Skip to main content

3 Cara Mudah Membuat Tulisan SEO

BacaNulis.Com - SEO merupakan singkatan dari "search engine optimization atau search engine optimizer" berarti pengoptimalan terhadap mesin pencarian. Membuat sebuah tulisan SEO akan diuntungkan dengan banyaknya pengunjung, karena menang dari sebuah kompetisi persaingan tulisan dengan topik sejenis. Penerapan SEO tentu juga akan meningkatkan peringkat sebuah situs. Membuat tulisan SEO berarti telah memahami bagaimana mesin pencarian bekerja dan bagaimana tulisan yang unggul di mata mesin telusur tersebut.
3 Cara Mudah Membuat Tulisan SEO

Belajar membuat tulisan SEO memang tidak murah. Para ahli SEO menjual jasa dengan membuat berbagai pelatihan dan kursus dengan bayaran mahal. Ini sangat wajar, karena ketika sudah mampu membuat tulisan SEO, maka banyak orang atau perusahaan yang berani bayar mahal untuk memperoleh tulisan SEO tersebut.

Jangan pusingkan dulu pikiran untuk menjawab, bagaimana saya bisa membuat tulisan SEO?. Pertanyaan-pertanyaan yang timbul sering terjadi ketika tulisan tidak kunjung ada pengunjung. Padahal perlu Anda ketahui, tulisan yang SEO pun perlu waktu untuk bersaing dan mengalahkan pesaingnya dan umur tulisan juga menjadi sebuah pertimbangan terhadap kekuatan SEO. Jadi jangan risau, terkhusus bagi pemula.

Pada bahasan kali ini, BacaNulis.Com akan membagikan sebuah cara yang mudah dan sederhana dalam membuat sebuah tulisan yang SEO. Dan lihatlah perkembangannya dari waktu ke waktu. Langsung saja ke bahasan berikut ini:

1. Setiap Orang Punya SEO-nya Sendiri

Pernahkah kita mencoba untuk bertanya kepada beberapa orang yang sukses dalam membangun blog? Pada tahap awal ketika membuat tulisan, tentu gak paham-paham banget tentang SEO. Tapi, karena rajin update tulisan ke blog, pengunjung pun membludak. Tentu terkait pengunjung relevan dengan masalah waktu. Disini bila di cermati dengan baik, ternyata setiap orang punya gaya tulisan sendiri yang membedakan dengan yang lain, yang menjadikan tulisan menjadi unik. Gaya tulisan unik inilah salah satu tulisan SEO tercipta.

Sehingga, tidak perlu meniru gaya tulisan orang yang sudah sukses ngeblog. Buatlah dengan gaya sendiri dengan santai dan menunjukkan bahwa seperti itulah tulisan Anda. Kan dalam membaca sebuah tulisan misalnya, tak lah mungkin ketika di ceritakan atau dituliskan kembali sama persis, apa yang dipunyai orang dengan milik kita. Sehingga percaya diri saja dengan gaya tulisan yang menunjukkan, inilah saya! sembari terus belajar untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sebagai modal untuk membuat sebuah tulisan.

Ketika Anda percaya diri dengan gaya tulisan sendiri yang akan membuat sebuah tulisan SEO, maka perhatikan trafik kunjungan dari blog/web yang Anda miliki.

2. Perhatikan Judul Tulisan

Dalam proses membuat tulisan SEO, pada umumnya orang membuat judul terlebih dahulu. Membuat judul saja perlu riset, supaya dapat bersaing di mesin pencarian. Seseorang tentu akan mengetikkan judul tulisan yang ingin dicarinya, sehingga disinilah keahlian yang diperlukan untuk membuat judul yang baik.

Banyak situs atau aplikasi baik yang gratis atau yang berbayar menawarkan jasa reset kata kunci dalam menentukan judul apa yang akan dibuat. Sehingga mampu bersaing dan menjadi nomor satu di halaman pertama mesin telusur. Jika sudah terbiasa dengan hal ini tentu tidak masalah, tapi bagi yang masih pemula, hal ini dianggap agak ribet.

Cara mudahnya yang bisa dilakukan adalah dengan 3 cara;

A. Menggunakan Pencarian Google

Pada pencarian google bisa ditemukan dengan mudah sebuah kata kunci. Tapi perlu dilakukan, sebaiknya buat dulu judul yang diinginkan, kemudian ketikan dengan perlahan-lahan/per kata supaya muncul kata kunci yang tersedia.

Baca juga: Tips Menulis Artikel Blog yang SEO Friendly

Misalnya saja judulnya "cara membuat usaha tanpa modal", kemudian judul itu kita ketikan, lalu lihat kata kunci yang muncul. Anda bisa perbaiki judul yang sudah dibuat, bila perlu di perbaiki. Untuk saat ini memang kata kunci yang panjang lebih bagus, sebab menghindari judul yang sama dengan milik orang lain. Ini banyak terjadi ketika tanpa dilakukan riset kecil-kecilan dan membuat judul yang pendek.
kata kunci dari google
B. Kolaborasi Judul Tulisan Situs Yang Berada Di Halaman Pertama Mesin Pencarian

Bagi para penulis yang lagi bingung dengan menggunakan cara ini sungguh sangat efektif. Cara sangatlah mudah, Anda ketikan saja sebuah judul, lalu enterkan. Nah, disana ada banyak situs yang membahas terkait judul yang diketikkan tadi. Anda bisa lihat judul mana yang nangkring di nomor urut satu sampai 10. Tapi, untuk mudahnya ambil saja 2-3 judul untuk dikolaborasi menjadi judul tulisan Anda. 
judul situs
C. Imajinasi 

Cara ketiga ini tergolong unik dan terkait erat dengan sebuah keberuntungan. Jangan heran! banyak yang sudah sukses ternyata bingung kenapa bisa sukses. Seolah-olah keberuntungan saja yang sedang menghampirinya. Terkadang banyak yang sudah melakukan berbagai riset untuk membuat tulisan SEO, namun pengunjung tak kunjung datang. Tapi ada orang yang sepertinya buat judul tanpa riset sana sini, dalam benaknya yang penting nulis, yang penting update. Malah pengunjung berdatangan ke blog/webnya. 

Penggunaan imajinasi ini tergolong unik, sebab tidak semua orang bisa tepat memikirkan atau membayang sebuah kata kunci yang dicari orang atau diketikkan orang lain di mesin telusur. Dengan imajinasi ini, mampu membayangkan diri menjadi orang lain yang sedang mencari sebuah tulisan di mesin telusur. Nah, jika hal tersebut bisa diimajinasikan, tidak mustahil judul akan tepat sasaran. 

3. Isi Tulisan

Dalam menulis, gaya sendiri sangatlah penting untuk memperkuat SEO terhadap tulisan tersebut. Kemudian bagaimana untuk memperkuat SEO pada isi tulisan tersebut?. Dalam menulis, perhatikan judul. Lihatlah kata kunci yang ada dijudul tersebut, kemudian perkuat isinya dengan cara menulis ulang di isi tulisan.

Baca juga: Tips Memaksimalkan SEO di Blogger (Bag. 1)

Sebagai contoh judul tulisan ini "3 cara mudah membuat tulisan SEO". Jadi jangan lepaskan kata didalam judul, dengan menuliskan istilah kata yang lain atau kata kunci lain. Lihat saja, disana ada kata "tulisan SEO", maka itu diulangkan di dalam isi tulisan. Padahal bisa saja dibuat dengan kata lainnya "artikel SEO atau konten SEO". Begitu juga penggunaaan kata "mudah" juga muncul di judul, sehingga jangan pada isi tulisan dibuat kata "gampang" sebagai pengganti katanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar