Inilah Kandungan Siwak Bagi Kesehatan Mulut Yang Sudah Terbukti

Inilah Kandungan Siwak Bagi Kesehatan Mulut Yang Sudah Terbukti

Inilah Kandungan Siwak Bagi Kesehatan Mulut Yang Sudah Terbukti

kandungan baik dari siwak untuk kesehatan mulut
BacaNulis.Com - Siwak sangat populer dikalangan umat Islam yang sampai hari ini masih digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Siwak atau Miswak ini berasal dari pohon salvadora persica yang memiliki struktur yang lembut, yang memang cocok untuk dijadikan sikat gigi. Tidak semua pohon memiliki tekstur yang lembut seperti siwak. Jadi tidak semua pohon pula dapat digunakan sebagai sikat gigi, seperti halnya siwak.

Pada bagian akar atau pohon salvadora persica yang digunakan untuk menggosok gigi. Pada bagian ini tidak akan melukai gigi atau gusi saat digunakan karena terdapat serat yang halus.

Bagi umat Islam menggunakan siwak merupaka sunnah Nabi Muhammad SAW. Tapi lebih dari itu, ternyata dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Erlina Sih Mahanani, seorang dokter gigi sekalIgus dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  menemukan manfaat yang terkandung pada siwak, sebagai berikut:

#1. Membunuh bakteri jahat

Dalam kandungan siwak terdapat mineral-mineral alami antibacterial acids, seperti abrasive dan astingents yang bermanfaat untuk mematikan bakteri jahat yang ada di dalam mulit, mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan gusi.

#2. Mencerahkan gigi

Memperoleh gigi yang cerah merupakan dambaan setiap orang. Dengan gigi yang cerah akan berefek pada wajah menjadi kelihatan lebih fresh. Dengan penggunaan siwak bisa membantu gigi yang cerah. Dari segi kimia siwak juga mengandung sodium bicarbonate, sulful, vitamin C, trimethyl anime, salvadorine dan fluoride.

#3. Menstimulasi air liur

Sisa-sisa makanan yang ada didalam mulut akan mengalami pembusukan. Apalagi yang jarang gosok gigi akan mempercepat proses pembusukan yang terjadi. Dengan siwak yang didalamnya mengandung Anti Decay Agent dapat membantu dalam memproduksi air liur sehingga mulut akan lebih bersih.

#4. Tanpa efek samping

Siwak berasal dari bahan alami yang jelas tanpa ada efek sampingnya saat digunakan. Dengan menggunakan siwak, boleh tidak menggunakan pasta gigi lainnya, apalagi yang terkandung zat kimia.

#5. Mengandung Antiseptik

Selain kandungan yang disebutkan di atas, ternyata siwak juga memiliki miyak aroma alami. Minyak aroma alami ini mampu dijadikan sebagai antiseptik dan mencegah plak pada gusi yang berdampak pada peradangan gusi.

Baca juga: Kebiasaan-Kebiasaan Alami Menegah Gigi Berlubang

Inilah kandungan siwak bagi kesehatan mulut yang sudah dibuktikan oleh Dokter Erlina. Dan harapannya tentu penelitian ini terus berlanjut untuk menemukan banyak lagi manfaat yang terkandung di dalam siwak

Sumber baca:
https://www.brilio.net/news/5-manfaat-siwak-yang-sudah-dibuktikan-secara-ilmiah-manfaat-siwak-secara-ilmiah-150508b.html
Buka Komentar