Korban HP Bagi Mata Anak Semakin Bertambah, Berikut Langkah Mencegahnya!

Korban HP Bagi Mata Anak Semakin Bertambah, Berikut Langkah Mencegahnya!

Korban HP Bagi Mata Anak Semakin Bertambah, Berikut Langkah Mencegahnya!

7 langkah menghindari korban HP pada mata si anak
Saat ini banyak terlihat di media sosial mengupload foto-foto anak yang rusak matanya akibat dari HP. Hal ini tentu yang salah adalah orang tuanya yang membiarkan anak-anaknya sampai candu bermain HP. Sehingga kecanduan ini akan berdampak buruk terutama pada mata sang anak.

Memang dengan HP bisa meringankan orang tua, apalagi seorang ibu yang penat dalam pekerjaan rumah. Dengan memberikan HP kepada si kecil, seorang ibu bisa mudah menyambi kerjaan rumah, istirahat sebentar, bahkan bisa jualan online. Bermain dengan anak juga sungguh melelahkan, sehingga HP menjadi sulusi bagi ibu-ibu yang tidak terlalu direpotkan oleh si anak.

Solusi terbaik untuk kesehatan mata si anak, yaitu dengan tidak memperkenal HP sejak dini. Namun, seorang ibu harus repot untuk menjaga dan ikut bermain dengan si kecil. Itulah hebatnya seorang Ibu yang punya tugas yang amat berat dalam mengurusi anak-anaknya.

Bagi ibu yang punya anak sudah terlanjur kecanduan dengan HP, maka jangan dibiarkan begitu saja. Jangan sampai mata si kecil rusak, dan tentu ketika sudah rusak maka juga susah untuk mengobatinya. Maka, walau HP tidak bisa dijauhkan oleh si kecil, tapi orang tua tetap harus memantau penggunaannya.

Berikut ini cara mencegah supaya mata anak tidak rusak:

#1. Batasi Waktu Penggunaan HP

Anak-anak tentu belum bisa bermain menggunakan HP, misalnya main game. Kebanyakan anak-anak menonton youtube, dan mereka sangat suka menggunakan penglihatannya untuk menonton yang mereka suka. Ini jika dibiarkan bisa tahan berjam-jam sampai si anak tertidur. Ini yang jangan dibiarkan begitu saja. Seorang ibu harus batasi jam menonton anak menggunakan HP maksimal 2 jam saja perhari, jika bisa kurang dari 2 jam.

2 jam waktu menonton tersebut juga jangan non stop, tapi di bagi waktunya. Misalnya maksimal menonton 30 menit, maka sampai waktunya penggunakan HP dihentikan. Caranya bisa mengalihkan perhatiannya matanya dengan mengajak bermain atau mematikan paket data HP tersebut.

#2. Jarak Menonton

Jarak mata dengan HP sangat penting bagi kesehatan mata anak. Jauhkan mata dengan HP minimal 30 cm. Ibu bisa membantu memegang HP nya supaya penglihatan anak waktu menonton juga lebih nyaman, supaya matapun rileks.

#3. Ubah Posisi Menonton

Perhatian khusus ibu dengan posisi menonton anak cukup baik menghindari hal buruk selain kerusakan pada mata. Jangan menonton dalam posisi tiduran terus menerus dan juga jangan dengan posisi duduk, yang kepala anak melihat ke bawah. Ubahlah posisi anak sesering mungkin dalam menonton.

#4. Redupkan Cahaya Layar HP

Layar HP yang terang mempercepat lelahnya mata. Sehingga ibu perlu meredupkan cahanya ke titik terendah saja.

#5. Geser Posisi HP

Saat menonton jangan tempatkan posisi HP yang membuat anak fokus dan kurang berkedip. Fokus anak yang membuat jarang berkedip membuat mata menjadi kering. Maka ibu harus juga mengingatkan anaknya untuk berkedip atau lakukan sebuah cara terbaik untuk membuat mata anak berkedip.

#6. Konsumsikan Jus Wortel

Kandungan wortel sangat baik bagi mata. Buatlah jus sendiri di rumah untuk anak secara rutin untuk mencegah rusaknya mata. Dengan meminum jus wortel dengan rutin, mudah-mudahan akan menyehatkan mata si anak.

#7. Jangan Menonton di Ruangan yang Gelap

Baca juga: Inilah Obat Sakit Mata Pada Bayi

Hindari menonton pada tempat yang gelap. Walau cahaya layar HP sudah pada titik terendah juga bisa berbahaya jika ditonton di ruangan yang gelap.

Itulah beberapa hal dalam mencegah kerusakan mata pada si kecil, terkhusus bagi anak yang sudah sangat candu dengan penggunaan HP.
Buka Komentar