Skip to main content

Panduan Sukses Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Pemula Agar Trafik blog Terus Naik Dan Tidak Down

Panduan Lengkap Sukses Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Pemula Agar Trafik blog Terus Naik Dan Tidak Down
BacaNulis.Com - Bagi seorang blogger pemula yang ingin menggeluti dunia publisher, perlu memperhatikan hal-hal penting yang harus dilakukan. Ngeblog bukan saja sebagai aktivitas hobi, tapi juga bisa menjadi perusahaan pribadi untuk menghasilkan uang setiap bulannya. Ada beberapa pilihan untuk menggeluti dunia bisnis ini, bisa berupa konten tulisan, vidio ataupun aplikasi. Ya, kalau dunia blogger tentu aktivitasnya adalah menghasilkan konten

Untuk blogger pemula pasti memiliki angan-angan supaya sukses, ini wajar sebagai bentuk sebuah motivasi yang membuat semangat dalam menjalani bisnis ini. Bagi seorang blogger pemula, bangun dalam benak pikiran bahwa bisnis ini juga seperti usaha nyata. Perlu usaha, ketekunan dan juga kerja keras. Sehingga, walau masih pemula, namun perlu keseriusan dan juga fokus.

Dalam menjadi blogger yang sukses, faktor yang utama adalah trafik. Trafik pengunjung sebuah blog menjadi perhatian khusus, siapapun pemilik blognya. Trafik juga menjadi sebuah motivasi dalam menekuni dunia blogger ini.

Yuk... sahabat BacaNulis.Com yang mau terjun ke dunia blogger untuk memperhatikan panduan penting yang harus dilakukan seorang blogger pemula agar trafik blog terus naik dan tidak down, bagi para master dan suhu silahkan minggir dulu dengan tulisan ini. Berikut ini paparannya:

1. Memilih alamat domain yang tepat untuk isi konten atau domain yang menarik

Bagi blogger pemula, pertama sekali tentukanlah pilihan alamat domain untuk blog. Bisa disesuaikan dengan isi konten. Ini cukup bagus, sehingga dengan melihat nama domain saja para pengunjung sudah tau apa isi konten di dalamnya. Hal ini juga bisa meningkatkan SEO untuk blog baru.

Akan tetapi, jika ingin model yang lain dalam menentukan alamat domain. Bisa dengan membuatnya menarik didengar atau dilihat pengunjung. Atau juga bisa membuat nama pribadi sebagai nama domainnya. Terkadang cara ini lebih mudah tapi juga SEO, sebab persaingan kata lebih rendah.

Sebagai sebuah saran, bila isi konten memiliki niche yang khusus atau tertarger, misalnya konten tantang spesifikasi dan harga mobil. Nah, selanjutnya buat domain yang mewakili isi semua konten.

Namun jika, blog sudah direncanakan untuk niche gado-gado atau campuran. Boleh menggunakan nama sendiri. Jika nama Anda belum ada di mesin pencarian, ini akan membuat blog lebih SEO. Ini sudah banyak dipraktekan oleh para blogger senior, yang membuat nama domain langsung dengan namanya sendiri.

Baca juga: Perbedaan Blog Gado-Gado Dengan Blog Satu Niche (Spesifik) di Mata Adsense

2. Pilihan template yang tepat

Jangan fokus dulu pada konten artikel. Tapi beri perhatian terlebih dahulu kepada template yang akan dipakai. Template yang bagus dan SEO Friendly akan mempermudah konten untuk terindex. Jangan pilih template asal-asalan, saran dari BacaNulis.Com belilah template premium. Jangan tanggung diawal untuk membangun blog, sebab dampaknya untuk jangka panjang.

Jika sudah mendapat pilihan hati terhadap sebuah template yang bagus. Lalu untuk seterusnya jangan berpikir untuk mengubahnya. Biarkan saja begitu dan jangan tergiur dengan template baru yang katanya lebih ini dan itu. Makanya pilihlah template yang tepat yang membuat Anda jatuh hati saat melihat blog tersebut.

Banyak kasus gonta-ganti template blog yang memperparah trafik blog menjadi down. Bahkan dengan template lebih bagus pun, tapi tetap membuat trafik down. Jikapun kembali normal perlu waktu yang lama, bahkan bisa jadi tidak kunjung normal. Jikapun ada yang merubah template tiba-tiba trafik naik, ini semata-mata karena faktor keberuntungan saja, dan sangat jarang terjadi.

3. Biarkan blog berjalan alami

Bagi pemula biasanya ngak sabaran untuk menerima hasil. Sehingga terkadang grusah grusuh melakukan tindakan-tindakan yang instan. Berpikirlah ini kerja nyata, bukan kerja instan. Terus semangat dan tekun, inilah kuncinya.

Sangking pinginnya segera mendapat trafik yang banyak, konten dishare sana sini. Ini tidak baik untuk ke depannya, apalagi berniat untuk menjadi publishernya google. Hindarilah hal semacam ini, biarkan saja trafik mengalir secara alami dan yakinlah jumlah trafik yang idamkan suatu saat akan dicapai. Proses ini perlu kesabaran tingkat tinggi dan inilah ujian bagi semua blogger pemula.

4. Blogger bukan sampingan

Usaha apapun itu haruslah ditekuni secara total, sehingga hasilnya maksimal. Jika aktivitas blogging cuman sekedar sampingan sekedar mengisi waktu luang. Ini akan membuat blog lama berkembang. Dengan terjun secara total, ini akan mempercepat berkembangnya blog.

Baca juga: Mau Rutin Gajian Dari Google Adsense Setelah 6 Bulan, Ikuti Tips Ngeblog Berikut Ini Bagi Pemula

Aktivitas ngeblog ini akan terus memberikan pengalaman dan pengembangan diri dalam menyajikan sebuah konten yang baik. Banyak para blogger pemula yang keluhannya terkait hal tersebut, bagaimana menulis dengan baik? bagaimana supaya cepat menulis tapi dengan bahasa yang baik? bagaimana membuat artikel SEO, dan seterunya. Pertanyaan ini akan terjawab dengan sendirinya jika fokus ngeblog, sehingga aktivitas rutin membuat konten akan memahirkan Anda, serta dengan sendirinya mudah membuat konten yang SEO, dan mudah mencapau Page One di beranda google.

Mudah-mudah menjadi tambahan wawasan terkhusus bagi yang baru mulai ingin ngeblog.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar