5 Cara Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Penipuan Online Shop

5 Cara Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Penipuan Online Shop

5 Cara Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Penipuan Online Shop

BacaNulis.Com - Memang berbelanja via online itu praktis. apalagi dengan maraknya promo-promo yang bertebaran di media sosial. Ada yang memberi diskon besar-besaran, ada juga yang memberikan penawaran-penawaran menarik sehingga membuat kita tergoda untuk membelinya. Akan tetapi kita juga harus menaruh kewaspadaan saat bertransaksi online karena resiko penipuan yang mungkin saja kita alami jika tidak berhati-hati.
5 cara yang harus dilakukan saat mengalami penipuan online shop
Bertransaksi di media sosial memiliki pisau bermata dua di satu sisi kita dimudahkan dengan kepraktisan prakteknya, yang hanya perlu menjentikan jari di smartphone saja. tapi disisi lain kita bisa menghadapi resiko ditipu terlebih transaksi dilakukan via jarak jauh. Ada kasus dimana dimana penjual memberikan bujuk rayu kepada pelangganya lalu kemudian penjual malah memblokir akun pembelinya saat transaksi uang sudah dilakukan ada juga kasus saat pembeli mentransfer uang namun setelah lama ditunggu barang yang dibeli tak kunjung datang. Ini tentu sangat merugikan kita sebagai pembeli.

Baca juga: 10 Tips Berbelanja Online dengan Aman

Nah, jika teman-teman pernah mengalami hal demikian. Jangan takut karena ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat mengalami penipuan online shop yang dijabarkan dalam ulasan berikut ini.

1 Kumpulkan bukti transaksi sebagai bahan untuk ditindak lanjuti pihak terkait

Jangan takut ketika penipu memblokir akun kita bukan berarti kita tidak bisa merekam jejaknya. Kita bisa menscreenshot akun penipu tersebut, detail percakapan, dan informasi lain ( rekening bank, no pelaku dll) yang sekiranya memperkuat status kita sebagai korban penipuan. Di smartphone-smartphone zaman sekarang fitur perekam tangkapan layar sudah tersedia secara otomatis. Semakin lengkap bukti yang kita punya akan mempermudah proses pelacakan pelaku yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

2 Bagikan pengalaman kamu ke situs-situs pengaduan transaksi

Karena maraknya penipuan online terjadi ditengah masyarakat. Pemerintah melalui dekominfo membuat sebuah situs yang menerima berbagai pengaduan tentang transaksi didunia online. Berikut alamat situs pengaduan tersebut:  CekRekening.id, Lapor.go.id, Kredibel.co.id, atau melalui akun Instagram @indonesiablacklist Kita bisa membagikan kejadian penipuan online disitus tersebut. Laporan kita akan segera ditindaklanjuti oleh mereka. selain itu situs-situs diatas juga bisa memberikan informasi tentang no rekening penipu. Sehingga membuat kita lebih mawas diri untuk lebih selektif lagi dalam melakukan belanja online.

3 Segera laporkan ke pihak kepolisian

Jangan menunggu terlalu lama, jika sudah mengumpulkan bukti-bukti segera hubungi pihak kepolisian. Ceritakan pula kronologi kejadian secara detail untuk mempermudah kepolisian untuk mencari pelaku penipuan. biasanya kepolisian akan menyiapkan sebuah surat rekomendasi kepada kita berupa STPL ( Surat Tanda Penerimaan Laporan) untuk memblokir rekening penipu.

4 Lapor ke bank agar segera ditindak lanjuti

Setelah kita mendapat STPL dari kepolisan segera pergi ke bank dan serahkan surat tersebut. Ajukan permohonan pemblokiran rekening milik penipu dan Pihak bank akan segera menindak lanjuti hal tersebut dengan pemblokiran. Sehingga penipu tidak bisa lagi menggunakan rekening tersebut untuk mengulangi kejahatanya lagi. FYI: sebelum pergi ke bank jangan lupa siapkan data transaksi, dan surat-surat yang kamu dapat dari kepolisian. Setelah itu kita harus mengisi formulir yang disediakan oleh bank. Dan satu lagi berikan kontak nomor kita supaya mudah dihubungi oleh bank.

5 Menunggu kabar dari bank

Jika semua proses sudah dilakukan. Kita tinggal menunggu saja prosesnya. Biasanya akan diproses dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Jika belum mendapat kabar jangan sungkan menanyakan hal tersebut kepada pihak bank. Peran aktif dari kita juga diperlukan agar proses pemblokiran penipu cepat dilaksanakan.
Buka Komentar