Kebiasaan-Kebiasaan Alami Mencegah Gigi Berlubang

Kebiasaan-Kebiasaan Alami Mencegah Gigi Berlubang

Kebiasaan-Kebiasaan Alami Mencegah Gigi Berlubang

kebiasaan-kebiasaan alami mencegah gigi berlubang
BacaNulis.Com - Memiliki gigih putih, bersih dan terawat dengan baik adalah upaya kenyamanan di dalam mulut. Gigi digunakan secara rutin untuk makan. Jika gigi bermasalah, maka makanpun tidak terasa enak. Begitu penting merawat gigi agar sehat sebagai nikmat Tuhan yang perlu dijaga.

Gigi yang tua memang wajar mengalami keropos dan berlubang. Gigi ini yang dipunyai oleh nenek atau kakek kita. Tapi sungguh sayang jika umur masih mudah sudah mengalami berbagai permasalahan dengan gigi, salah satunya gigi yang berlubang. Tentu agak risih, karena makanan masuk ke dalam lubang gigi. Yang lama-kelamaan lubang akan semakin besar.

Jika gigi sudah berlubang, timbulnya penyesalan diri tidak merawat gigi sebelumnya. Tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik yang secara alami bisa dilakukan sebelum gigi keropos dan menjadi berlubang.

Padahal menurut penelitian gigi berlubang dapat dicegah. Nah, mencegah tentu lebih baik daripada sudah terlanjur gigi berlubang.

Berikut ini, kebiasaan-kebiasaan alami yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang:

#1. Rajin Menggosok Gigi

Menggosok gigi merupakan kebiasaan alami yang baik dilakukan. Lakukanlah minimal 2 x sehari, terutama sebelum tidur malam. Sebab sudah tidak ada aktivitas mengunyah makanan, sehingga partikel-partikel sisa makanan menempel kemudian mengeluarkan asam dan membuat gigi berlubang.

#2. Gunakan Dental Floss atau Berkumur dengan Air Hangat

Gosokan gigi tidaklah bisa mencangkau kesemua gigi, ada selah-selah yang tidak bisa dibersikan oleh sikat gigi. Jadi, perlu menggunakan dental floss untuk membersihkan gigi terutama yang belum terjangkau oleh sikat gigi. Penggunaan dental floss sebaiknya 2 kali, baik setelah makan siang dan setelah makan malam.

Setelah menggunakan dental floss, lanjutkan dengan berkumur dengan air hangat. Penggunaan air hangat juga bisa dijadikan pengganti dental floss. Air hangat juga dapat mematikan kuman-kuman yang menempel di selah-selah gigi dan membersikan sisa makanan.

#3. Penggunaan Siwak

Pada zaman nabi, pembersih gigi dari kayu siwak. Walau terlihat kuno di jaman sekarang dan sudah jarang orang memakainya, karena sudah digantikan sikat gigi modern. Namun kandungan yang ada di kayu siwak sangat baik untuk gigi.

Siwak sangat baik untuk gigi dijadikan sebagai sikatan. Jika sudah pakai sikat gigi biasa, hendaknya gunakan juga siwak sekedarnya, untuk memperoleh manfaat kandungan dari siwak tersebut.

Baca juga: Inilah Kandungan Siwak Bagi Kesehatan Mulut Yang Sudah Terbukti

#4. Hindarilah Junk Food

Junk Food merupakan makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat, gula, lemak dan zat tepung yang tidak baik untuk gigi. Hindarilah makanan ini supaya tercegah dari gigi berlubang dan masalah bau napas yang tidak enak. Jikapun terlanjur memakannya, hendaklah langsung menggosok gigi.

#5. Cek Kesehatan Gigi Secara Teratur Ke Dokter

Berkonsultasi kesehatan gigi dengan ahlinya sangatlah bagus. Dokter tentu tau bagaimana kondisi kesehatan gigi saat dicek. Dengan begitu, bila ada gigi yang mulai keropos maka bisa dicegah sejak dini. Lakukanlah pengecekan minimal 6 bulan sekali, hal ini penting untuk melihat kondisi kesehatan gigi.
Buka Komentar