Stress Kuliah, Bangun Bisnis Online Mulai Sekarang

Stress Kuliah, Bangun Bisnis Online Mulai Sekarang

Stress Kuliah, Bangun Bisnis Online Mulai Sekarang

hilangkan stress saat kuliah dengan membangun bisnis online sebagai sampingan
BacaNulis.Com - Ada istilah "Man Jadda Wajada", yang bersungguh-sungguh dialah yang dapat hasilnya. Usaha yang sungguh-sungguh dari awal akan dinikmatinya pada akhirnya. Gambaran orang sukses terlihat jelas bagi orang yang melihatnya, tapi jarang orang melihat bagaimana dia dapat memperoleh kesuksesan tersebut. Susah dan pahitnya proses yang dijalaninya akan berdampak pada hasilnya. Sangat omong kosong tanpa ada usaha yang sungguh-sungguh dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Sedangkan yang sudah sungguh-sungguh saja, hasilnya bisa kurang maksimal, apalagi yang tidak sungguh-sungguh dalam usaha.

Berkuliah merupakan usaha untuk mencapai yang diinginkan, seperti ilmu dan pekerjaan. Tapi tentu, presentasi mahasiswa yang sungguh-sungguh tidaklah sebanyak yang bersungguh-sungguh. Faktor dasarnya adalah manfaat kuliah hanya akan terlihat jelas selepas menjadi alumni. Pada saat kuliah belum begitu terasa manfaatnya, sehingga menyebabkan banyak mahasiswa yang belum maksimal dalam menjalani dunia perkuliahan.

Tipe mahasiswa di dunia kampus sangat berbeda-beda. Ada yang betul-betul sungguh-sungguh namun banyak juga yang menjalaninya dengan santai. Tapi tak jarang ada pula mahasiswa yang stress dalam menjalani perkuliahan. Memikirkan susahnya memahami mata kuliah, berpikir dirinya salah jurusan, jurusannya susah cari kerja, biaya kuliah yang semakin mahal, dll.

Baca juga: Tantangan Mahasiswa Dari Google

Stress saat menjalani kuliah dengan berbagai penyebabnya, bisa dilengkapi dengan kegiatan lain. Misalnya kegiatan yang menunjang finansial yaitu dengan memulai bisnis online. Mengapa bisnis online? karena sangat cocok untuk seorang mahasiswa. Kerjanya tidak pakai otot namun dengan otak, kerjanya bisa disambi, dan bisa dikerjakan dengan fleksibel, serta enjoy.

Membangun bisnis online walau kelihatan mudah pada kenyataannya juga sulit. Sama saja seperti pekerjaan pada umumnya, yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Namun, dengan melakukan kegiatan bisnis online bagi anak kuliahan akan menghilangkan stress karena hasilnya langsung bisa dirasakan. Ada istilah kawan BacaNulis.Com mengatakan "Duit masuk ATM perbulan menghilangkan rasa beratnya kerja sebulan yang lalu".

Dalam hal ini, BacaNulis.Com merekomendasikan bagi mahasiswa yang ingin membangun bisnis onlinenya yaitu dengan 3 kerjaan pilihan:

#1. Menjadi penulis konten online

Konten atau artikel yang ditulis dapat menghasilkan pundi-pundi duit. Hal ini bisa dilakukan kapan saja menurut waktu yang good mood. Kerjaan ini bisa dilakukan dengan gratis, yaitu dengan menulis di blog. Bekerja sendiri dengan menulis konten yang bagus, sehingga dapat mendatangkan pengunjung yang banyak. Disitulah duit akan mengalir! caranya dengan mendaftar menjadi publisher google.

Baca juga: Cara Mendaftar Google Adsense Langsung dari Blogger

Atau dengan bekerja dengan jasa layanan penulis konten. Dibayar oleh pemilik blog/website yang menerima tulisan.

#2. Menjadi Penggiat Konten Video

Cara asyik dengan konten video pada saat pengerjaannya, walau perlu paket data yang banyak untuk uplodnya dan ditonton oleh pengunjung. Nah, dengan upload-upload video juga bisa mendatangkan duit tentunya.

#3. Jualan online

Yang ke-3 ini merupakan kerjaan yang sering dilakukan banyak orang, yang biasa notabenenya di dominasi oleh kaum perempuan. Jualan tentu tidak ada matinya. Bagi seorang mahasiswa jualan online cukup sesuai. Apalagi ditunjung dengan banyak media untuk bisa promosi produknya. Cara jualan juga bisa beragam, bisa menjadi reseller, dropshiper, atau jualan produk sendiri.

Yakinlah jualan online semakin lama akan mendominasi transaksi jual beli. Sebab zaman digital akan mempengaruhi cara jual beli pada masyarakat. Dengan berjualan online, yakin bahwa usaha bisa sukses seperti layaknya usaha konvensional lainnya.

Baca juga: Fokus Membangun Karir Sejak Mahasiswa, Bukan Setelah Wisuda

Itu beberapa bisnis online yang bisa dicoba. Dan sangat baik bila mahasiswa membangun bisnisnya lebih awal, sehingga pada saat menjadi alumni tidak lagi stress mau kerja apa?
Buka Komentar