Skip to main content

4 Penyebab Air Minum Menjadi Racun Di Dalam Tubuh

penyebab air minum menjadi racun di dalam tubuh
BacaNulis.Com - Air minum memiliki banyak kebaikan didalam tubuh, bahkan air minum merupakan kebutuhan vital yang wajib dipenuhi setiap manusia. Dibalik kayanya manfaat yang bisa diperoleh dari air minum, terdapat juga ketidakbaikan jika salah minum air. Tata cara minum air putih berdampak kepada manfaat dari air minum tersebut. Bila caranya salah maka air minum tidak akan bermanfaat bahkan menjadi racun di dalam tubuh.

Dilansir dari okezone.com yang sumbernya diperoleh dari Timesofindia, ada 4 penyebab air minum menjadi racun di dalam tubuh;

1. Berdiri saat minum air

Dalam kondisi terdesak haus sekalipun hendaknya jangan minum air dengan posisi berdiri. Sebab akan bedampak buruk bagi tubuh. Beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan karena minum berdiri yaitu; kerusakan ginjal dan penyakit lambung. Minum dengan posisi berdiri membuat air bergerak dengan cepat ke bawah usus besar. Dengan begitu, nutrisi air tidak dapat diserap dengan baik.

2. Minum sekali teguk / buru-buru

Minum air hendaknya dilakukan dengan cara pelan-pelan saja atau lambat. Pada saat minumpun jangan langsung habis sekali teguk. Minimal di habiskan dengan 3 kali tegukan saat air di mulut dan masuk ke perut. Jika minum dengan sekali teguk akan mengganggu sistem pencernaan. Oleh karenanya sangat dianjurkan dengan pelan-pelan saja. Salah satu kebaikannya untuk menstabilkan keasaman dalam perut yang disebabkan adanya air liur yang mengandung alkali.

3. Minum air es atau air minum yang terlalu dingin

Anjuran minum air yang baik disesuaikan dengan suhu ruangan atau persekitaran. Jika suhunya panas, minuman yang cocok adalah air hangat dan sebaliknya jika di pagi hari sebaiknya minum air biasa (dingin biasa). Bila minum air es yang terlalu dingin akan menyebabkan gangguan terhadap usus. Dan para ahli juga meyakini minum air es yang sangat dingin di dalam pencernaan air minum berubah menjadi racun.

Baca juga: 7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

4. Banyak minum sebelum makan

Sebelum makan terasa leher agak seret, lalu minum air agar hilang dahaga seret tersebut. Ini boleh dilakukan, cuman jangan terlalu banyak air yang diminum. Minum sedikit sebelum makan membantu melancarkan pencernaan dan mencegah penyumbatan di usus. Ukuran air yang masuk cukup kan saja sampai 25%. Bila di total semua ada 100% yang berisi di perut, 50% untuk makanan, 25% untuk air, dan 25% area yang kosong.


Sumber baca:
https://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/15/481/1618700/perhatikan-tata-cara-tepat-minum-air-putih-agar-tidak-jadi-racun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar