Skip to main content

Penjelasan Pengertian Incumbent Dan Petahana, Beserta Contohnya

incumbent dan petahana, dimana bedanya?
BacaNulis.Com - Penggunaan istilah yang lazim diucapkan, bisa terjadi kebingungan jika ditukar tiba-tiba dengan kosa kata lain. Yang sebenarnya pertukaran kata itu merujuk pada pengertian yang sama. Ini nampak dalam penggunaan incumbent yang pada awalnya banyak orang menyebutnya, dan belakangan banyak yang menyebut petahana. Bagi yang mendengar dan tidak tau dengan arti katanya, ini akan membuat bingung dan salah-salah bisa membuat pengertian baru.

Pertama sekali kata petahana diperkenal oleh Salomo Simanungkalit pada 6 Februari 2009, sebaga kata yang sepadan dengan incumbent  menjelang pemilu presiden. Mulailah media mempopulerkan kata petahana ini, walau seharusnya masih perlu dikaji dan dimasukkan ke KBBI.

Incumbent dengan petahana memiliki arti yang sama, petahana dalam bahasa indonesia dan jika di inggriskan menjadi incumbent. Dalam wikipedia yang bisa dilihat pengertian petahana berasal dari kata " tahana" yang berarti: kedudukan, kebesaran atau kemuliaan. Kata petahana ini dalam sebuah politik memiliki arti bahwa seseorang yang sedang menjabat suatu jabatan politik. Bila dikaitkan dengan pemilu sering dibedakan juga antara lawan yang petahana dengan non petahana.

Contohnya seperti Presiden Joko Widodo yang sedang menjabat sebagai presiden, kemudian pada saat masih punya jawaban ia pun mencalon sebagai presiden untuk periode ke 2. Dengan begitu, Presiden Joko Widodo disebut dengan petahana, karena ia mencalonkan untuk menduduki jabatan yang sama.

Pak Prabowo sebagai lawan tandingnya juga memiliki jabatan sebagai ketua umum partai. Namun, dalam pertarungan presiden beliau tidak disebut petahana, karena tidak memperutkan jabatan yang sama. Dan di dalam pemilihan presiden pihak yang menjadi petahana hanya satu, dan tidak mungkin 2 petahana dalam satu perebutan jabatan.

Contoh lainnya, Ibu Mega pada saat pemilihan ketua partai PDIP. Beliau adalah petahana karena bertarung untuk menduduki jabatan yang sama yaitu ketua umum partai PDIP.

Dalam konteks kata petahana ini bisa digunakan di berbagai tingkat jabatan manapun, dari level yang terendah sampai yang tinggi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar