Skip to main content

3 Masalah Umum Belanja Online

BacaNulis.Com - Di era yang serba online saat ini, semua jadi serba online. Berbelanja barang yang kecil-kecil saja belinya secara online. Walaupun banyak keuntungan dengan belanja online ini, namun bisa saja kemungkinan kesalahan terjadi. Masalah-masalahnya biasanya adalah salah dalam memesan barang, menerima barang yang salah, dan malas repot untuk mengembalikan barang yang dipesan yang mungkin tidak sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan pada website atau link penjual. 3 masalah umum belanja online ini sering ditemukan, tapi sangatlah sedikit, karena hampir rata-rata pembelanja online merasa puas ketika belanja online dibandingkan dengan secara konvensional pergi ke pasar atau mall. Masalah umum ini tentu bukan masalah yang bisa disepelakan juga. Pembelanja akan merasa stress dan frustasi jika mengalami masalah tersebut.
masalah-masalah umum belanja online

Pada tulisan ini akan di bahas mengenai masalah umum belanja online yang sering terjadi tersebut, sehingga membantu pembelanja nantinya untuk membuat sebuah keputusan yang bijak, apakah harus membeli barang tersebut secara online atau tidak.

1. Memesan barang yang salah

Pada transaksi secara tradisional sangat langkah ditemukan kesengajaan kesalahan membeli sebuah barang, sebab pembelanja melihat langsung secara fisik barang tersebut, yang kemudian membayarnya ke konter secara langsung. Berbeda dengan belanja online, yang pembelanja tidak melihat secara fisik atau langsung barang yang akan dibelinya. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pemesanan barang tersebut.

Pada pembelanjaan barang yang menggunakan situs web, bisa saja terjadi kesalahan saat mengklik item barang dan pembelanja tidak menyadarinya. Bisa saja barang yang diinginkan berwarna merah, tapi ter klik barang yang berwarna biru. Ketika menghubungi layanan pelanggan untuk belanja barang online juga bisa salah dalam mengirimkan normor barangnya, sehingga barang yang di pesan salah. Tidak hanya itu saja, ketika barang yang dipesan sudah benar, hal yang bisa saja terjadi berikutnya adalah tidak sesuainya spesifikasi barang di web dengan barang yang diterima.

Pada saat memutuskan membeli barang secara online, perlu melihat rating situs atau aplikasi tersebut. Bagaimana tingkat kredibilitasnya, pelayanannya, dan serta fitur yang tersedia mampu secara jujur menampilkan barang yang terbaik.

2. Salah kirim barang

Kehati-hatian pembelanja ketika belanja online perlu diperhatikan, sebab bukan saja terjadi kesalahan pengiriman barang, tapi juga yang sangat di khawatirkan jika barang tidak sampai. Pada masalah-masalah ini sering terjadi pada penjual perorangan. Perlu dilihat rating situs ketika memutuskan untuk melakukan pembelian. Tapi penjual secara perorangan juga bukan menjadi halangan terhadap kualitas barang yang dijualnya.

Baca juga: 5 Trik Menaikkan Orderan Pada Toko Online

Kemungkinan-kemungkinan  terjadi kesalahan dalam pengiriman barang sangatlah lumrah. Hal itu bisa terjadi karena kesalahan bagian gudang yang mengepack barang, bisa juga ketika barang yang dikirim sudah sesuainya ukurannya, tapi malah salah dalam segi warnanya. Dan proses kesalahan ini tentu tidak diketahui oleh si pembelanja. Pada saat menerima barang ternyata salah, dan ini bisa membuat pembelanja menjadi kecewa. Memang pada jual beli online bila ada kesalahan barang yang dikirim, bisa melakukan pengembalian. Tapi hal ini sangatlah sulit dan membuat stress pembelanja jika barang yang di beli itu berkenaan dengan acara tertentu yang sudah diatur jadwal acaranya.

3. Pengembalian barang yang dianggap merepotkan

Pada situasi dimana terjadi kesalahan barang yang diterima atau barang yang dikirim sangatlah menggangu pembelanja. Memang hal ini bukanlah masalah yang sangat besar. Jika terjadi, barang bisa dikembalikan dan akan mendapatkan barang yang sesuai. Akan tetapi bagi para konsumen atau pembelanja masalah seperti ini bisa menjadi sesuatu yang besar. Bagi pembelanja yang mempunyai pekerjaan dengan jam kerja fulltime, sangat merepotkan mengharuskan untuk mengantar ke pos atau jasa pengiriman lainnya. Bukan itu saja, masalah waktu juga bisa menyakitkan pembelanja karena harus menunggu lagi untuk menerima barang yang dibelinya, yang seharusnya sudah dapat digunakan.

Baca juga: 10 Tips Berbelanja Online dengan Aman

Inilah 3 masalah umum belanja online yang bisa terjadi atau kemungkinan terjadi. Walau hampir sangat jarang sekali masalah ini ditemukan, sebagai pembelanja online tentaplah harus selalu bijak dalam melakukan pembelian. Harus melihat mana barang yang cocok belanjanya online atau hanya dengan tradisional sudah cukup.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar