berbeda dalam redaksi tapi secara garis besarnya memiliki kesimpulan yang sama. Bila dikaitkan dengan tujuan hidup, sebuah ilmu sangatlah penting sebagai kendaraannya.

Ilmu sebagai sebuah kendaran dalam mencapai tujuan hidup tidaklah ada yang menyangkalnya. Apa-apa pasti ada ilmunya, dan bila punya tujuannya, harus punya ilmunya juga agar dapat mewujudkannya.

Baca juga: Konsisten Menuju Jalan Ke-Kaffah-an

Bagi orang yang punya tujuan yang jelas dalam hidupnya, tentu sangatlah mencintai ilmu. Karena Ia tau ilmu itu kendarannya mencapai tujuannya. Bila Ia tidak mencintai ilmu, ini menandakan bahwa dirinya punya tujuan yang masih samar-samar. Lihatlah disekeliling kita, orang-orang yang dengan tekun dan berpikir terhadap tujuan hidupnya, sangat gemar atau rajin mencari ilmu. Selalu mengupdate dan mengupgrade dirinya dengan ilmu, supaya tujuannya terwujud.
Buka Komentar