Inilah Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

Inilah Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

Inilah Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

inilah keunggulan telegram dibandingkan whatsapp
BacaNulis.Com - Telegram merupakan aplikasi yang punya fitur utama obrolan (chatting). Founder dari telegram ini berasal dari Rusia, yaitu Panel Durov. Yang salah satu komitmennya membuat telegram adalah upaya pengamanan privasi penggunanya.

Tidak lain dengan aplikasi whatsapp yang memiliki banyak pengguna. Bila dibandingkan dengan telegram, kedua aplikasi ini sangat mirip banget. Sehingga, jelas telegram akan menjadi pesaing dari aplikasi whatsapp.

Dengan punya fitur-fitur yang begitu mirip, tentu ada sebuah perbandingan. Mana yang lebih baik atau unggul dari kedua aplikasi tersebut. Berikut BacaNulis.com akan merangkumnya, dan mari lihat keunggulan telegram dibandingkan whatsapp:

#1. Adanya sistem berbasis cloud pada telegram, sehingga tidak membuat memori internal HP penuh.

Sungguh jengkel bila dalam mengirim file atau menerima file, misalnya yang sering dilakukan pada aplikasi chatting yaitu gambar dan video, namun memakan memori internal smartphone. Ini akan memberatkan jalannya sistem pada smartphone diakibatkan memori yang penuh. Sehingga pengguna harus repot untuk selalu menghapus file-file yang masuk (berupa video dan gambar-gambar).

Dengan adanya sistem cloud pada telegram ini, maka memori Anda tidak perlu menyimpan file-file yang diterima. Semua vidio dan gambar akan disimpan melalui penyimpanan cloud.

#2. Penggunaan telegram gratis selamanya

Bagi yang sudah menggunakan telegram selain dari bersih dari iklan-iklan yang mengganggu. Telegram juga bisa digunakan selamanya. Tidak diberlakukannya biaya kepada si pengguna. Sedangkan untuk aplikasi whatsaap, pernah dikenakan biaya pertahun untuk menggunakannya, hingga pada akhirnya benar-benar di gratiskan.

#3. Telegram ringan dijalankan dan cepat mengirim pesan

Untuk ukuran aplikasi telegram yang di pasang di smartphone cukup memakan size memori internal sedikit, jumlah besarannya cuma berkisar 30 MB saja. Dalam pengiriman pesan, telegram mengklaim paling cepat dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Dan dibuktikan tidak pernah pesan delay, walau dalam kondisi susah sinyal.

#4. Bisa mengirim file dengan ukuran besar (> 1 GB)

Bukan sekedar mengirim pesan yang ringan-ringan ukurannya, bahkan telegram mampu mengirim file dengan ukuran 1,5 GB. Waoo... ini file sudah ukuran film, yang jauh bila dibandingkan dengan whatsapp yang hanya berukuran 16 MB.

Untuk jenis filenya juga lebih beragam formatnya, mulai dari doc, zip, mp3, pdf, dll, serta file berupa foto dan video.

Mengirim file jadi lebih mudah dengan menggunakan telegram. Bagi penikmat vidio-vidio bisa langsung dikirim menggunakan pesan telegram tersebut.

#5. Anggota grup channerl bisa sampai 5.000 orang

Pada aplikasi whatsapp hanya mampu menampung jumlah 256 orang setiap grupnya, yang sebelumnya hanya berjumlah 100 orang. Sedangkan pada telegram per grupnya bisa dianggotai sebanyak 5.000 orang.

#6. Adanya fitur broadcasting atau channel

Fitur ini tidak dimiliki oleh whatsapp. Dengan adanya fitur ini maka penyiaran dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus tertutupi oleh komentar dan pesan para anggota. Fitur channel pada telegram bisa menampung jumlah pengikut yang tidak terbatas.

#7. Adanya ruang chat rahasia

Fitur ini nampaknya memang jarang digunakan oleh pengguna. Namun, dalam menjadi keamanan dalam chat yang diklaim oleh pihak telegram tidak bisa disadap oleh siapapun, termasuk oleh pihak telegram sendiri karena menggunakn encryption yang cukup kuat. Bahkan chat di ruang rahasia tersebut tidak bisa di screenshot atau video shot. Ini benar-benar menjadi kerahasiaan chat yang dilakukan.

Walau di beberapa aplikasi lain juga memiliki fitur ini, namun telegram meyakini fitur miliknya lebih unggul.

#8. Dilengkapi dengan fitur pesan bot

Hal ini berarti pesan yang dilakukan melalui robot aplikasi yang ada pada telegram. Dengan demikian pesan bisa dilakukan secara otomatis untuk memberikan pesan siaran.

#9. Telegram lebih interaktif

Dalam berchatting dengan beragam aksi yang bisa dilakukan oleh pengguna, ini akan membuat suasana grup atau pesan pribadi lebih hidup. Pada telegram chat dilengkapi dengan fitur reply, mentions, hashtags, forwords, dan juga yang menariknya lagi bisa membuat stiker sendiri.

#10. Telegram bisa dijalankan di banyak platform

Telegram bisa dijalankan di berbagai platform. Misalnya Linux, Windows, dan sistem operasi lainnya. Hal ini akan menjadikan telegram digunakan oleh banyak kalangan untuk memenuhi kebutuhan chatnya.

Baca juga: Cara Aman Ngobrol di WA (WhatsApp)

Inilah keunggulan yang ada pada telegram bila dibandingkan dengan whatsapp. Walau dari segi pemakai telegram masih kalah dengan whatsapp, tapi saat ini sudah banyak keluhan para pengguna whatsapp. Salah satunya terkait dengan memori internal yang menjadi sasaran penyimpanannya.
Buka Komentar