5 Larangan Pada Saat Shalat Jumat Yang Perlu Dihindari

5 Larangan Pada Saat Shalat Jumat Yang Perlu Dihindari

5 Larangan Pada Saat Shalat Jumat Yang Perlu Dihindari

BacaNulis.Com - Shalat jumat merupakan ibadah rutin dan wajib bagi laki-laki muslim yang sudah baligh. Ibadah yang dilaksanakan sepekan sekali ini, tentu harus dipersiapkan dengan baik. Banyak muslim yang membuat jadwal khusus setiap hari jumat agar bisa melaksanakan shalat jumat paling awal dan mendapat shaf terdepan. Bagi yang pedagang juga, sudah menutup dagangannya lebih awal ketimbang hari biasanya.

Shalat jumat memiliki banyak keistimewaannya, bukan saja terkait dengan pahala, tapi juga memperoleh update informasi dari khutbah jumat. Itu amatlah penting bagi seorang muslim, karena membaca, menuntut ilmu, berada di majelis ilmu, dan seterusnya itu menjadi amal kebaikan bagi dirinya menuju kesenangan akhirat.

Rangkaian shalat jumat menjadi suatu integritas yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga setiap rangkaian tersebut harus diikuti dengan sebaik-baiknya. Bila seorang muslim tidak mengikuti khutbah jumat, maka shalatnya menjadi sia-sia.
5 Larangan Pada Saat Shalat Jumat Yang Perlu Dihindari
Di dalam mengikuti ibadah jumat, perlu adanya ilmu supaya ibadah tersebut tidak sia-sia. Bagi seorang muslim yang melaksanakan ibadah tersebut, tentu harus tahu hal-hal yang perlu dihindari dan menjadi penyebab shalat jumat menjadi sia-sia atau berkurangnya nilai dari shalat jumat tersebut. Berikut ini larangan pada shalat jumat yang perlu dihindari:

1. Berbicara Saat Pelaksanaan Khutbah Jumat

Pada saat khatib berdiri diatas mimbar, dan di mulai dengan ucapan salam. Bagi setiap muslim yang ada di dalam masjid harus diam. Jangan ada lagi cerita atau berbicara dengan orang yang berada disampingnya. Bahkan dengan dahli untuk menegur saudaranya yang salah. Hal tersebut merupakan sebuah larangan, sebagaimana Rasulullah saw bersabda,

“Apabila kamu mengingatkan temanmu pada waktu shalat jumat, dengan berkata ‘diam’, berarti kamu pun sudah menggugurkan pahala shalat JumatMu”. (HR Bukhari)

2. Bermain SmartPhone

Pada saat khutbah jumat dilaksanakan, jama'ah harus fokus mendengarkannya. Bermain smartphone memang tidak bersuara, tapi perbuatan tersebut akan mengabaikan dari mendengarkan khutbah jumat. Jika melihat hadist yang ada pada poin 1, maka diam disana salah satu tujuannya agar jama'ah fokus dalam melaksanakan ibadah jumat yang diantaranya mendengarkan khutbah jumat.

3. Mendengarkan Khutbah Jumat Dengan Duduk Memeluk Lutut

Pada jam pelaksanaan shalat jumat memang pas waktunya istirahat. Duduk bersila kadang membuat pegal dan sampai geringgingan. Jadi mengubah posisi duduk dengan memeluk lutut untuk merilekskan kembali rasa pegal yang muncul. Tapi hal tersebut dilarang oleh Rasulullah:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang duduk memeluk lutut pada hari ketika imam sedang berkhutbah. (HR. Abu Daud 1112, Turmudzi 516 dan dihasankan al-Albani).

Sebaiknya untuk menghindari hal itu terjadi, tidur terlebih dahulu sebelum datang ke mesjid untuk melaksanakan ibadah jumat. Kemudian, biasakan diri untuk duduk bersila di rumah, apakah itu untuk membaca alqur'an, dan lainnya yang hal tersebut membiasakan untuk terlatih duduk bersila. Sehingga pada saat shalat jumat, kaki sudah terbiasa duduk bersila. Ibadah jumat pun akan semakin khusyuk dalam pelaksanaannya.

4. Melangkahi Pundak Shalat Sunnah Di Depan Jama'ah

Pada saat ibadah jumat, seorang muslim harus paham untuk mengisi langsung shaf paling depan. Penuhi terlebih dahulu shaf depan, baru kemudian mengisi di belakangnya. Hal ini untuk menghindari orang yang datang melangkahi jama'ah dan kemudian sholat membelakangi jama'ah. Ini menjadi persoalan ada bagi seorang muslim dan juga hal itu dapat mengganggu jama'ah. 

5. Tidur Pada Saat Khutbah Jumat

Setan terus berjuang keras dengan membisikkan para jama'ah agar sia-sia ibadah jumatnya. Jika seorang tidur pada saat pelaksanaan khutbah jumat, maka sia-sialah semua ibadahnya, walau dia mengikuti shalat jumat. 

Sebaiknya, agar tidak tidur di mesjid pada waktu pelaksanaan ibadah jumat, tidurlah terlebih dahulu. Ini akan menghindari rasa ngantuk pada saat khutbah jumat. Kemudian, mandi sebelum ibadah jumat. Dengan mandi badan akan terasa segara, dan hal itu juga menghilangkan sara kantuk.

Bagi seorang yang punya jadwal khutbah jumat, berikut ini referensi isi khutbah jumat yang bisa dijadikan rujukan. Baca juga: Isi Khutbah : Negri Indonesia Mencapai Syarat Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbhun Ghaffur
Buka Komentar